Ciri-Ciri Perbedaan Cucak Jenggot Dan Kapas Tembak

Antara Cucak jenggot (CJ) dan Kapas tembak (KT), kalau dilihat sekilas memang sangat mirip, tapi kalau diperhatikan dengan seksama, maka akan terlihat beberapa perbedaan yang cukup mencolok antara keduanya, dari mulai bentuk fisik, warna bulu, bunyi dan karakteristiknya.

Ciri-ciri Cucak jenggot yang paling menonjol terletak pada bulu dibagian bawah paruhnya (jenggot) yang terlihat sangat terperinci (njegrak). Warna bulu Cucak jenggot secara keseluruhan didominasi warna coklat, tapi pada bab dada pada umumnya berwarna putih kekuningan dan semakin bertambahnya umur dari Cucak jenggot tersebut, maka warna kuning pada bab dadanya akan semakin memudar.

Sedangkan ciri-ciri dari Kapas tembak diantaranya, mempunyai warna bulu keseluruhan didominasi warna abu-abu atau coklat bau tanah dengan bulu pada bab dadanya cenderung berwarna putih keabu-abuan. Sedangkan bulu dibagian bawah paruhnya (jenggot) tidak menonjol (tidak njegrak).

Suara kapas tembak cenderung lebih tajam dan lebih rapat kalau dibandingkan dengan bunyi Cucak jenggot.

Setelah memperhatikan ciri-ciri dari kedua jenis burung tersebut, maka sanggup dilihat beberapa ciri-ciri yang sanggup kita jadikan pembeda dari Cucak jenggot dan Kapas tembak, diantaranya:

• Warna bulu Cucak jenggot keseluruhannya didominasi warna coklat, sedangkan warna bulu Kapas tembak keseluruhannya didominasi warna abu-abu atau coklat tua.

• Bulu pada bab dada Cucak jenggot cenderung berwarna putih kekuningan, sedangkan bulu pada bab dada Kapas tembak cenderung berwarna putih keabu-abuan atau coklat tua.

• Bulu dibagian bawah paruh (jenggot) pada Cucak jenggot terlihat sangat terperinci (njegrak), sedangkan bulu dibagian bawah paruh Kapas tembak tidak terlalu menonjol (tidak njegrak).

• Cucak jenggot mempunyai mental fighter yang bagus, sedangkan Kapas tembak mempunyai kemampuan pembiasaan lingkungan yang baik.

• Pada umumnya, untuk Cucak jenggot yang elok dan sering dilombakan ialah yang berjenis kelamin betina, sedangkan untuk Kapas tembak, baik yang berjenis kelamin jantan ataupun betina sama-sama biasa dilombakan.

• Karakter bunyi dari Cucak jenggot cenderung lebih bernafsu dan lebih banyak variasi, sedangkan bunyi Kapas tembak cenderung lebih tajam dan dan lebih rapat.

Baca juga:

Cucak jenggot masteran terbaik untuk burung lomba

Perawatan Cucak jenggot mabung/nyulam bulu

Perbedaan Cucak jenggot jantan dan betina

Demikian sedikit info perihal ciri-ciri perbedaan Cucak jenggot dan Kapas tembak. Untuk info lain seputar Cucak jenggot dan Kapas tembak bisa dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Cucak jenggot dan Kapas tembak
loading...

Archive