Tips Mengatasi Kenari Kedinginan Dikala Animo Hujan


Musim hujan barangkali menjadi salah satu momok bagi penangkar kenari, hal ini juga dirasakan oleh peternak burung jenis lainnya, bukan tanpa alasannya lain, melainkan meningkatnya kegagalan dalam breeding dan pembesaran anakan , demam isu hujan juga mengakibatkan burung semakin rentan terhadap penyakit.


Disaat hujan ini memang yang paling dikhawatirkan yakni berkurangnya intensitas penjemuran, cuaca mendung dan terjadi hujan menciptakan hawa semakin dingin, mungkin untuk burung yang sudah remaja hal ini masih belum merupakan bahaya yang berarti , akan tetapi kalau sudah kena lolohan dan masih belum terlalu berpengaruh daya tahan tubuhnya, maka dikhawatirkan akan eksklusif drop.





Buktinya dari teman saya sendiri yang mencicipi betapa demam isu hujan menjadi hal yang seram bagi peternakannya, pasalnya sudah lebih dari 10 ekor anakan yang gres berusia beberapa hari mati kedinginan, awalnya beliau anggap itu masih biasa, namun usang kelamaan kok tambah banyak yang mati, hingga balasannya beliau sadar betapa burungnya mengalami kedinginan.

Sebelumnya saya sudah tuliskan Perawatan Kenari di Musim Hujan, namun mungkin itu hanya untuk kenari remaja saja, nah kini kita akan fokus dalam menyelamatkan kenari lolohan yang masih berusia dibawah 1 bulan atau belum mandiri, namun tidak menutup kemungkinan bermanfaat juga dan diharapkan untuk perawatan kenari dewasa, berikut Tips Mengatasi Kenari Kedinginan Saat Musim Hujan :


  1. Pertama anda harus sediakan ruang yang hangat bagi kenari, asal diketahui saja, bahwa kenari memang salah satu burung yang tidak betah dingin, apalagi demam isu hujan
  2. Berikan multivitamin dalam air minumnya setiap hari, gantilah airnya kalau sudah sehari / terlihat kotor. Solusinya terapi pakai Cimbio atau Pattani
  3. Berikan lampu dimalam hari untuk menjaga kehangatannya, cukup lampu dop 5 watt saja , namun yang harus diingat yakni jangan hingga terlalu bersahabat , dan pastikan kabelnya kondusif terkendali.
  4. Krodong bila perlu, selain untuk menghindari dingin, krodong juga dapat menghalau gangguan nyamuk atau serangga pengganggu.
  5. Berikan sarang / daerah sembunyi dengan kapas atau kain didalamnya

Nah itulah yang dapat dilakukan untuk mengatasi kenari kedinginan, biar bermanfaat.
loading...

Archive