Jika Burung Susah Buang Kotoran


Seringkali kita menjumpai burung yang susah membuang kotoran. Tandanya, saat buang kotoran, burung merendahkan tubuh dan berjingkat-jingkat, ekor dan seluruh tubuh kepingan belakang naik turun.

Burung yang sudah buang kotoran dapat disebabkan oleh banyak hal. Bisa jadi ia terkena berak darah, berak kapur atau sekadar susah buang kotoran lantaran ada kotoran yang lengket ke bulu di kepingan dubur.

Untuk menghindari burung susah buang kotoran maka perlu diketahui dulu penyebabnya.

1. Berak darah:

Gejala: Burung lesu, kusut, sayap jatuh, mata tertutup, mencret dan tinja encer. Pada kondisi sudah akut, beraknya akan terlihat merah atau hitam lantaran tercampur darah. Burung yang terjangkit berak darah, enggan bertengger di tangkringan dan lebih bahagia mendekam di dasar sangkar.

Pengobatan: Karena burung berak darah disebabkan terluka di kepingan usus atau kepingan pencernaan lainnya, maka kurangi porsi pakan dan berikan masakan yang lunak-lunak. Berikan kemudian obat antibiotik Super-N kemudian dapat diberikan Terapi Chang Vit atau vitamin burung lain.

2. Berak kapur:

Gejala: Kotoran encer berwarna putih, dubur terlihat putih dan kotor, burung lesu, warna bulu kusam, sayap terkulai, dan nafsu makan berkurang. Burung juga terlihat ngantuk dan bulu mengembang kedinginan.

Pengobatan: Berikan obat untuk burung yang mengandung welirang ibarat Super-N.

Jika Anda tidak yakin penyebab burung susah buang kotoran, maka pastikan saja bahwa Anda basuh kepingan dubur burung hingga higienis sehingga tidak ada kotoran yang menempel.

Setelah itu, Anda dapat membantunya untuk “melubangi” dubur yang biasanya tertutup atau tersumbat kotoran yang sudah mengental atau mengering. Caranya, masukkan cotton bud yang diolesi minyak kelapa (agar licin) ke dubur burung hingga kita yakin dubur tidak tersumbat. Bisa juga Anda memakai sabun untuk menggantikan fungsi minyak kelapa. Tetapi gunakan sabun mandi dan bukan sabun yang mengandung detergent.

Dan yang penting lagi, sebelum semua penyakit itu datang, Anda pastikan burung selalu fit sehingga tidak gampang terjangkit penyakit lantaran daya tahan tubuh kuat. Gunakan saja produk unggulan Super Kicau ya hehehe.

Semoga bermanfaat.
loading...

Archive