Daun Ginseng Jawa, Belakang Layar Kenari Juara

Meskipun dinamakan ginseng jawa, namun tanaman ini bersama-sama bukan merupakan tanaman orisinil Pulau Jawa, melainkan berasal dari wilayah tropis Benua Amerika.

Penyebutan ginseng jawa tersebut dikarenakan tanaman ini mempunyai bentuk akar yang menyerupai dengan ginseng dari Korea dan banyak tumbuh didaerah jawa. Selain itu, tanaman ini juga mempunyai khasiat yang hampir sama dengan ginseng korea, yaitu sebagai penambah stamina.

Di kalangan pecinta Kenari, manfaat daun ginseng dipercaya bisa mendongkrak stamina Kenari dan menciptakan Kenari semakin rajin berkicau.

Pemanfaatan daun ginseng jawa sebagai Ekstra fooding (EF) untuk Kenari memang sudah dilakukan semenjak lama. Hal tersebut terbukti dari banyaknya Kenari-Kenari jawara yang selalu menyertakan daun ginseng jawa dalam sajian perawatan hariannya.

Meskipun belum ada penelitian resmi mengenai manfaat daun ginseng jawa atau som jawa ini, namun khasiatnya sudah banyak dirasakan secara bebuyutan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Daun ginseng jawa dianggap sanggup memulihkan kondisi badan yang menurun dengan cepat dan juga bisa meningkatkan stamina. Adapun zat aktif yang terkandung dalam akar dan batang daun ginseng yakni tanin, saponin dan alkaloid. Sedangkan pada bab daunnya mempunyai kandungan materi aktif menyerupai saponin, flavonoid, steroid dan minyak atsiri serta vitamin A yang cukup tinggi dan juga beberapa mineral penting lainnya yang diharapkan oleh tubuh.

Beberapa manfaat daun ginseng untuk Kenari:

• Melancarkan peredaran darah pada badan Kenari.

• Meningkatkan stamina dan durasi kerja Kenari.

• Membantu mempercepat pemulihan Kenari yang sedang dalam kondisi tidak fit.

• Menjaga daya tahan badan Kenari dari serangan penyakit.

• Merangsang Kenari supaya lebih rajin berkicau dengan durasi yang lebih panjang.

• Menambah nafsu makan Kenari.

Cara menunjukkan daun ginseng pada Kenari:

Pemberian daun ginseng pada Kenari bisa dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari memberikannya secara pribadi dengan menggantung batang dan daunnya didalam sangkar Kenari atau bisa juga dengan cara memotong kecil-kecil bab daunnya kemudian mencampurkannya dalam pakan biji-bijian atau mencampurkannya dengan pakan lain menyerupai egg food.

Sebelum dipakai sebaiknya daun ginseng tersebut terlebih dulu dibersihkan dengan air higienis supaya terbebas dari kotoran dan kuman.

Pemberian daun ginseng bisa dikombinasikan dengan daun-daun lainnya menyerupai daun mengkudu, daun krokot, serta sayur-sayuran menyerupai sawi, lobak, gambas dan lainnya supaya Kenari lebih sehat dan tercukupi nutrisinya.

Baca juga:

Tips mencetak Kenari isian

Melatih mental fighter Kenari muda

Manfaat fumayin untuk doping Kenari

Perawatan yang sempurna untuk Kenari mabung

Demikian sedikit isu wacana daun ginseng jawa, diam-diam Kenari juara. Untuk isu lain seputar burung Kenari bisa dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Daun ginseng jawa
loading...

Archive