Decu Belang Si Kacer Mini Yang Menawan

Decu belang atau pied bush-cat (Saxicola caprata) yaitu jenis burung yang di kalangan kicaumania lebih dikenal sebagai kacer mini. Penampilannya memang seolah-olah kacer hitam namun mempunyai ukuran badan yang jauh lebih kecil (13 cm). Meskipun bertubuh kecil namun decu belang punya bunyi yang nyaring. 


Decu belang jantan dan betina dapat dibedakan dari penampilan dan warna bulunya. Burung jantan mempunyai bulu-bulu keseluruhan berwarna hitam kecuali tungging, garis sayap dan perut bab bawahnya berwarna putih. Decu betina mempunyai badan berwarna coklat dengan tunggir merah-bata, sedangkan untuk burung yang masih muda umumnya berbintik-bintik coklat.

Ada 16 ras decu belang yang tersebar secara global di seluruh dunia, beberapa di antaranya tersebar di wilayah Indonesia yaitu di Jawa, Sulawesi, Sunda kecil dan Papua. Burung ini umum ditemukan di perkampungan terbuka, terutama di kawasan yang agak kering. Menghuni dataran rendah hingga ketinggian 2400 mdpl. 


Decu belang sering terlihat bertengger di semak-semak, batu, tiang maupun kabel-kabel yang membentang. Ekornya sering ditegakkan bila sedang berkicau atau merasa gelisah. Makanan utamanya yaitu serangga- serangga kecil. Sering juga terlihat terbang menggelepar mengejar serangga. 

Musim kawin umumnya berlangsung antara bulan April hingga bulan Desember. Setelah menemukan pasangannya, mereka akan membangun sarang yang berbentuk cawan dari belahan rumput yang dilapisi degan serat-serat akar halus.

Sarang biasanya diletakkan pada garukan tanah di bawah lindungan rumpun/berkas rumput, lebih umum ditempatkan pada tanah yang miring. Telur berjumlah dua - empat butir yang berwarna biru keputih-putihan berbintik merah jambu. 

Suara decu belang cukup menarik untuk didengarkan, paduan antara bunyi alami dengan bunyi ngeriwik yang biasanya dipenuhi oleh suara-suara burung lain.
loading...

Archive