4 Ciri Perkutut Katuranggan Udan Mas ( Penting Ketika Beli )

Perkutut katuranggan Udan Mas cukup diminati oleh para pecinta burung perkutut sebab perkutut Udan Mas ini mempunyai keindahan warna bulu yang spesial dan berbeda dengan perkutut lainnya.

Perkutut katuranggan Udan Mas ini dipercaya pula oleh masyarakat sebagai mitos sebagai perkutut beryoni yang katanya bisa mendatangkan dan melancarkan Rizki serta mendorong kekayaan bagi pemiliknya.

Namun sebaiknya hal itu tidak menjadikan diri kita percaya sepenuhnya kepada burung perkutut beryoni berupa perkutut katuranggan Udan Mas. 

Namun, sebaliknya kita harus betul-betul percaya bahwa semua urusan Rizki dan kekayaan serta keberuntungan adalah Allah subhanahu wa ta'ala yang menentukan dan menggariskan kepada setiap umat manusia dan makhluk-Nya.

 Ciri Perkutut Katuranggan Udan Mas
 Ciri Perkutut Katuranggan Udan Mas

 Ciri Perkutut Katuranggan Udan Mas


Bagi yang berniat untuk membeli burung ini memang harus teliti, alasannya burung ini sangat sulit ditemukan di pasar burung biasa, jikalau ada pun biasanya kemungkinan tidak asli.

Harga burung katuranggan udan mas juga tidak semurah burung katuranggan pada umumnya, rata – rata penjual mematok Rp 4.000.000 keatas. Contoh dibawah ini :
Bagi yang berniat untuk membeli burung ini memang harus teliti 4 Ciri Perkutut Katuranggan Udan Mas ( Penting Saat Beli )
Burung Perkutut Katuranggan Udan Emas Yang Hanya Memiliki Ciri - Ciri Tidak Sepenuhnya

Namun perlu diingat murah juga bukan berarti palsu, yang terpenting yaitu ciri – ciri katuranggan udan emas ada di burung yang anda beli.

Saat ini berbagai burung katuranggan udan mas palsu ataupun yang berkualitas rendahan, entah itu disengaja palsu dengan memanipulasi bab badan tertentu.


Berikut ini 4 Ciri Penting Perkutut Katuranggan Udan Mas :



1. Mata Merah Bukan Hitam
Terkadang para penjual selalu pintar dalam mengelabui pembeli, mereka selalu bilang “ini katuranggan udan mas, tetapi yang biasa, harganya juga murah”. Ingin laris tapi menipu itulah yang sering dilakukan di pasar burung.



 Ciri Perkutut Katuranggan Udan Mas

2. Leher Atau Garis

Perkutut katuranggan udan emas mempunyai warna ke kuning – kuningan / atau mirip emas yang melambangkan keselamatan dan sumber rejeki yang tidak ada putus putusnya. Mengapa garisnya harus kuning ? Kenapa ada pedagang yang menawari garis melingkar hitam ?



Bila anda membeli perkutut dengan garis melingkar sama saja anda membeli perkutut bertuah yang biasa dicari dan beredar di masyarakat. Karena warna kuning emas merupakan perkutut yang sangat sulit dicari bahkan harganya selangit.

Ingat! Jangan terlalu percaya omongan pedagang, alasannya sifatnya niscaya menghasut. Sudah terang katuranggan udah emas ya berarti mempunyai warna emas.

Bagi yang berniat untuk membeli burung ini memang harus teliti 4 Ciri Perkutut Katuranggan Udan Mas ( Penting Saat Beli )
Leher Kuning Merupakan Perkutut Katuranggan Udan Mas

3. Bulu Terlihat Agak Kuning Yang Bercampur Dengan Putih

Bulu perkutut katuranggan udan mas berwarna keemasan, lebih baik cari yang hampir ibarat emas, jikalau tidak sanggup juga tidak apa – apa alasannya sudah dianggap perkutut udan emas.

