Perbedaan Ciblek Kristal Dan Ciblek Semi dan Ciri-cirinya

Perbedaan ciblek semi dan kristal, Burung Ciblek akhir-akhir ini rasanya tidak se-popular tempo dulu, peminat burung kicau sat ini kian hari kian berkurang. Mungkin alasan yang tepat mengaa burung ciblek jnis kristal ini makin tidak di minati karena mungkin makin sepinya perlombaan burung kicau Ciblek.

Tapi meskipun tidak setenar dulu, Ciblek masih tetap mempunyai penggemar fanatik, walaupun kebanyakan Kicau Mania memelihara Ciblek hanya untuk dipakai sebagai burung masteran saja.

Suara Ciblek yang begitu nyaring dengan tembakan-tembakan rapatnya memang sangat cocok untuk masteran burung-burung lainnya menyerupai Murai Batu, Kacer dan lainnya, terutama burung-burung yang diperuntukkan lomba.
Ciblek Kristal Dan Ciblek Semi - wikimedia.org

Jenis Ciblek yang paling banyak di cari


Ada dua jenis Ciblek yang paling banyak dicari dan paling banyak dipelihara, baik untuk tujuan lomba, atau hanya sebagai burung masteran sahaja, yaitu Ciblek Kristal (Cikris) dan Ciblek Semi (Cisem).

Sekilas keduanya memang sangat mirip, baik dari penampilan fisiknya maupun dari suaranya, tapi secara kualitas Ciblek Kristal sedikit lebih unggul dari Ciblek Semi dan harga Ciblek Kristal juga lebih mahal dari Ciblek Semi.

Meski keduanyanampak mirip, tapi jikalau kita perhatikan dengan lebih detail, bersama-sama ada beberapa ciri-ciri yang cukup terperinci yang membedakan antara Ciblek Kristal dan Ciblek Semi.

Perbedaan yang paling terperinci sanggup dilihat pada warna bulu dibagian dada hingga dibagian perutnya.
Warna bulu dada Ciblek Kristal, tampak putih higienis hingga pada bab perut dan ada semburat warna hitam yang cukup lebih banyak didominasi dibagian dadanya. 

Sedangkan warna bulu dada Ciblek Semi tampak putih dengan sedikit semburat warna hitam, dan ada sedikit warna kekuningan pada bab sekitar perutnya.

Menurut para penggemar burung Ciblek, bunyi Ciblek Kristal cenderung lebih terdengar nyaring, keras dan tembak brennya lebih rapat dibandingkan Ciblek Semi.

Mental fighter Ciblek Kristal juga rata-rata lebih tangguh dari pada Ciblek Semi. So, jikalau tujuan memelihara Ciblek untuk lomba, maka di anjurkan memelihara Ciblek Kristal karena ciblek ini bermental fighter yang lebih kuat.
perbedaan ciblek semi dan kristal
perbedaan ciblek semi dan kristal
Baca juga:

Demikian sedikit penjelasan perbedaan Ciblek Kristal dan Ciblek Semi. Untuk info lain mengenai burung Ciblek bisa juga dibaca pada artikel yang lain.

Baca Juga : Cara Agar SUPAYA Ciblek Kicau Cepat Nembak Ngebren
loading...

Archive