Merpati Mabung Dan Istirahat


Faktor-faktor ini mempengaruhi proses mabung pada merpati akan dibahas satu per satu disini, simak yah.

1. Jaringan dimana bulu tumbuh
Mabung dan folikel
Folikel yaitu rongga di kulit dimana bulu tumbuh. Hanya folikel yang sehat menghasilkan bulu sehat dan normal. Kita tahu dari sejumlah penyakit yang mempengaruhi folikel yang menyebabkan mabung absurd atau pertumbuhan bulu yang abnormal. Contoh penyakitnya misal skinmould dan quillmite, Kelainan herediter juga sanggup menjadi penyebabnya.
Skinmould
Skinmould yaitu penyakit kulit yang biasa juga terjadi di mata. Dimana burung menderita gatal-gatal dan terus menggaruk diri sendiri. Dimana kulit akan rusak akhir menggaruk berlebihan, dan folikel yang terinfeksi tidak berfungsi dengan baik. Penyakit ini biasanya sembuh dengan mencuci burung yang terinfeksi dengan cairan khusus (imaverol).
Quillmite
Quillmites yaitu benalu yang ditemukan dalam duri bulu. Burung yang terinfeksi Quillmite biasanya bulu rusak berantakan, sering dengan banyak duri bulu kosong dan berdarah.
Quillmites biasanya gampang terdeteksi oleh penelitian mikroskopis pada bulu yang abnormal. Pengobatan yang paling simpel yaitu satu dengan Ivomec pembasmi kutu.
Hereditary abnormalities
Kelainan herediter paling umum yaitu polyfolliculitis. Dengan kelainan ini, dinemukan lebih dari satu bulu dalam satu folikel. Akibatnya, mabung tidak sanggup menjalankan prograberjalan normal.

Sayangnya, kita tidak tahu terapi sukses untuk hal ini, hanya operasi bedah yang mungkin sanggup dapat dilakukan.
2. Hormon
Ada obat obat tertentu yang dihentikan penggunaannya alasannya yaitu menyebabkan rusaknya proses mabung, misalnya obat cacing dihentikan diberikan pada anak burung yang masih pertumbuhan, burung mabung, dan indukan yang sedang meloloh.

loading...

Archive