Cara Lain Mengatasi Kacer Mbagong

Masalah Kacer yang paling utama dan menjadi momok menyeramkan bagi para Kacer mania ialah MBAGONG. Walaupun ini ialah sikap alami Kacer, namun ketika Kacer berperilaku mbagong semua predikatnya sebagai burung petarung sirna seketika, Kacer tampak menyerupai pecundang dan tidak tampak lagi kesan gagah dan garangnya.

Mbagong pada Kacer dapat diakibatkan oleh beberapa lantaran menyerupai yang pernah dibahas pada artikel sebelumnya.

Pada artikel kali ini, akan dibahas cara mengatasi mbagong pada kacer khusus tipe fighter rendah. Makara mungkin agak berbeda cara penanganannya dengan artikel sebelumnya.

Jadi sebelum menerapkan tips-tips pada artikel kali ini, terlebih dulu harus dipahami aksara dari Kacer yang akan diterapi, apakah tipe fighter tinggi atau tipe fighter rendah biar treatment yang kita terapkan dapat efektif dan tidak berakibat fatal.

Baca juga:
Mengenali aksara Kacer biar tidak salah perawatan

Kacer mbagong intinya ialah cerminan dari Kacer yang tidak kondisi baik dari sisi fisik maupun mentalnya. Penyebabnya dapat bermacam-macam, tapi yang paling utama ialah lantaran salah perawatan dalam rentan waktu yang cukup usang dan menjadikan duduk perkara tersebut terus menumpuk dan menjadi kronis.

Perawatan dari mulai donasi pakan, perawatan mandi dan penjemuran yang tidak sesuai dengan aksara Kacer tersebut semakin menciptakan kondisi Kacer memburuk tanpa pernah kita sadari.

Penyebabnya antara lain:

• Kekurangan nutrisi yang terus berlangsung dalam waktu yang usang menjadikan kondisi fisik Kacer menjadi semakin lemah lantaran kurang gizi.
• Kurangnya penjemuran dalam kurun waktu yang usang menjadikan suhu badan Kacer menjadi semakin minus dari suhu idealnya.
• Jadwal mandi yang terlalu sering menciptakan suhu badan Kacer semakin menurun.
• Pemberian ekstra fooding (EF) yang tidak sesuai dengan aksara Kacer tersebut juga menjadikan kondisinya semakin berantakan.
• Pemberian ekstra fooding (EF) yang hiperbola dan tidak di imbangi dengan olah raga (pengumbaran) semakin memperburuk kondisi Kacer lantaran tidak adanya pembakaran kalori yang menciptakan lemak semakin menumpuk dan menjadikan kondisi fisik Kacer menjadi lemah serta rentan penyakit.

Berikut ini ialah langkah-langkah terapi untuk Kacer mbagong yang kurang fighter/fighter rendah:

Tahap 1

• Perbaiki gizinya dengan donasi jangkrik secara ad libitum (tanpa batas) biar fisiknya kembali fit dan staminanya kembali pulih. Tambahkan ulat hongkong (UH) 5/5 pagi/sore.

• Full kerodong 24 jam biar Kacer istirahat total untuk memulihkan kondisinya, buka kerodong hanya pada ketika membersihkan sangkar dan memperlihatkan pakan serta mengganti air minumnya saja.

Terapi ini ialah tahap pemulihan stamina sebagai persiapan untuk menjalani terapi tahap kedua yang akan menguras stamina Kacer.

• Lakukan treatment ini selama 7-10 hari tanpa mandi dan tanpa jemur.

Setelah treatment tahap pertama selesai, lanjutkan treatment tahap kedua.

Tahap 2

• Jangkrik tetap diberikan ad libitum (tanpa batas) jikalau perlu full jangkrik tanpa voer. Stop donasi ulat hongkong (UH).

• Jemur besar lengan berkuasa setiap hari hingga Kacer mangap dan benar-benar gelisah. Pada ketika dijemur, voer dan air minumnya diambil biar panasnya lebih maksimal, cukup berikan jangkrik 15-20 ekor dalam cepuknya.

• Setelah Kacer terlihat mangap dan gelisah, segera angkat dan dianginkan hingga tidak mangap lagi gres berikan voer dan air minumnya. Tambahkan jangkrik lagi 15-20 ekor dalam cepuk kemudian kerodong hingga pagi.

