Ciri-Ciri Murai Kerikil (Mb) Orisinil Bahorok

Murai Batu (MB) Bahorok dikenal mempunyai mental yang paling berpengaruh diantara Murai Batu jenis lainnya. Menurut pengamatan dari para pemain Murai Batu, disinyalir Murai Batu dikawasan Taman Nasional Gunung Leuser sudah terbiasa bertemu dan berinteraksi dengan binatang-binatang yang mempunyai bentuk fisik menyerupai Manusia, menyerupai Orang Utan yang menyebabkan mentalnya menjadi terlatih dan mungkin ketika bertemu dengan Manusia, Murai Batu Bahorok sudah tidak merasa absurd lagi.

Apakah mental baja Murai Batu Pasaman, Murai Batu Aceh dan Murai Batu Borneo juga terbentuk dari kondisi dan kebiasaan yang sama..?? Hal itu belum dapat dibuktikan secara niscaya karena belum ada penelitian khusus mengenai hal itu.

Murai Batu Bahorok sering disebut sebagai Murai Batu Medan Super, hal itu dikarenakan karakteristik fisik dari Murai Batu Bahorok yang sangat menawan dan yummy dilihat dari segala sisi. 

Secara umum, ciri-ciri Murai Batu (MB) Bahorok, antara lain:

• Memiliki penampilan yang sangar dan terkesan bringas dengan bentuk kepala papak/ceper dan besar namun proporsional yang ditunjang dengan leher jenjang dan besar. Namun ada juga beberapa individu Murai Batu Bahorok yang mempunyai bentuk kepala bulat.

• Mata besar melotot dengan sorot tajam seolah mengintimidasi.

• Postur badan besar dan panjang dengan dada yang lebar dan bidang sehingga terkesan kekar dan atletis.

• Ekor panjang dengan ukuran minimal 17 cm dengan bulu yang tebal serta daun ekor lebar. Secara umum bentuk ekornya normal menyerupai Murai Batu lainnya, tapi pada wilayah tertentu ada yang bentuk ekornya melengkung kebawah dan di wilayah lainnya ada yang bentuknya melengkung keatas.

• Warna bulu leher dan punggung hitam mengkilap kebiruan (samber lilin) jikalau terkena sinar Matahari.

• Bulu dada hingga belahan perut berwarna lebih banyak didominasi coklat gelap dan ada juga yang berwarna coklat terang.

• Warna kaki tidak ada ciri khusus, sebab ada yang warna kakinya merah muda, ada yang merah gelap, ada yang semu kehitaman dan yang paling jarang yaitu yang mempunyai warna kaki hitam pekat.

Jadi jikalau dikatakan Murai Batu Bahorok identik berkaki hitam dan berekor lengkung itu juga tidak dapat dikatakan benar 100%. Kaprikornus ciri-ciri fisik Murai Batu Bahorok di atas, merupakan isu yang dapat dijadikan rujukan umum tapi tidak dapat dijadikan standar atau patokan mutlak untuk semua individu Murai Batu Bahorok.

Murai Batu Bahorok rata-rata mempunyai vokal yang besar (ngebass) dengan volume yang keras tapi yummy didengar. Ini dapat kita perhatikan pada ketika Murai Batu Bahorok mengeluarkan bahan bunyi alamnya menyerupai bunyi tembakan jeram yang panjang dan terkesan bergulung (ngeroll).

Kombinasi antara bunyi alam yang ngebass dengan suara-suara hutan yang nyaring melengking begitu indah dan haronis, ditambah dengan penampilan fisik yang begitu gagah dan elegant serta ditunjang dengan mental fighter yang tangguh, menyebabkan Murai Batu Bahorok pantas menyandang predikat sebagai burung kicau terbaik di Indonesia.

Baca juga:

Silsilah Murai Batu (MB) Balak dan keistimewaannya

Mengenal kelebihan Murai Batu ekor hitam (Black tail)

Kelebihan dan kekurangan Murai Batu (MB) trotolan hutan dan trotolan dari penangkaran

Perawatan yang sempurna untuk Murai Batu (MB) mabung/ngurak

Demikian sedikit isu wacana ciri-ciri Murai Batu (MB) orisinil Bahorok. Untuk isu lain seputar Murai Batu (MB) dapat dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Murai Batu Bahorok
loading...

Archive