Perbedaan Fisik Tledekan Gunung Dan Tledekan Bakau dan Ciri-Cirinya

SuaraBurungKicau.Com - Popularitas Tledekan Gunung/Sulingan Gunung dikala ini mulai kembali beranjak naik, banyak penggemar burung kicau yang mencari burung fighter ini untuk dipelihara sebagai klangenan dirumah untuk menambah koleksi burung kicaunya.

Tapi dengan semakin banyaknya peminat Tledekan Gunung dikala ini, menciptakan harga burung ini juga semakin naik, apalagi harga untuk Tledekan Gunung yang sudah jadi (gacor), harganya bisa sangat mahal.

Hal itu menjadi peluang bisnis bagi para pedagang burung untuk mendapat laba sebanyak-banyaknya dengan mendatangkan stok Tledekan Gunung sebanyak-banyaknya sebab sedang diminati konsumen.
Sayangnya, peluang tersebut juga dimanfaatkan oleh para oknum pedagang badung dengan menjual Tledekan Bakau yang dikatakan sebagai Tledekan Gunung. Hal itu dikarenakan sulitnya mencari pasokan 

Tledekan Gunung/Sulingan gunung bakalan muda hutan sebab populasinya yang sudah sangat langka di alam 
nebas, dan kalaupun ada harganya juga lebih mahal dibanding dengan harga Tledekan Bakau dari Kalimantan.

Populasi Tledekan Gunung lokal di alam bebas memang sudah tinggal sedikit dan hampir punah, sehingga susah untuk untuk mendapatkannya. Sedangkan populasi Tledekan Bakau dari Kalimantan masih cukup banyak dan bisa memenuhi usul pasar dalam jumlah besar.

Dengan harga yang lebih murah dari Tledekan Gunung lokal, tentunya laba yang diperoleh pedangang akan lebih besar.

Secara fisik, antara Tledekan Gunung/Sulingan Gunung dan Tledekan Bakau/Sulingan Bakau memang sangat mirip, dan bagi kita yang masih awam ihwal burung kicau, tentunya akan sulit untuk membedakan keduanya.
Berikut ini yaitu beberapa ciri-ciri perbedaan Tledekan Gunung dan Tledekan Bakau yang bisa dijadikan panduan sebelum kita tetapkan untuk membelinya.

Ciri-ciri Tledekan Gunung

• Pada Tledekan Gunung jantan, bulu dibagian atas tubuhnya (punggung) berwarna biru tua. Sedangkan warna bulu dibagian sekitar mata, muka pecahan depan dan bercak pada dagu berwarna hitam.
• Dahi dan alisnya terlihat pendek dengan warna bulu biru muda/biru cerah. Sedangkan pada pecahan tenggorokan, dada, dan sisi tubuhnya berwarna jingga serta pecahan perut bawah berwarna keputih-putihan.
• Tledekan Gunung/Sulingan Gunung betina mempunyai warna bulu yang sama sekali berbeda dari Tledekan Gunung/Sulingan Gunung jantan. Bulu badan pecahan atas berwarna coklat dengan lingkar mata berwarna kuning, sedangkan warna bulu pada pecahan bawah tubuhnya seakan-akan dengan burung jantan, tapi warnanya lebih pucat/pudar.

Tledekan Gunung/Sulingan Gunung dikenal mempunyai memiliki mental yang manis dan lebih gampang gacor. Suara kicauannya sangat nyaring dengan banyak variasi isian.

Selain itu, Tledekan Gunung/Sulingan Gunung juga lebih cepat ngeplong dan ngeroll dengan ciri khas nyekleknya, asalkan mendapat perawatan yang tepat.
Tledekan Gunung dan Tledekan Bakau
Tledekan Gunung dan Tledekan Bakau

Ciri-ciri Tledekan Bakau

Tledekan Bakau/Sulingan Bakau yang terkadang disebut juga sebagai Tledekan Gunung sebrang, sekilas memang sangat seakan-akan dengan Tledekan Gunung/Sulingan Gunung lokal.

Pada Tledekan Bakau jantan, perbedaannya terletak pada warna bulu dibagian dahi yang tidak biru muda, warna dagunya lebih hitam, serta warna bulu pada badan pecahan bawahnya keseluruhan berwarna merah bata hingga ke pecahan perut.

Untuk Tledekan Bakau betina penampilan fisiknya sangat seakan-akan dengan burung jantan, bahkan lebih seakan-akan dengan Tledekan Gunung jantan.

Untuk membedakan jenis kelamin Tledekan Bakau, kita bisa memperhatikan warna birunya. Tledekan Bakau betina warna birunya terlihat lebih pucat/pudar, dengan ciri khas pada paruh pecahan atas terdapat bercak putih yang membentuk karakter V serta dagunya berwarna agak kekuningan.

Tledekan Bakau, termasuk burung yang paling susah berkicau, kalaupun berkicau lebih banyak ngeriwik daripada ngeplongnya, tetapi jikalau burung sudah mapan dan keluar suaranya, burung ini berpotensi menjadi sangat gacor. Dengan perawatan yang sempurna dan konsisten, Tledekan Bakau juga bisa berkicau dengan suara ngeplong dan juga ngeroll.

Baca juga:
Tips perawatan Tledekan Gunung biar cepat gacor
Perbedaan Tledekan Gunung jantan dan betina
Cara merawat Tledekan Gunung bahan/bakalan biar bertahan hidup dan rajin bunyi
Ciri-ciri perbedaan Cucak jenggot dan Kapas tembak

Demikian sedikit info berkenaan dengan perbedaan fisik Tledekan Gunung dan Tledekan Bakau. Untuk info lain seputar Tledekan Gunung bisa dibaca pada artikel yang lain

Tledekan Gunung dan Tledekan Bakau

loading...

Archive