Mengatasi Sayap Burung Yang Turun Sebelah

Suaraburungkicau.com - Banyak problem yang bisa menimpa burung peliharaan, salah satunya ialah burung yang selalu menurunkan salah satu atau kedua sayapnya atau dikenal dengan "sayap nyengklek". 

Dalam kondisi tersebut sayap burung nampak tidak normal, dan biasanya ditandai pula dengan burung yang lebih banyak membisu dan tidak selincah biasa. Lalu apa yang menyebabkan sayap burung  nyeklek atau turun, mari kita cari tahu penyebabnya.
sayap kacer naik turun sebelah
sayap kacer naik turun sebelah via youtube.com
Sebelum memvonis problem yang menyebabkan salah satu atau kedua sayap burung turun, ada baiknya kita mengenali terlebih dahulu bagaimana sikap burung saat sedang mengalami kondisi sayap turun. 

Alasannya ialah dari situlah kita bisa mengetahui apa yang tengah terjadi dan apa menimpa burung tersebut. Karena banyak kasus penggemar burung yang membiarkan kondisi burungnya turun sayap itu karena menganggapnya hanya cedera ringan sahaja, padahal sebenarnya burung tersebut tengah menderita penyakit yang bisa membahayakanya kalau dibiarkan tanpa segera di atasi.

Mengatasi Sayap Burung Yang Turun Sebelah nyeklek

Saat burung mengalami problem menurunkan salah satu atau kedua sayapnya itu bisa di pahami dengan memperhatikan beberapa kondisi di bawah ini.
  • Burung menurunkan sayapnya tapi masih tetap berakitivitas sebagaimana biasana, contohnya masih bisa mengepak-ngepakkan sayap. Hal itu biasanya terjadi saat burung tersebut akan mulai mabung atau alasannya ialah cedera ringan semisal sayap yang memar/terluka atau keseleo mungkin sebab terbentur benda di dalam kandang. Sangkar pernah jatuh ke tenah, dan semisalnya.
  • Burung menurunkan salah satu sayapnya dengan disertai bulu yang mengembang, dan jarang melaksanakan aktivitasnya dengan kondisi sayap yang terlalu lemah digerakkan. Umumnya burung memperlihatkan sikap tersebut karena merasa sakit dengan kondisi yang dialaminya sehingga berusaha menenangkan dirinya dengan cara menyebarkan bulu-bulunya untuk mengkondisikan tubuhnya menjadi hangat. Masalah itu umumnya terjadi supaya sendi atau sayap burung yang patah, atau bisa juga merupakan salah satu pengaruh dari penyakit yang tengah di deritanya contohnya Koksidiosis atau lainnya.
  • Burung yang menurunkan salah satu atau kedua sayapnya dengan disertai bulu yang mengembang namun masih bisa beraktivitas menyerupai biasa. Biasanya hal tersebut terjadi akhir burung kekurangan vitamin atau menderita kista bulu, atau terdapat abuh pada kepingan pangkal sayapnya. Nah, sehabis memperhatikan beberapa sikap burung tersebut kita bisa memperlihatkan penanganan yang lebih lanjut, terutama yang menyangkut problem gizi, penyakit, atau infeksi.

Akan tetapi, meskipun penyebabnya telah diketahui namun ada kalanya kondisi tersebut tidak bisa disembuhkan, kecuali beberapa kondisi yang meringankan dan didukung oleh perawatan yang sempurna contohnya sayap yang nyengklek sbb keseleo, memar, atau luka ringan.

Beberapa tindakan yang bisa dilakukan sebagai bentuk pertolongan pertama saat mendapati burung sering menurunkan salah satu atau kedua sayapnya adalah:


Jika sayap burung sering diturunkan akhir adanya cedera semisal keseleo, memar, atau patah kaki maka bisa diberikan penanganan lebih lanjut dengan cara memperlihatkan perban atau menempatkan sayap yang nyengklek tersebut kembali pada posisinya semula dengan cara di ikat.



Memperbaiki contoh perawatan yang diberikan pada burung tersebut, terutama dari segi kontribusi pakan yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan. Pemberian suplemen/vitamin dengan rutin selama perawatannya bisa membantu mengatasi kondisi burung yang lemah dan tidak bisa mengangkat salah satu atau kedua sayapnya.

Memberikan obat-obatan yang baik terutama saat burung didiagnosa terkena penyakit semisal koksidiosis yang salah satu dampaknya ialah burung yang selalu menurunkan satu atau kedua sayapnya.


Meski sebagian hasil kesannya rata-rata tidak berhasil memperbaiki kondisi sayap burung atau dengan kata lain burung sudah sembuh tapi dengan kondisi sayap yang tetap turun, namun hal itu tidak akan mengurangi penampilan burung baik sebagai burung klangenan atau saat burung dilombakan.

Namun dengan selalu menjaga kondisi burung, maka insya alloh kondisinya bisa kembali membaik.

Baca Juga : 
  1. Cara Mengatasi Anis Kembang Macet Bunyi
  2. Cara Efektif Mengatasi Kenari Yang Hanya Ngriwik
  3. Cara Mengatasi Anis Kembang Macet Bunyi


loading...

Archive