Jinakkan Dan Merawat Branjangan Bakalan Yang Giras

Burung branjangan yang dibeli di pasar burung, terlebih kalau masih bakalan, biasanya mempunyai sifat-sifat liar atau giras. Sifat ini memang dibutuhkan di alam bebas, tetapi tidak untuk piaraan di rumah. Branjangan yang kondisinya masih sangat giras berpotensi merusak atau melukai diri  sendiri selama berada di dalam sangkar, alasannya yakni ketakutannya kepada insan dan lingkungan gres di sekitarnya.

Karena itu, mau tidak mau, Anda mesti menjinakkannya terlebih dulu, setidaknya sanggup menjadi jinak-jinak lalat, yang mana burung tidak takut lagi dikala melihat manusia, sehingga tidak lari kesana-kemari hingga menabarak jeruji sangkar.

Proses penjinakan branjangan bakalan yang masih muda relatif lebih gampang daripada burung branjangan bakalan yang sudah cukup umur atau sudah berumur.

Chang Vit untuk memenuhi semua kebutuhan vitaminnya ( 2 kali dalam seminggu ), serta Super Kicau untuk memastikan burung tidak akan mengalami defisiensi mineral ( cukup 1x dalam seminggu ).

Hanya burung yang kondisinya fit yang sanggup menjalani perawatan khusus untuk membuatnya lebih cepat dan rajin berbunyi. Berikut ini langkah-langkah perawatan khusus untuk burung branjangan biar cepat bunyi dan gacor :

Pertama, berikan terapi bunyi alam ( natural therapy ) untuk burung branjangan bakalan yang Anda miliki setiap malam, selama 1 jam. Suara burung yang terdengar dalam natural therapy ini mempunyai kegunaan untuk memancing atau merangsang burung berkicau. Terapi sanggup dimulai pada sore hari, sekitar pukul 17.00 hingga 18.00,  atau boleh juga mulai pukul 19.00 hingga 20.00.

Lakukan terapi ini selama beberapa hari secara rutin. Biasanya dalam waktu 1-2 ahad sudah mulai terlihat hasilnya, yaitu burung mulai rajin berbunyi. Suara alam atau natural therapy sanggup anda dapatkan disini:

Natural therapy plus  ( Suara alam air terjun, gemericik air, angin, dan sejenisnya )

Kedua, kalau kondisinya memungkinkan, Anda sanggup mengundang beberapa burung liar menyerupai burung gereja untuk menghampiri sangkar branjangan. Perlu diketahui, branjangan merupakan burung teritorial sebagaimana murai kerikil dan kacer. Artinya, beliau akan selalu menjaga wilayah teritorial atau wilayah kekuasaannya biar tidak dimasuki burung homogen atau burung lainnya.

Begitu melihat burung gereja atau burung liar lainnnya di sekitar sangkarnya, branjangan akan memperlihatkan reaksi, baik dengan mengeluarkan suaranya atau melaksanakan hoovering (terbang vertikal). Ini memperlihatkan branjangan terusik oleh kehadiran burung gereja, alasannya yakni memang menyerupai itulah sikap burung teritorial.

Tapi bagaimana cara menghadirkan burung gereja atau burung liar lainnya di sekitar sangkar branjangan? Anda sanggup berbagi pakan biji-bijian di sekitar sangkar branjangan. Lakukan tiap hari, hingga burung yang dimaksud tiba (butuh kesabaran ekstra).

Itulah beberapa tips mengenai perawatan branjangan bakalan yang masih giras biar menjadi jinak dan cepat berbunyi. 
loading...

Archive