Melatih Merpati Balap Dengan Benar


Terkadang kita tidak sabaran dalam melatih merpati walhasil merpati yang jarak erat telihat ngotot yang sehabis dijauhkan merpati malah kayang-kayang. Walau pengalaman saya masih sedikit saya coba bagikan beberapa tips dan trik melatih merpati balap.

Ada beberapa tahapan dalam melatih piyikan, tahapan tahapan tersebut harus dilakukan dengan penuh kesabaran alasannya yaitu jikalau tidak sabar burung dapat rusak atau hasilnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan, dalam melatih piyik merpati balap harus berhati-hati alasannya yaitu mental piyikan belum sepenuhnya terbentuk jangan hingga mental drop. 

Saat melatih ada beberapa tahapan diantaranya :


Merpati Giringan Pertama

Himbauan keras, jangan menggandeng merpati muda yang belum mapan terbang dan mentalnya, di khawatirkan ia akan terbiasa ngekor dibelakang. Sebaiknya gandeng sehabis jarak 500m. Gandeng lebih baik dengan burung yang seumuran dulu.
Hari ke 1
Target dalam giringan pertama yaitu sekitar 20 – 30 m. Latihan pertama mulai dari jarak erat terlebih dahulu
  • Hari pertama ajarkan merpati naik turun kandang, naik turun ke betina. Gunanya untuk membiasakan merpati dengan tangan manusia, alasannya yaitu terkadang merpati takut pada kita apalagi piyik yang gres pertama kali giring, Lakukan hingga merpati tidak malas naik turun kebetina ini dapat 10-30 kali kemudian istirahatkan dan ulangi lagi, tetapi jikalau dirasa sudah mantap dapat pribadi terbangkan merpatinya.
  • Setelah itu mulai terbangkan dari jarak 1 m, dan betina ditatak ditanah, lakukan berulang ulang 5 hingga 10 terbangan istirahatkan, jikalau dirasa terbang sudah sepakat tambah jarak 3 m 5m 7m 10m terus lakukan 5-10 terbangan sesuaikan dengan tenaga merpati, jikalau merpati terbang tidak lurus atau shoot kurang bertenaga mundurkan lagi jaraknya jangan ditambah. Jika sudah hingga jarak 10m maka ulangi terus 3 hingga 5 sesi, satu sesi 5-7 kali terbangan.

Hari ke 2
Lakukan 3 – 5 sesi, 1 sesi 5-7 terbangan jadi total sekitar 15 – 25 kali terbangan. Seperti biasa terbangkan merpati di jarak yang pendek terlebih dahulu. Sesi pertama terbangkan dijarak 3m 5m dan 10m, pastikan terbang tetap lurus dan tembak tidak kendor. Sesi kedua lakukan terbangan di jarak 10m, sesi ketiga tambah jarak hingga mentok di 15m

Hari ke 3
Lakukan menyerupai di hari ke 3 tetapi jarak ditambah sedikit demi sedikit, jangan hingga ingin tau burung pribadi dijauhkan nanti akan berefek pada mental dan stamina burung jikalau stamina dan mental belum cukup burung bisa-bisa salah latih dan bahkan terbang ke atas. Target hingga jarak maksimal 20m
Hari ke 4
Lakukan menyerupai hari ke 3 jarak maksimal hingga 25m-30m.

Merpati Giringan Kedua

Terkadang kita tidak sabaran dalam melatih merpati walhasil merpati yang jarak erat telih Melatih Merpati Balap dengan Benar
  • Target tempuh maksimal 50m-60m. lakukan secara bertahap menyerupai pada giringan pertama, jikalau merpati kendor tembaknya maka kurangi jarak terbangan hingga terasa ngisi. Ingat melatih merpati balap harus sabar.
  • Giringan ketiga Jarak maksimal 70 M- 80 M, Giringan ke 4 jarak maksimal 100-110 m, Giringan ke 5 usahakan hingga dijarak 150-200m dan seterusnya.

Kunci dari melatih merpati yaitu konsisten dan sabar. Sabar tidak terburu-buru menambah jarak lepasan, jikalau merpati berputar, terbang belok belok dan shoot dirasa kendor kembali mundurkan jarak terbangan hingga dirasa bagus. Keuntungan melatih menyerupai ini agar fisik dan mental merpati tumbuh secara perlahan-lahan dan kekal walau memang aga sedikit lama. Biasakan juga merpati dengan satu joki dan baju yang sama setiap melatih supaya ketika diadu merpati tidak salah hinggap walau warna geberan sama, salam bekur!!!.
loading...

Archive