Suara Burung Gelatik Belong Atau Gelatik Jawa

Burung gelatik belong atau Gelatik jawa yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Java Sparrow (Padda oryzivora) ini yaitu homogen burung pengicau berukuran kecil dari keluarga finch atau pipit/emprit. Ini yaitu salah satu jenis burung pipit orisinil Indonesia yang sudah populer di aneka macam negara di penjuru dunia. Tapi di habitat aslinya sendiri ibarat pulau jawa dan bali,spesies burung pipit yang satu ini makin terancam akan kepunahannya.

Bahkan Gelatik jawa ini dievaluasi rentan pada IUCN Red List, serta didaftarkan dalam CITES Appendiks II. Beruntung kini banyak penghobi burung yang mengembang biakkan burung ini,sehingga cukup membantu meminimalisir kepunahan yang mungkin akan terjadi.
 atau Gelatik jawa yang dalam bahasa Inggrisnya disebut  Suara burung gelatik belong atau gelatik jawa
flickr.com

Burung gelatik jawa ini berbeda dengan burung gelatik batu,hanya warna silvernya saja yang sama. Burung gelatik jawa yaitu burung pemakan biji-bijian,sedangkan gelatik kerikil yaitu jenis burung pemakan serangga.

Gelatik kerikil mempunyai ukuran panjang sekitar 15cm dan merupakan spesies dari suku Estrildidae. Memiliki kepala berwarna hitam, pipi putih dan paruh merah yang berukuran pendek dan tebal. Burung cendekia balig cukup akal mempunyai bulu berwarna abu-abu, perut berwarna coklat kemerahan, kaki merah muda dan bundar merah di sekitar matanya. Burung jantan dan betina serupa dan cukup sulit untuk membedakan bagi yang masih awam.

Burung ini merupakan jenis burung endemik dari Indonesia, habitat aslinya berada di hutan padang rumput, sawah dan lahan budidaya di Pulau Jawa dan Pulau Bali.Sekarang, spesies ini dikenali di banyak negara di seluruh dunia sebagai burung hias. Berbagai varian warna bulu burung ini pun mulai banyak sebab terjadinya proses mutasi.

Perilakunya bahagia berkelompok dan cepat berpindah-pindah. Pakan utama burung ini yaitu bulir padi atau beras, juga biji-bijian lain, buah, dan serangga. Burung betina menetaskan antara empat hingga enam telur berwarna putih, yang dierami oleh kedua induknya.

Meskipun hanya sebagai burung hias,akan tetapi bunyi burung ini juga cukup menarik dan dapat dijadikan sebagai burung masteran. Suara burung ini memang tidak terlalu keras,namun saat isu terkini kawin suaranya akan lebih keras lagi untuk merayu si burung betina. Berikut ini kami ada beberapa audio bunyi burung gelatik jawa,silahkan dengarkan:
  1. Suara burung gelatik jawa
  2. Suara burung gelatik jawa
  3. Suara burung gelatik jawa
  4. Suara burung gelatik jawa
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.
loading...

Archive