Cara Merawat Cucak Ijo (Ci) SUPAYA Cepat Gacor

Cucak ijo (CI) yaitu burung yang istimewa, burung ini mempunyai kecerdasan yang luar biasa untuk menirukan bunyi burung lain dan suara-suara lain yang sering didengarnya, bahkan untuk jenis bunyi yang sederhana bisa ditirukan hanya dengan sekali mendengar saja.

Tapi Cucak ijo (CI) juga mempunyai kelemahan, burung ini cepat sekali merekam bunyi tapi juga cepat melupakannya, atau mungkin lebih tepatnya cepat bosan.

Cara merawat Cucak ijo (CI) supaya cepat gacor termasuk gampang-gampang susah alasannya yaitu burung ini mempunyai abjad yang unik, Cucak ijo yaitu burung yang semaunya sendiri, karakternya susah ditebak.
Agar cepat gacor, Cucak ijo (CI) memerlukan perlakuan khusus, kita sebagai pemiliknya harus memahami kemauan dari Cucak ijo ysng kita rawat.

Merawat Cucak ijo (CI) supaya cepat gacor dimulai dari sumbangan pakan yang berkualitas dan tentunya yang disukai oleh Cucak ijo.

Pakan utama Cucak ijo (CI) yaitu buah-buahan sebagai pakan utama dan serangga sebagi pakan tambahan. Setiap pagi ganti buah dengan yang baru, variasikan menunya supaya Cucak ijo tidak bosan.

Variasai hidangan buah untuk Cucak ijo (CI):

1. Pisang
Sebelum diberikan pada Cucak ijo (CI), terlebih dulu permukaan pisang diolesi dengan madu murni, keuntungannya untuk menambah stamina Cucak ijo.

2. Pepaya
Pilih buah pepaya yang sudah benar-benar matang supaya praktis dikonsumsi oleh Cucak ijo (CI), basuh dulu sebelum diberikan supaya getahnya hilang.

Pepaya sangat manis untuk metabolisme badan dan kanal pencernaan Cucak ijo (CI), kandungan vitamin C yang tinggi pada pepaya sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran Cucak ijo.

Berikan porsi pepaya lebih banyak pada ketika Cucak ijo (CI) mengalami over birahi (OB) hingga kondisinya normal kembali gres diberikan buah-buahan yang lain, alasannya yaitu pepaya juga bermanfaat untuk menurunkan birahi Cucak ijo.

3. Apel
Pilih buah apel yang berwarna merah alasannya yaitu tekstur buahnya lebih lunak dan lebih praktis dikonsumsi oleh Cucak ijo (CI).
Apel bermanfaat untuk menaikkan birahi Cucak ijo dan juga untuk menjaga kondisi fisik Cucak ijo supaya lebih fit dan tidak praktis terjangkit penyakit.

4. Jambu biji
Pilih jambu biji yang warna dagingnya merah dan yang sudah matang tepat supaya praktis dikonsumsi oleh Cucak ijo (CI).
Jambu biji bermanfaat untuk melegakan tenggorokan Cucak ijo sehingga akan lebih rajin berkicau. Selain itu kandungan vitamin C nya juga tinggi dan sangat baik untuk vitalitas Cucak ijo.

5. Sawo
Cucak ijo (CI) juga menyukai buah sawo alasannya yaitu rasanya sangat manis, kandungan gula yang tinggi pada buah sawo bermanfaat untuk menambah power Cucak ijo.
Agar cepat gacor, Cucak ijo juga harus diberikan pakan tambahan atau Ekstra fooding (EF) untuk menyuplai kebutuhan proteinnya.

Menu Ekstra fooding (EF) untuk Cucak ijo (CI):

1.Jangkrik
Jangkrik yaitu penyuplai kebutuhan protein yang paling utama bagi Cucak ijo (CI). Berikan jangkrik setiap pagi dan sore dengan porsi sesuai kebiasaan. Untuk standarnya bisa diberikan 3/3 pagi/sore, bisa ditambah atau dikurangi sesuai dengan abjad dari masing-masing individu Cucak ijo.
Jangan memperlihatkan jangkrik secara hiperbola pada Cucak ijo (CI) alasannya yaitu bisa menyebabkan over birahi (OB), berikan saja secukupnya untuk menjaga stamina dan vitalitas Cucak ijo.

2. Kroto
Kroto sangat ampuh untuk mendongkrak birahi Cucak ijo (CI), berikan kroto cukup seminggu 1x saja dengan porsi 1 cepuk.
Pemberian kroto bisa dikombinasikan dengan apel supaya Cucak ijo lebih ngotot ketika berkicau.

3.Ulat hongkong (UH)
Berikan ulat hongkong (UH) pada ketika cuaca hambar saja untuk menghangatkan badan Cucak ijo (CI), dan pada ketika sedang dalam masa mabung untuk membantu mempercepat rontoknya bulu-bulu Cucak ijo. Pemberian ulat hongkong (UH) pada ketika cuaca panas bisa menyebabkan over birahi (OB) dan bisa menciptakan bulu-bulu Cucak ijo rontok jika porsinya terlalu banyak.
Selain buah dan ekstra fooding, Cucak ijo (CI) juga memerlukan tambahan khusus supaya cepat gacor dan ngentrok.

