Niltava Sumatera, Burung Sikatan Nan Manis Dari Hutan Sumatera

Niltava yakni homogen burung dari keluarga sikatan yang mempunyai penampilan seolah-olah burung tledekan. Di Indonesia ada dua spesies burung niltava yang bisa ditemukan, yaitu niltava kumbang-padi dan niltava sumatera yang mempunyai penyebaran terbatas di Pulau Sumatera.

Niltava yakni homogen burung dari keluarga sikatan yang mempunyai penampilan seolah-olah burung Niltava Sumatera, burung sikatan nan bagus dari hutan Sumatera

Penampilan burung niltava sumatera seolah-olah sekali dengan tledekan gunung. Tubuhnya berukuran 15cm dengan wajah gelap, badan bab atas biru bau tanah dan biru mengkilap pada bagia mahkotanya.


Burung betina bisa dibedakan dari penampilan dan warna bulunya. Tubuhnya didominasi bulu berwarna kecoklatan dengan garis putih sempit pada bab tenggorokan dan bercak biru di bab bahunya.


Niltava sumatera jantan (kiri) dan betina 


Niltava sumatera umum dijumpai di hutan-hutan di Sumatera, terutama di puncak Gunung Kerinci yang merupakan batas selatan dari penyebarannya. Mereka umum terlihat sendirian dan banyak menghuni tumbuhan paling bawah yang rimbun serta di lapisan tengah dari hutan rimbun di pedalaman pegunungan. 

Suaranya jikalau didengarkan seolah-olah sekali dengan bunyi burung tledekan bahari ataupun selendang biru, namun belum ada warta aksesori apakah spesies burung ini bisa menirukan bunyi lainnya sebagaimana halnya tledekan gunung yang pandai berkicau itu. 


loading...

Archive