Cucak Jenggot Masteran Terbaik Untuk Burung Lomba

Belakangan ini, Cucak jenggot memang sedang naik daun seiring dengan maraknya lomba burung kicau diberbagai kawasan ditanah air.

Walaupun Cucak jenggot juga termasuk burung yang dilombakan, tapi burung ini lebih terkenal sebagai burung masteran atau guru vokal untuk burung-burung lomba menyerupai Murai batu, Kacer, Cucak ijo dan lainnya.

Bukan tanpa alasan kenapa para pemain burung lapangan banyak yang menentukan Cucak jenggot sebagai masteran untuk gacoannya. Alasan utamanya terperinci sebab bunyi khas dari Cucak jenggot akan menciptakan burung lain yang mempunyai bahan isian Cucak jenggot akan terkesan lebih sangar dengan suara-suara kasarnya.

Alasan lainnya sebab dengan memelihara Cucak jenggot selain dapat dipakai sebagai masteran juga sekaligus dapat dilombakan, dan tentu saja harga dari Cucak jenggot yang jauh lebih murah dari burung-burung masteran lain menyerupai Cililin atau Tengkek buto, menjadi alasan kenapa Cucak jenggot menjadi pilihan.

Suara besetan kasar Cucak jenggotlah yang menjadi ciri khas burung ini, sehingga bila burung lain dapat mempunyai bahan isian Cucak jenggot dan dinyanyikan pada dikala dilombakan, maka akan terdengar sangat menonjol dan tentu saja akan menjadi nilai tambah untuk burung kita.

Agar burung gacoan kita mempunyai bahan besetan Cucak jenggot, maka harus dimaster dengan Cucak jenggot yang sudah gacor dan mempunyai bunyi lebih banyak didominasi besetan, jangan memakai Cucak jenggot yang mempunyai bunyi lebih banyak didominasi ngepik, sebab akan terdengar kurang bernafsu bila bunyi ngepik tersebut yang terekam oleh gacoan kita.

Agar burung yang dimaster dapat cepat merekam bahan Cucak jenggot, usahakan setiap hari burung digandeng dengan Cucak jenggot gacor supaya lebih fasih menirukan materinya.

Agar Cucak jenggot rajin bunyi (gacor), tentunya juga harus diberikan perawatan yang baik dan tepat, dan untuk perawatan Cucak jengggot dapat dibaca disini:

Cara merawat Cucak jenggot supaya cepat gacor

Akan lebih baik lagi bila kita menentukan Cucak jenggot yang berjenis kelamin betina, sebab cenderung lebih cerewet. Untuk membedakan Cucak jenggot jantan dan betina dapat dibaca disini:

Perbedaan Cucak jenggot jantan dan betina

Untuk mendownload bunyi Cucak jenggot dan suara-suara burung masteran lainnya dapat dilihat disini:

Kumpulan bunyi masteran untuk burung lomba dalam format Mp3

Demikian sedikit isu wacana Cucak jenggot masteran terbaik untuk burung lomba. Untuk isu lain seputar Cucak jenggot dapat dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Cucak jenggot
loading...

Archive