Jamu khusus untuk Cucak ijo (CI):

Madu
Gunakan madu murni, campurkan dengan air hangat, taruh dicepuk kecil kemudian berikan pada Cucak ijo (CI), air minum tetap diberikan alasannya yaitu adonan air dan madu hanya berfungsi sebagai tambahan saja.
Campuran air dan madu ini cukup diberikan seminggu 1x.
Gula asam
Rebus buah asam jawa dengan sedikit air, campur dengan gula merah (gula jawa), sesudah larut dinginkan dulu dan taruh dalam cepuk kecil kemudian berikan pada Cucak ijo.
Berikan ramuan gula asam ini seminggu 1x.
Selain pakan dan tambahan Cucak ijo (CI) juga perlu mendapat perawatan yang lain supaya cepat gacor, seperti:
Pengembunan, mandi, jemur, pemasteran dan umbaran
Pengembunan
Embunkan Cucak ijo (CI) setiap pagi tapi jangan dibangunkan, biarkan bangkit sendiri gres gantang diluar rumah supaya menghirup udara segar dan terkena sinar Matahari pagi.
Mandi
Setelah jam 07.00 pagi Cucak ijo (CI) dimandikan, sediakan cepuk besar untuk mandi didalam kandangnya, lebih baik lagi jika Cucak ijo dibiasakan mandi dikeramba supaya lebih leluasa. Biarkan Cucak ijo mandi hingga puas, sambil menunggu simpulan mandi, kandangnya dibersihkan, ganti pakan dan air minumnya dengan yang baru.
Jemur
Setelah simpulan mandi, Cucak ijo (CI) di angin-anginkan dulu hingga bulu-bulunya kering, berikan jangkrik sesuai porsi hariannya. Setelah semua bulunya kering gres dijemur selama 1-2 jam, pakan dan air minumnya tetap diberikan supaya Cucak ijo tidak lemas alasannya yaitu kelaparan dan dehidrasi.
Setelah simpulan dijemur, gantang Cucak ijo (CI) ditempat yang tenang, jauhkan dari burung-burung lain, tapi jika tempatnya tidak memungkinkan untuk dijauhkan dari burung-butung lainnys, usahakan daerah gantangannya dibentuk paling tinggi dari burung-burung lainnya supaya Cucak ijo merasa yang paling mayoritas di antara yang lainnya.

Pemasteran
Cucak ijo (CI) sangat praktis untuk dimaster, burung ini bisa dengan cepat merekam suara-suara yang sering didengarnya, walapun hanya memakai perangkat Mp3 player, Cucak ijo bisa merekamnya dengan cepat dan fasih, apalagi jika memakai masteran burung orisinil maka jadinya akan lebih maksimal.
Kalau kita memaster Cucak ijo (CI) dengan bunyi Mp3, atur volumenya supaya jangan terlalu keras, cukup terdengar sayup-sayup tapi terang intonasinya.
Kalau kita memakai burung masteran sebaiknya jangan digantang terlalu dekat, usahakan supaya Cucak ijo tidak melihat burung masterannya, cukup mendengar suaranya saja.
Tapi dibalik kecerdasannya yang luar biasa dalam merekam suara-suara yang didengarnya, Cucak ijo (CI) juga mempunyai kelemahan yaitu praktis melupakan bunyi yang sudah pernah direkamnya jika bunyi tersebut tidak pernah didengarnya lagi dalam waktu yang cukup lama.
Untuk mempertahankan bunyi isian yang sudah masuk supaya tidak hilang, caranya dengan sering memperdengarkan bunyi isian tersebut pada Cucak ijo (CI) atau dengan cara menggandengnya setiap hari dengan burung masterannya supaya Cucak ijo terus ingat dengan bunyi isian tersebut.
Memelihara Cucak ijo (CI) tidak akan pernah membosankan alasannya yaitu materi lagunya bisa diganti-ganti sesuai impian kita.

Pengumbaran
Pengumbaran sangat bermanfaat untuk melatih stamina Cucak ijo (CI), apalagi untuk Cucak ijo lomba yang dituntut harus mempunyai stamina yang prima untuk bertanding menghadapi lawan-lawannya diarena lomba.
Pengumbaran juga bermanfaat sebagai sarana refreshing bagi Cucsk ijo (CI) supaya tidak stres. Manfaat lainnya dari pengumbaran yaitu untuk mengurangi kondisi over birahi (OB) pada Cucak ijo.

Usahakan untuk menempatkan sangkar umbaran ditempat yang damai dan nyaman dengan banyak pepohonan disekitarnya dan bunyi gemericik air supaya Cucak ijo (CI) merasa senang. Kondisikan Cucak ijo supaya merasa menyerupai sedang berada dihabitat aslinya. Bisa juga dicas dengan Cucak ijo  betina dikandang terpisah untuk menghiburnya.

Merawat Cucak ijo (CI) harus dengan sepenuh hati, pahami abjad dan kemauannya supaya Cucak ijo kesayangan kita merasa nyaman dan bisa membanggakan kita nantinya.

Demikian sedikit informasi perihal cara merawat Cucak ijo (CI) supaya cepat gacor. Untuk informasi lain seputar Cucak ijo (CI), sanggup dibaca pada artikel yang lain. Cucak ijo (CI)

Lihat Juga yang di bawah Ini  : 

Download Kicau burung cucak ijo betina

loading...

Archive