 Ciri Perkutut Katuranggan Udan Mas
Bulu Kuning Merupakan Perkutut Katuranggan Udan Mas

4. Ciri SuaraPerkutut Katuranggan Udan Mas

Banyak testimoni jawa mitos dari seorang pemelihara menyampaikan pendapat :

  1. Suara kicau terdengar absurd atau berbeda dengan perkutut pada lainnya merupakan perkutut yang paling istimewa dibandingkan perkutut yang mempunyai ketiga ciri diatas. Karena seolah perkutut mirip inilah daerah bersemayamnya putra majapahit yang renkarnasi ke perkutut.
  2. Suara terdengar mirip perkutut pada umumnya juga tidak menghipnotis keistimewaan lebih dari burung ini, alasannya tidak tertulis di buku jawa mitos majapahit.

Kaprikornus pada dasarnya point nomer 4 yaitu kepercayaan masing - masing, namun bagi anda yang ingin mencari burung perkutut katuranggan udan mas silahkan pergi ke kabupaten blora letaknya di jawa tengah, alasannya berdasarkan saya disanalah gampang ditemukan burung katuranggan.


Ciri Perkutut Katuranggan Udan Mas Asli

Adapun ciri-ciri perkutut Udan Mas yang konon katanya itu ciri-cirinya adalah sebagai berikut.

Memiliki bulu yang berwarna krem atau coklat muda.

Perkutut Udan Mas memiliki lurik yang melingkar di bagian lehernya yang memiliki warna kekuning-kuningan seperti warna emas.

Memiliki warna kaki yang nampak kemerah-merahan.

Paruhnya memiliki warna putih

warna coklat kekuning-kuningandan membelang belang pada bagian sayap burung.

Adapun jenis perkutut Udan Mas katurangganitu ada jenis yang bermata merah dan ada yang berjenis mata hitam.

Perkutut Udan Mas ini tergolong sangat langka sekali, Sehinggaburung perkutut iniharganya jauh lebih mahal dibanding perkutut biasa,Karena jenis perkutut biasa mudah dan banyak ditemui di pasar-pasar burung.


Istilah perkutut Udan Mas dan Mitosnya

Arti Udan Mas ialah hujan Mas dalam bahasa Indonesia dari bahasa Jawa yang artinya hujan. dan mas yang artinya emas.

Perkutut beryoni ini menurut kepercayaan orang Jawa kuno dipercaya bisa mendatangkan kekayaan dan kelancaran Rizki bagi orang yang merawatnya dengan baik, bahkan seperti terkena hujan emas.

Konon katanya perkutut beryoni itu dihuni oleh khodam tertentu yang sifatnya Magic dan penuh dengan Aura Aura tertentu.

Namun menurut orang Jawa ternyata tidak semua perkutut memiliki sifat seperti itu namun perkutut yang berjanji itu adalah perkutut yang asli dari alam liar dan tidak terjemah dari kecil oleh tangan tangan manusia.

Jadi, perkutut beryoni yang memiliki keistimewaan bisa mendatangkan rezeki melancarkan rezeki dan mendatangkan kekayaan menurut kepercayaan orang Jawa kuno itu adalah jika menemukan perkutut Udan emas ini di alam liar seperti di tanah-tanah kosong atau di  hutan yang tentunya belum ada pemiliknya.

Dan ternyata tidak semua orang bisa memiliki perkutut beryoni ini. Karena konon katanya burung perkutut Udan mas asli yang berani termasuk Pulung dan pusaka yang diberikan kepada seseorang sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa berupa burung perkutut beryoni Udan Mas katuranggan.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa orang yang bisa memiliki dan mendapatkan burung perkutut Udan emas ini hanyalah orang-orang yang pinilih dan kalau dipaksakan untuk memilikinya dengan berbagai cara-cara yang tidak lumrah maka perkutut beryoni tidak bisa sebagai  pusaka  yang katanya bisa memperlancar rezeki dan mendatangkan kekayaan bagi pemiliknya dan yang merawatnya dengan baik.

Baca Pula Ini : 

Macam Dan Jenis Burung Perkutut, Harga Terbaru, Bunyi Sampai Mitosnya

loading...

Archive