Mengenal Lebih Bersahabat Cucak Hijau Mini

Cucak hijau mini atau cica daun kecil yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Lesser green leafbird (Chloropsis cyanopogon) yaitu spesies burung dari keluarga Chloropseidae. Cucak hijau mini mempunyai kekerabatan dengan cica daun besar atau terkenal disebut cucak hijau.


Berbeda dengan cica daun besar, cucak hijau mini mempunyai ukuran badan yang jauh lebih kecil dan hampir sama dengan ukuran cucak ranting yaitu sekitar 17 cm panjangnya. Karena ukurannya yang kecil itu banyak orang menyebut burung cucak hijau mini sebagai cucak ranting meski bersama-sama penampilannya jauh berbeda dari cucak ranting.

Penampilan burung cucak hijau mini hampir sama persis dengan penampilan burung cucak hijau besar, yang membedakan hanya ukurannya saja serta tidak adanya bercak biru pada sayap. Bulu-bulunya di dominasi warna hijau muda dan gelap. 

Membedakan cucak hijau mini jantan dan betina sanggup dilakukan dengan melihat penampilannya, cucak hijau mini jantan mempunyai bercak kuning pada bab sisi tubuhnya dengan tenggorokan berwarna hitam menyerupai topeng, sedangkan burung betina mempunyai tenggorokan hijau bukannya kuning. 
Cucak hijau mini atau cica daun kecil yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Lesser gree Mengenal lebih erat Cucak Hijau mini 
Cucak ijo mini jantan (kiri) dan cucak ijo mini betina 

Terdapat dua sub-spesies dari cucak hijau mini dengan penyebarannya masing-masing, yaitu: 
  • Chloropsis cyanopogon cyanopogon yang tersebar di Semenanjung Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan.
  • Chloropsis cyanopogon septentrionalis yang tersebar di Myanmar, Thailand, dan Semenanjung Malaysia bab utara. 

Habitat burung cucak hijau mini berada di dataran rendah sampai ketinggian 700 meter di atas permukaan laut, sama menyerupai kebiasaan dari cica daun yang lainnya yang menyukai hutan-hutan primer dan sekunder yang tinggi. 

Makanannya yaitu antropoda, buah-buahan dan terkadang nektar bunga. Sering juga terlihat berburu serangga yang hinggap dan melekat di dedaunan.  

Suaranya, cukup bervariasi bahkan cucak hijau mini sanggup menggandakan bermacam-macam bunyi kicauan burung jenis lainnya hanya saja dan dibawakan dengan bunyi yang nyaring. Semakin seringnya burung cucak hijau mini diburu dan ditangkapi untuk dijual di pasar-pasar burung , menciptakan keberadaan spesies burung ini semakin terancam. 

Selain itu habitatnya yang terusik oleh alih fungsi hutan pun menjadikan spesies cucak hijau mini menyandang status Hampir Terancam (NT).
loading...

Archive