Beda Perawatan Antara Kacer Lomba Dan Kacer Rumahan

Dalam merawat Kacer, tidak dapat disamakan antara perawatan Kacer yang dikhususkan untuk lomba dengan perawatan Kacer untuk rumahan.

Jika kita memelihara Kacer dengan tujuan untuk lomba, tentunya tidak dapat selalu didengarkan suaranya dirumah. Karena jikalau Kacer terlalu gacor dirumah, biasanya performa Kacer tersebut tidak akan dapat maksimal ketika mengikuti lomba.

Perawatan untuk Kacer lomba dengan Kacer rumahan tidak dapat disamakan jikalau ingin Kacer dapat tampil maksimal.

Jika kita merawat Kacer untuk tujuan lomba, tentu jangan terlalu berharap dapat menikmati bunyi kicauannya setiap dikala dirumah, alasannya yakni Kacer lomba yang dalam kondisi pucak justru tidak akan terlalu gacor dirumah.

Biasanya, Kacer yang sedang dalam kondisi terbaiknya (siap tempur), hanya akan bunyi seperlunya saja dirumah atau bahkan hanya ngeriwik saja seharian, apalagi untuk Kacer yang sehari-harinya menerapkan perawatan full kerodong tetunya akan lebih banyak membisu untuk menyimpan tenaga.

Sedangkan untuk Kacer rumahan justru malah sebaliknya, burung akan sangat gacor dirumah dan dapat kita nikmati bunyi kicauannya setiap saat, alasannya yakni sesungguhnya kegacoran Kacer tersebut yakni cerminan dari Kacer yang sedang kurang kondisi. Tentunya keseharian Kacer rumahan tidak perlu dikerodong supaya burung selalu berkicau sepanjang hari.

Kacer rumahan tidak memerlukan perawatan khusus, cukup diberikan voor dalam cepuknya setiap hari dengan komplemen ekstra fooding (EF) secukupnya saja, serta mandi dan jemur seperlunya tanpa perlu settingan atau treatmen khusus niscaya akan tetap bunyi asal Kacer sudah mapan. Justru dalam kondisi yang serba kekurangan itulah Kacer akan terus berkicau sebagai cara untuk menutupi kekurangannya.

Kacer rumahan tidak memerlukan perlakuan khusus ibarat settingan kombinasi ekstra fooding (EF) yang harus pas, durasi penjemuran yang harus tepat, pengaturan jadwal mandi, latihan fisik dikandang umbaran dan masih banyak lagi treatment-treatment lainnya yang memang dibutuhkan oleh Kacer lomba untuk memaksimalkan performanya di arena lomba.

Tentunya sangat berbeda dengan Kacer lomba yang mutlak harus maksimal dan sinkron antara mental dan fisiknya. Dan untuk dapat maksimal secara mental dan fisik, Kacer lomba wajib menjalani beberapa treatment khusus yang kadang tergolong ekstrim.

Perawatan untuk Kacer lomba meliputi:

1. Pakan dan ekstra fooding (EF)

Untuk pakan utama, tetap sediakan voor didalam cepuknya supaya Kacer dapat makan dikala merasa lapar. Pilihlah voor yang kandungan proteinnya tinggi supaya dapat melengkapi kebutuhan nutrisi Kacer. Sesuaikan kandungan materi baku voor dengan huruf Kacer kita.

Sedangkan untuk ekstra fooding (EF), porsinya harus tepat, dihentikan kurang atau hiperbola alasannya yakni Kacer lomba mutlak harus mempunyai stamina yang prima, jadi asupan pakannya harus cukup dan seimbang, jenisnya juga harus diubahsuaikan dengan huruf Kacer itu sendiri, alasannya yakni jikalau ekstra fooding (EF) yang dikonsumsi Kacer tidak diubahsuaikan dengan karakternya, justru akan berakibat negatif.

2. Mandi

Perawatan mandi untuk Kacer lomba juga tidak asal-asalan saja, kita harus jeli melihat kapan waktunnya Kacer harus mandi, alasannya yakni kita harus jeli megatur suhu badan Kacer supaya tetap berada dilevel yang ideal. Karena ada tipe Kacer yang membutuhkan mandi lebih sering untuk menyetabilkan emosinya dan ada juga huruf Kacer yang tidak membutuhkan banyak mandi supaya suhu tubuhnya tidak turun dan emosinya tetap stabil.

3. Jemur

Penjemuran untuk Kacer lomba juga harus diubahsuaikan dengan karakternya, alasannya yakni untuk Kacer dengan huruf super fighter tidak membutuhkan penjemuran yang usang supaya tidak over emosi yang justru akan berakibat tidak baik. Sedangkan untuk Kacer yang lambat panas/kurang fighter, membutuhkan penjemuran yang lebih usang untuk menaikkan emosinya, bahkan bila perlu dapat diterapi dengan jemur sauna (burung kering kerodong kering) untuk mendongkrak emosinya supaya Kacer menjadi lebih bringas sekaligus melatih nafasnya supaya lebih panjang.

Tapi untuk melaksanakan cara ini harus benar-benar di awasi supaya tidak tetjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Setelah burung terlihat mangap dan gelisah, harus segera diangkat, buka kerodong dan di anginkan supaya suhu tubuhnya turun gres dikerodong lagi untuk istirahat.

NB: Terapi jemur sauna kusus untuk Kacer yang kurang fighter.

4. Kerodong

Pengerodongan juga cukup penting untuk Kacer lomba, alasannya yakni fungsinya untuk membatasi interaksi Kacer dengan lingkungan sekitarnya sehingga Kacer tidak terganggu dengan suasana disekitarnya dan dapat lebih damai untuk beristirahat.

Untuk Kacer tipe fighter tinggi tidak perlu full kerodong, cukup dikerodong pada malam hari saja. Untuk siang hari tidak perlu dikerodong supaya emosinya tidak semakin meluap. Sedangkan untuk Kacer tipe fighter rendah perlu untuk selalu dikerodong supaya emosinya tetap tinggi.

5. Umbaran
Pengumbaran sangat diharapkan untuk Kacer lomba untuk melatih staminanya supaya selalu prima. Untuk Kacer dengan tipe fighter tinggi, perlu untuk sering diumbar untuk membuang birahi dan emosinya yang meluap-luap.

Sedangkan untuk Kacer dengan huruf fighter rendah tidak memerlukan umbaran, kalaupun diumbar cukup seminggu sekali saja untuk menjaga fisiknya supaya selalu fit. Karena Kacer tipe ini justru harus sering istirahat untuk menyimpan tenaganya.

Baca juga:
Pakan dan ekstra fooding (EF) untuk Kacer serta manfaatnya

Manfaat sangkar umbaran/polier untuk burung lomba

Demikian sedikit gosip perihal beda perawatan antara Kacer lomba dan Kacer rumahan. Untuk gosip lain seputar Kacer dapat dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Suasana lomba burung Kacer
loading...

Archive