Waspadai Guratan Merah Di Kaki Burung Kenari, Dapat Menjalar Dan Berbahaya

Banyak keluhan dari penghobi burung, khususnya kenari, mengenai burung sakit yang diawali dengan adanya tanda guratan merah di kaki, khususnya pada betis dan buku-buku jari kaki. Hal itu merupakan membuktikan terjadinya bisul yang harus segera ditangani supaya tidak menjalar dan menyebabkan kondisi sakit kronis atau bahkan kematian pada burung.

Infeksi dapat disebabkan oleh serangan jamur, luka gores akhir jeruji atau pecahan lain dari kandang dan asesorisnya yang tajam, dan dapat juga karena gigitan nyamuk.

Super N misalnya. Meski demikian, jikalau kondisi bisul sudah meluas, cita-cita bagi kesembuhan si burung sangatlah kecil.

Segera tangani sebelum terlambat

Pencegahan dan pengobatan

Untuk mencegah terjadinya kondisi itu pada burung, khususnya kenari, maka perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
  1. Pastikan setiap malam atau dalam kondisi ruangan gelap, burung ditempatkan pada kandang yang dikerodong rapat dengan kerodong tipis / transparan.
  2. Pastikan tidak ada pecahan tajam di kandang burung, terlebih lagi jeruji di pecahan dasar sangkar. Hal yang kurang diperhartikan yakni wadah pakan atau minuman di mana burung suka sekali nangkring di atasnya ketika makan/minum. Wadah pakan yang bersisi tajam dapat melukai telapak kaki burung yang menjadi karena terjadinya infeksi. Karena posisi telapak tidak dapat dipantau setiap saat, pastikan saja Anda memakai wadah pakan yang didingnya atasnya benar-benar tidak tajam.
  3. Selalu mengontrol semua pecahan badan burung setiap harinya meski hanya dilakukan melalui pengamatan tanpa perlu dipegang.
  4. Segera bertindak begitu terlihat adanya gejala, contohnya sikap burung yang selalu mematuk kaki atau burung terlihat tidak nyaman ketika di tenggeran dll.

Semoga bermanfaat.
loading...

Archive