Cara Membentuk Lovebird (Lb) Muda Supaya Fighter Dan Ngekek Panjang

Seiring dengan makin ramainya lomba burung kicau terutama untuk kelas Lovebird, baik itu kelas Lovebird PAUD maupun Lovebird DEWASA belakangan ini maka secara otomatis juga ikut mendongkrak pamor burung cinta ini, sehingga seruan Lovebird dipasaranpun ikut melonjak.

Dengan naiknya popularitas Lovebird tersebut menciptakan banyak orang ramai-ramai memelihara burung cinta ini, baik itu para pemain lapangan atau mereka yang hanya ikut-ikutan isu terkini memelihara Lovebird saja. Tapi tidak dipungkiri, popularitas Lovebird belakangan ini memang sangat luar biasa, hal itu juga terlihat dalam setiap gelaran lomba burung kicau, kelas Lovebird selalu full gantangan.

Yang paling banyak diminati dikala ini yakni Lovebird anakan dari indukan trah juara atau oleh para pecinta Lovebird sering disebut dengan istilah PAUD jahat.

Kenapa yang banyak diburu yakni anakan trah juara?? Karena faktor genetik yakni salah satu faktor pendukung yang sangat penting, sebab sang jawara tersebut akan mewariskan kemampuan dan bakat yang dimiliki pada keturunannya.

Anakan Lovebird tersebut dari piyik sudah terbiasa mendengar bunyi induknya, jadi kemungkinan besar sewaktu remaja mereka akan memalsukan bunyi indukannya. Selain itu, warisan bakat dari induknya juga akan semakin menyempurnakan talentanya. Ini mengapa anakan Lovebird dari trah jawara banyak diburu para pemain Lovebird lapangan.

Pemilihan materi menurut postur tubuh/katuranggan juga tidak ada salahnya kita lakukan. Lovebird dengan spesifikasi dibawah ini dipercaya yakni materi Lovebird yang prospek dan bisa dibuat untuk menjadi burung lapangan.

• Memiliki bentuk kepala bulat
• Memiliki kaki panjang
• Badan tegap dan dada bidang dikala berkicau
• Sayap menyilang kanan dan kiri membuktikan burung mempunyai aksara fighter

Untuk membentuk Lovebird semoga ngekek panjang sebaiknya dilakukan pemasteran semenjak dini, usahakan dimaster semenjak piyik semoga alhasil lebih maksimal. Perdengarkan setiap hari bunyi Lovebird ngekek dengan durasi panjang, baik memakai bunyi Mp3 player atau dengan bunyi Lovebird asli.

Download audio Lovebird untuk masteran.Mp3

Dengan dimaster setiap hari, maka anakan Lovebird tersebut akan merekam dan menirukan bunyi masteran yang didengarnya semenjak piyik. Selain pemasteran, semoga Lovebird rajin ngekek dengan durasi panjang, juga harus didukung dengan asupan gizi yang memadai.

Menu pakan harian untuk Lovebird semoga rajin ngekek:
Menu pakan harian untuk Lovebird yang cocok ketika masih anakan (PAUD) yakni sebagai berikut:
• Milet putih
• Gabah beras merah
• Canary seed
• Jagung muda
• Daun kangkung
Pemberian milet putih, Gabah beras merah dan Canary seed yang sempurna yakni dengan perbandingan 5 : 2 : 1.
Sedangkan untuk derma jagung muda tidak perlu diberikan setiap hari, cukup berikan seminggu sekali saja. Kalau mau lebih baik lagi, kita sanggup menunjukkan cacahan daun kangkung setiap dua kali dalam seminggu.

Menu pakan tersebut sengaja diberikan semenjak dini semoga Lovebird terbiasa dengan sajian pakan tersebut dikala akan dilombakan. Tapi, jikalau kita memelihara Lovebird yang sudah dewasa, maka sajian pakannya harus dibedakan dengan Lovebird muda (PAUD).

Untuk pakan utama Lovebird dewasa, kita sanggup menunjukkan bijian milet putih, milet merah, serta canary seed dengan perbandingan 2 : 1 : 2.

Ekstra fooding (EF)
Perlu juga diberikan komplemen Ekstra fooding (EF) dengan tujuan untuk membangkitkan birahi Lovebird semoga cepat bertelur atau meningkatkan frekuensi kicauannya.

Ekstra fooding (EF) untuk Lovebird remaja antara lain:
• Biji bunga matahari
untuk meningkatkan birahi Lovebird.
• Tulang sotong dan Kulit telur ayam
Untuk melindungi Lovebird dari banyak sekali macam penyakit dan untuk memenuhi kebutuhan mineral serta kalsiumnya.
• Sayur-sayuran segar ibarat sawi dan wortel
Agar warna bulu Lovebird selalu berkilau.
• Kuning telur rebus
Untuk Lovebird yang sedang mabung, semoga proses mabungnya berjalan lancar. Usahakan dengan telur ayam kampung atau telur bebek.

Selain dari sajian pakan harian, semoga Lovebird bisa ngekek dengan durasi panjang perlu juga dilakukan perawatan lain seperti:

Mandi
Mandikan Lovebird setiap hari dengan cara disemprot memakai sprayer atau biarkan mandi sendiri dicepuk. Pokoknya ikuti kemauan Lovebird, jangan memaksakan sesuatu yang menciptakan burung tidak nyaman sebab dampaknya tidak akan bagus.

Jemur
Setelah dimandikan, jemur Lovebird selama dua jam rutin setiap hari (cabut pakan dan minumnya). Setelah simpulan dijemur, angin-anginkan dulu selama 15 menit kemudian berikan pakan dan minum yang dicampur dengan beberapa tetes vitamin.

Umbaran
Untuk melatih stamina dan nafas Lovebird, perlu dilakukan pengumbaran setidaknya 2 kali dalam seminggu. Pengumbaran juga berfungsi sebagai sarana refreshing bagi Lovebird untuk menurunkan birahi yang hiperbola dan juga mencegah stres.

Melatih mental Lovebird
Lovebird lapangan harus mempunyai mental fighter yang tinggi semoga berani tampil maksimal pada dikala dilombakan. Karena percuma jikalau Lovebird punya materi elok dengan durasi ngekek yang panjang tapi tidak mempunyai mental yang bagus, yang ada Lovebird tersebut tidak akan bisa mengeluarkan kemampuannya secara maksimal sebab sudah kalah mental.

Untuk melatih mentalnya, Lovebird muda perlu sering ditrack dengan Lovebird muda lainnya untuk menumbuhkan jiwa fighternya.

Baca juga:

Kawin cabut cara ampuh untuk mengatasi lovebird over birahi (OB)

Tips dan trik menjodohkan lovebird untuk pemula

Perawatan sempurna untuk lovebird mabung/ngurak

Ciri-ciri khusus lovebird jantan dan betina

Demikian sedikit isu wacana cara membentuk Lovebird (LB) muda semoga fighter dan ngekek panjang. Untuk isu lain seputar Lovebird bisa dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Lovebird fighter
loading...

Archive