Tips Melatih Kenari Demam Panggung Jadi Kenari Siap Tempur

Meskipun pasaran dan harga kenari cenderung alami penurunan, namun hal itu tidak mengurangi minat para penggemar kenari untuk terus merawatnya. Selama ini, kenari yang jadi favorit bukan hanya kenari yang berilmu berkicau saja, tapi juga burung yang mau berbunyi kapan dan di mana saja, termasuk di hadapan kenari lain dengan kepandaian yang sama. 


Banyak pemilik kenari mengakui jika burung mereka cenderung gacor di rumah saja, alias hebat kandangan, namun dikala dipertemukan dengan burung sejenis, kenari tersebut lebih banyak membisu tidak mau mengeluarkan ocehannya.

Kebanyakan kenari yang berperilaku hebat kandangan itu dialami oleh burung yang masih muda, belum mempunyai pengalaman atau tidak mempunyai mental yang cukup. Untuk mengatasi duduk kasus "demam panggungnya" itu, maka kenari tersebut harus dilatih terlebih dahulu. 

Beragam metode training yang dapat diterapkan semoga kenari siap tempur, antara lain: 

Rutin melaksanakan pemasteran 
Pemasteran ialah hal yang wajib dilakukan semoga burung kenari mempunyai alunan lagu-lagu yang lebih bervariasi. Selain itu, pemasteran juga merupakan bentuk pengembangan huruf dari kenari tersebut semoga dapat lebih percaya diri dikala bertemu lawan. 

Mengajak kenari ke latberan 
Jika ada even latberan atau lomba burung di bersahabat rumah, cobalah untuk membawa burung kenari ke daerah tersebut. Walaupun bukan untuk tujuan lomba, namun membawa kenari ke arena lomba dapat melatih dan membiasakan burung dengan suasana keramaian. 

Sering berpindah tempat 
Selama ini, burung kenari yang cenderung digantung di satu daerah tanpa pernah berpindah-pindah daerah gantunganya, akan menyebabkan kenari tersebut menjadi hebat kandangan. Burung hanya akan gacor dikala sendirian saja, dan membisu dikala melihat lawannya. Karena itu, untuk melatih mentalnya, cobalah untuk lebih sering berpindah daerah gantungannya setiap beberapa jam sekali. 

Demikian tips melatih mental kenari 'demam panggung' menjadi kenari yang siap tempur. 

Semoga manfaat
loading...

Archive