Mengenal Perkutut Mutiara Dari Australia Yang Bersuara Lembut

Selain perkutut lokal dan perkutut bangkok, di pasaran terkadang kita sanggup menemukan jenis burung perkutut yang mempunyai penampilan berbeda dari yang biasanya. Oleh para pedagang burung tersebut dinamai perkutut mutiara atau perkutut australia. Seperti apa penampilannya, mari kita simak perkutut mutiara dari australia yang bersuara lembut berikut ini. 

Selain perkutut lokal dan perkutut bangkok Mengenal Perkutut Mutiara dari Australia yang bersuara lembut


Dalam bahasa Inggris, jenis perkutut ini dikenal dengan nama Diamond dove (Geopelia cuneata) yang termasuk dalam marga Geopelia. Perkutut dengan warna yang bagus ini merupakan burung orisinil Australia yang digemari di sejumlah negara Eropa semenjak periode ke-19. Sejak dahulu, perkutut ini menjadi buruan para penangkar untuk menghasilkan warna-warna baru. Bahkan hingga kini sudah ada 27 jenis warna gres yang merupakan hasil pengembangan jenis perkutut ini.

Perkutut mutiara atau perkutut australia ini dikenal sebagai jenis perkutut yang mempunyai badan paling kecil dari jenis perkutut lainnya yang ada di dunia. Panjang tubuhnya sekitar 19-20 cm dengan berat sekitar 23-32 gram. 

Membedakan jantan betina perkutut australia 


  • Membedakan jantan betina perkutut australia sanggup dilakukan dengan mengamati fisik dan warna bulunya. Secara umum, ada beberapa ciri-ciri yang sanggup membedakan jenis kelamin mereka, yaitu:
  • Warna bulu yang terdapat di bab kepalanya, di mana burung jantan mempunyai warna yang lebih terperinci dari betina.
  • Ketebalan bulat mata, yang jika diamati pada burung jantan bulat atau
cincin matanya terlihat lebih tebal dan lebih besar dibandingkan yang terdapat pada burung betina.

  • Memperhatikan warna bulu, warna bulu di leher dan punggung dari burung betina tampak lebih kecoklatan ketimbang burung jantan yang mempunyai warna lebih terang.

  • Perawatan perkutut australia 

    Perawatan harian perkutut mutiara atau perkutut australia tidak jauh berbeda dengan perkutut biasa. Pakan yang diberikan berupa adonan gabah, beras merah dan biji-bijian. Selain itu sediakan pula tulang sotong dan grit untuk membantu pencernaannya. Air putih higienis harus selalu tersedia setiap harinya, dan  rutin menjaga kebersihan sangkarnya. 


    Lingkaran mata jantan (kiri) tampak lebih tebal dari burung betina


    Memandikan perkutut autralia sanggup dilakukan dengan cara mandi semprot atau dimandikan dengan cara dipegang. Mandi dengan cara tersebut sanggup membantu mempercepat proses penjinakkannya. Penjemuran dilakukan seperlunya saja, mengingat jenis perkutut ini sangat menyukai kawasan yang teduh. 

    Baca Juga : 


    5 Jenis Perkutut Bertuah Jawa Mitos Dan Keberkahan

    loading...

    Archive