Manfaat Daun Krokot Untuk Meningkatkan Performa Burung Kenari

Krokot yaitu flora yang sering dianggap sebagai flora hama alasannya yaitu berpotensi mengganggu perkembangan flora pertanian. Namun selain anggapan jelek tersebut, ternyata ada manfaat besar dari flora ini. 

Selama ini, krokot dikenal sebagai flora obat yang banyak dikonsumsi insan untuk menjaga kesehatan maupun untuk pengobatan. Krokot juga sering dimanfaatkan sebagai sayur atau lalapan.

Kandungan gizi dalam daun krokot antara lain, omega 3, sodium, alumunium, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin B, vitamin C, magnesium, mangan dan masih banyak kandungan zat aktif lainnya.

Tapi selain bermanfaat untuk manusia, ternyata flora ini juga mempunyai banyak manfaat untuk burung kicauan terutama untuk Kenari, sebagai pakan embel-embel atau Ekstra fooding (EF) semoga burung lebih rajin bunyi dan mempunyai nafas yang panjang dikala berkicau serta masih banyak manfaat lainnya untuk kesehatan burung Kenari.

Pemberian daun krokot pada Kenari, cukup digantung didalam kandangnya saja dengan posisi yang gampang dijangkau oleh Kenari, tapi sebelum diberikan sebaiknya daun krokot dibersihkan terlebih dulu dengan air bersih.

Cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan mengeringkan flora ini dengan menjemurnya dibawah terik matahari hingga benar-benar kering kemudian menggilingnya hingga menjadi tepung dengan memakai blender. Pemberian tepung daun krokot ini dapat dengan mencampurkannya pada pakan biji-bijian atau pakan lainnya menyerupai egg food.

Daun krokot sebaiknya diberikan setiap 2-3 kali seminggu dengan tetap diselingi proteksi Ekstra fooding (EF) lain terutama sayur-sayuran serta buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Kenari.

Baca juga:

Daun ginseng jawa, diam-diam Kenari juara

Manfaat daun mengkudu (pace) untuk memperbaiki kualitas bunyi Kenari

Tips mencetak Kenari isian

Manfaat fumayin untuk doping Kenari

Demikian sedikit isu wacana manfaat daun krokot untuk meningkatkan performa burung Kenari. Untuk isu lain seputar burung Kenari dapat dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Daun krokot
loading...

Archive