Perawatan Harian Jalak Putih/Jalak Pito Biar Lebih Gacor

Jalak Putih/Jalak Pito yakni salah satu burung yang mejadi favorit para penghobi burung di tanah air. Jalak Putih/Jalak Pito termasuk jenis burung hias sebab warna bulu dan bentuk fisiknya yang indah, tapi burung ini juga termasuk jenis burung kicauan sebab suaranya juga manis dan sanggup menirukan bunyi dari burung-burung lain dan juga suara-suara lain yang sering didengarnya menyerupai halnya Jalak Suren Jawa/Jalak Suren Lokal.

Baca juga: Cara merawat Jalak Suren Jawa biar cepat gacor

Tapi jikalau dibandingkan dengan Jalak Suren Jawa (Lokal), Jalak Putih/Jalak Pito mempunyai kelebihan pada bentuk fisiknya yang menawan serta gaya berkicaunya yang lebih atraktif. Maka tidak heran jikalau harga Jalak Putih/Jalak Pito lebih mahal dari Jalak Suren Jawa (Lokal).

Jalak Putih/Jalak Pito termasuk burung yang cerewet, sama menyerupai kebanyakan burung jenis Jalak lainnya, jikalau dirawat dengan baik niscaya akan gacor sepanjang hari.

Agar Jalak Putih/Jalak Pito gacor sepanjang hari, lakukan perawatan berikut ini:

• Sebaiknya pilih Jalak Putih/Jalak Pito yang berjenis kelamin jantan, sebab bunyi kicauannya lebih manis dan lebih banyak variasinya. Walaupun Jalak Putih/Jalak Pito betina juga sanggup gacor, tapi bunyi kicauannya cenderung lebih tipis dan monoton.

• Embunkan Jalak Putih/Jalak Pito setiap pagi biar burung menghirup udara segar.

• Mandikan Jalak Putih/Jalak Pito setiap hari sekitar jam 07.00 atau 08.00 pagi dengan menggunakan sprayer atau mandikan dibak keramba sesuai kebiasaan. Campurkan shampo khusus untuk burung sesuai dosis pada kemasannya kedalam air sprayer agar bulunya tetap lembut, halus dan cerah serta untuk mencegah sekaligus membasmi kutu dan basil pada bulu Jalak Putih/Jalak Pito. Pada ketika cuaca dingin/hujan tidak perlu dimandikan.

• Sambil menunggu burung mandi, kandangnya dibersihkan dari semua kotoran serta siapkan pakannya berupa voer dan buah-buahan menyerupai pepaya atau pisang. Sebelum diberikan, terlebih dulu permukaan pisang atau pepaya di olesi dengan madu murni untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Jalak Putih/Jalak Pito. Ganti air minumnya dengan yang gres setiap hari.

• Setelah final dimandikan, burung di angin-anginkan terlebih dulu untuk mengeringkan bulu-bulunya sambil diberikan jangkrik sebanyak 5 ekor dan ulat hongkong (UH) 5 ekor sebagai Ekstra fooding (EF).

• Setelah semua bulu-bulunya kering, kemudian lakukan penjemuran selama kurang lebih satu jam kalau kondisi cuaca sangat terik, tapi kalau kondisi cuaca tidak begitu terik, penjemuran sanggup dilakukan lebih dari satu jam.

• Berikan vitamin khusus untuk burung yang diteteskan pada air minumnya seminggu sekali biar kondisi burung selalu fit.

• Lakukan pemasteran untuk menambah variasi bunyi Jalak Putih/Jalak Pito. Pemasteran sanggup memakai burung-burung masteran dan sanggup juga dengan memakai bunyi dari Mp3 player.

Tapi biar lebih efektif, pemasteran sebaiknya dengan memakai burung-burung masteran dengan cara menggantang Jalak Putih/Jalak Pito bersama dengan burung-burung masteran yang kita sukai setiap hari.

• Pada sore hari kandangnya kembali dibersihkan, sebab Jalak Putih/Jalak Pito makannya cukup rakus sama menyerupai jenis Jalak lainnya, sehingga kotorannya juga cukup banyak. Setelah kandangnya dibersihkan, berikan jangkrik 5 ekor dan juga ulat hongkong (UH) 5 ekor, kemudian burung di angin-anginkan dulu sebentar kemudian dikerodong untuk istirahat.

Agar Jalak Putih/Jalak Pito lebih gacor, burung harus dibentuk nyaman dengan lingkungan dan juga kandangnya. Sebaiknya Jalak Putih/Jalak Putih ditempatkan dikandang yang berukuran agak besar biar burung sanggup bergerak lebih leluasa sehingga burung tidak stres.

Baca juga:

Perbedaan Jalak Putih/Jalak Pito jantan dan betina

Cara gampang membedakan Jalak Suren jantan dan betina

Tips menentukan burung Jalak dikandang ombyokan

Demikian sedikit isu wacana perawatan harian Jalak Putih/Jalak Pito biar lebih gacor. Untuk isu lain seputar burung Jalak sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Jalak Putih/Jalak Pito
loading...

Archive