Kapan Merpati Berada Dalam Top Performance ?

Bagaimana kita jeli untuk melihat golden period burung  Kapan Merpati berada dalam Top Performance ?

Bagaimana kita jeli untuk melihat golden period burung ? apakah dapat direkayasa untuk lebih panjang atau lebih usang ? dan bagaimana memilih klimaks prestasinya ? dan kapan kita dapat melihat bahwa burung sudah masuk pada titik declining ( penurunan kinerja ) ?

Untuk melihat peak performance dan titik penurunan grafik kinerjanya, ini agak sulit dan butuh kejelian kita melihat. Biasanya perawat / joki menilainya dari kinerja latihan sehari2 yg mengalami peningkatan baik dari sisi kualitas kerja serta ketahanan fisiknya. Cara ini tentu sedikit sulit dan hanya dapat dilakukan oleh mereka yg benar2 jeli dan mengerti keadaan burung.

Satu lagi cara memperkirakan peak performance, dapat dilihat dari susunan lar sayapnya. Ini dapat dilakukan jikalau kita melatih burung secara terprogram dgn baik.

Saya jelaskan dari awal…

Latihan yg terprogram dgn baik, burung harus mulai dilatih kira2 semenjak sisa lar 3 atau 4.

Bila perkiraan bulu berganti setiap 1 bulan, dan jarak tempuh hingga mentok butuh 3-4 bulan, maka saat lar sayap full (habis jawat) burung mulai siap dilombakan (menanjak ke arah peak performance).

Dari hitung2an ini, waktu yg diperlukan utk melatih burung hingga ‘jadi’ kurang lebih 8 giringan. Maka pada giringan ke 9 burung diperkirakan sudah mencapai peak performance-nya.

Peak performance tidak bertahan lama. Biasanya 3-4 giringan sudah mengalami penurunan. Kalau dilihat pada lar sayapnya, kira2 sudah sisa lar 8.

Maka saat lar sisa 7, burung dipastikan sudah menurun kinerjanya. Terus berangsur2 turun hingga sisa lar 6. Kemudian sisa lar 5 burung harus istirahat, cabut ekor, bersiap mabung, dan kembali dilatih dari awal lagi saat sisa lar 3.

Begitu terus periode asuh dan peak performnya.

loading...

Archive