Burung Yang Gacor Dirumah Belum Tentu Gacor Dilapangan

Mengondisikan burung biar dapat tampil dalam lomba memang tidak semudah yang kita bayangkan. Karena aneka macam masalah dimana burung yang dirumah sudah sangat gacor bermetamorfosis menyerupai burung bakalan dikala berada di arena lomba burung kicau.

Jangankan untuk dapat tampil, bahkan bunyipun tidak sama sekali, burung justru menjadi gelisah dan ketakutan atau hanya membisu saja mematung. Hal ini disebabkan lantaran burung tidak siap secara mental dan fisik untuk menghadapi pertarungan.

Kadang kita salah persepsi, kita menganggap jika burung yang gacor dirumah berarti burung tersebut sudah siap untuk diikutkan lomba. Jelas anggapan tersebut salah besar, lantaran burung yang gacor dirumah rata-rata justru burung yang sedang tidak kondisi.

Kegacoran burung tersebut merupakan sebuah kamuflase untuk menutupi kelemahannya, burung berkicau untuk mengatakan bahwa beliau ada diwilayah tersebut, tapi sebenarnya beliau tidak siap tempur, kicauannya hanya untuk menggertak saja. Kicauan burung tersebut mungkin juga menunjukan jika beliau sedang merasa lapar atau lemah lantaran kekurangan sesuatu.

Coba saja burung yang gacor tersebut setiap hari diberikan ekstra fooding (EF) contohnya jangkrik dengan porsi sekenyangnya dan dijemur secara konsisten selama satu bulan, cobalah di amati sehabis satu bulan burung akan menjadi kurang gacor, tapi justru kondisi tersebut menunjukan kondisi burung sudah membaik.

Berbeda dengan burung yang dalam kondisi top perform justru tidak akan berkicau sepanjang hari, burung hanya akan berkicau seperlunya saja atau bahkan hanya ngeriwik saja. Tetapi bedanya, walaupun banyak diam, burung yang dalam kondisi puncak selalu waspada, siap tempur dan sangat responsif, begitu ada sesuatu yang mengusiknya maka burung akan berkicau menyerang dengan mengeluarkan bahan isiannya.

Sedangkan untuk burung yang tidak kondisi biasanya walaupun berkicau tapi gelisah, lantaran burung tidak percaya diri dengan kondisinya. Kicauannyapun hanya ngeban-ngeban saja tidak keluar bahan isiannya, dan begitu bertemu lawan biasanya hanya bertahan saja atau bahkan malah ketakutan lantaran beliau memang tidak siap mental dan fisiknya.

Jadi, kita harus lebih jeli untuk membaca kondisi burung kita, apakah gacornya burung tersebut dalam kondisi top perform atau justru kurang kondisi. Karena itu, biar burung dapat tampil maksimal dilapangan, harus dipersiapkan dengan matang dari mulai fisik, mental dan materinya biar tidak mengecewakan.

Baca juga:

Beda perawatan antara Kacer lomba dan Kacer rumahan

Manfaat sangkar umbaran/polier untuk burung lomba

Perlunya pemasteran untuk burung lomba

Kumpulan bunyi masteran untuk burung lomba dalam format Mp3

Demikian sedikit warta perihal burung yang gacor dirumah belum tentu gacor dilapangan. Untuk warta lain seputar burung kicau dapat dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer dan Cucak ijo
loading...

Archive