• Simpan diruangan yang hangat, contohnya didalam ruangan tertutup tapi yang masih terkena sinar matahari dari jendela beling atau dari genting beling sehingga ruangan tersebut mejadi terasa gerah. Atau dapat digantung dibawah atap asbes, atap seng atau atap kanopi yang transparan.

• Kalau kita punya waktu luang untuk mengawasi, dapat dilakukan jemur kerodong/jemur sauna (burung kering kerodong kering) selama seminggu untuk mendongkrak emosi Kacer dan melatih nafasnya biar lebih panjang.
Dalam melaksanakan terapi sauna, harus benar-benar di awasi biar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Berikan jangkrik dalam cepuknya sebanyak 15-20 ekor, jikalau Kacer sudah terlihat gelisah harus segera diangkat, anginkan dulu hingga suhu tubuhnya normal, berikan jangkrik 15-20 ekor lagi gres dikerodong, biarkan istirahat hingga pagi.

Baca juga:
Manfaat terapi sauna untuk Kacer

• Mandi cukup seminggu sekali jikalau cuaca panas. Kalau cuaca hambar atau hujan tidak perlu dimandikan dan berikan ulat hongkong (UH) untuk menghangatkan tubuhnya.

Lakukan langkah-langkah di atas setiap hari, 7 hari untuk penjemuran biasa, dan 7 hari untuk jemur kerodong/jemur sauna.

Tahap 3

Setelah langkah kedua dilakukan, lanjutkan dengan perawatan tahap ketiga yaitu melatih stamina kacer. Setelah dimanjakan dengan ekstra fooding (EF) saatnya untuk aben kalori yang menumpuk dengan cara diumbar.

Aktifitas Kacer masih sama menyerupai sebelumnya, pagi keluarkan untuk dijemur, berikan jangkrik 15-20 ekor dalam cepuknya, sesudah jam 10 angkat kemudian pindahkan kedalam sangkar umbaran yang masih terkena sinar matahari.

Didalam sangkar umbaran juga harus disediakan air minum dan jangkrik 15-20 ekor biar Kacer dapat makan kapan saja ketika merasa lapar. Latih terbang bolak-balik untuk melatih staminanya. Tapi jangan diforsir, cukup sekuatnya saja lantaran Kacer masih belum terbiasa untuk terbang.

Pada awal-awal diumbar, Kacer akan terlihat ngos-ngosan walaupun hanya beberapa kali terbang saja, kondisinya juga akan ngedrop lantaran kelelahan. Hal itu masuk akal lantaran sudah sekian usang otot-otot sayapnya tidak pernah dipakai untuk terbang.

Lakukan latihan terbang bolak-balik secara sedikit demi sedikit jangan eksklusif diforsir, lakukan pengumbaran 1-2 kali seminggu biar Kacer tidak kelelahan.

NB: Minimal H-4 menjelang lomba, Kacer sudah harus istirahat total terutama dari aktifitas umbaran untuk menyimpan tenaga dan menyesuaikan diri dengan sangkar harian atau sangkar lomba.

Baca juga:
Manfaat sangkar umbaran/polier untuk burung lomba

Lakukan tahapan-tahapan tersebut secara konsisten biar jadinya maksimal.

Setelah semua tahapan dilakukan, Kacer dapat dicoba ditrek dengan beberapa ekor Kacer lainnya. Sebelum ditrek berikan jangkrik sekenyangnya ditambah ulat hongkong (UH) 10-15 ekor.

Lihat performanya apakah sudah ada kemajuan, jikalau dirasa performanya sudah manis dapat dicoba di ikutkan latber untuk mengetahui kinerja Kacer ketika digantang.

Kalau performanya sudah bagus, Kacer dapat mulai dimandikan 2x seminggu, porsi jangkrik dapat dikurangi menjadi 10/10 pagi/sore. Tapi jikalau ternyata belum ada kemajuan, lanjutkan lagi treatmentnya, mandi cukup seminggu sekali dan penilaian lagi dimana kekurangannya.

Baca juga:
Penyebab Kacer kehilangan jiwa fighter

Demikian sedikit gosip wacana cara lain mengatasi Kacer mbagong. Untuk gosip lain seputar Kacer dapat dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer mbagong dan Kacer ngobra
loading...

Archive