Perawatan Anis Merah

Anis merah (AM) atau punglor merah sering juga disebut Anis bata ialah burung yang cukup terkenal dikalangan pecinta burung kicau. Ciri khas burung ini ialah gaya telernya yang unik dikala berkicau.

Anis merah (AM) tidak hanya sanggup ditemukan di Indonesia saja, tetapi juga di banyak Negara lain di Asia. Di Indonesia sendiri Anis merah banyak terdapat di Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan Bali.

Agar Anis merah (AM) sanggup gacor dan teler, maka kita harus memeilih yang berjenis kelamin jantan. Ciri- ciri Anis merah jantan sanggup dilihat dari postur tubuh yang panjang serasi, ekor lebih panjang, tulang supit keras dan lebih rapat, warna bulu lebih tegas/kontras, paruh berwarna lebih gelap, warna bulu dibawah paruh penggalan bawah lebih pudar, mata besar melotot dengan sorot mata tajam, bentuk kepala lebih besar dan lebih lincah bergerak.

Ciri-ciri materi Anis merah (AM) yang bagus:

• Sebaiknya pilih Anis merah (AM) dengan bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang, serta paruh penggalan bawah harus lurus.

• Pilihlah Anis merah (AM) yang berpostur sedang dengan leher yang panjang dan bentuk badan, ekor, serta kaki proporsional.

• Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram berpengaruh pada tangkringan.

• Lincah dan nafsu makannya besar.

Perawatan harian Anis merah (AM):

• Kandang

Anis merah (AM) sanggup dipelihara dalam sangkar bundar khusus untuk Anis merah supaya lebih sesuai, sanggup juga dengan sangkar kotak supaya sanggup leluasa bergerak. Bersihkan kandangnya setiap hari supaya Anis merah merasa nyaman dan terhindar dari serangan penyakit.

Untuk  tenggeran/tangkringan sanggup memakai kayu asam atau kayu lain yang banyak dijual di toko burung dengan diameter sekitar 1,5 cm.

Untuk perawatan harian, Anis merah (AM) tidak perlu dikerodong, cukup dikerodong pada malam hari supaya tidak kedinginan.

• Pakan

Berikan pakan dengan hidangan yang variatif untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, vitamin, dan mineral Anis merah (AM). Pakan yang bagus, selain lengkap nutrisinya ibarat protein, karbohidrat, juga harus lengkap kandungan vitaminnya. Selain itu, juga harus mengandung zat esensial.

Adapun jenis pakan yang sesuai untuk Anis merah (AM) antara lain:

- Voer

Sebaiknya pilih yang berkadar protein sedang yaitu: 12%-18%, sebab belum tentu Voer yang berharga mahal akan cocok dengan sistem metabolisme setiap burung. Voer harus selalu tersedia didalam cepuknya, dan ganti dengan yang gres setiap dua hari sekali.

- Buah

Burung ini sangat menyukai buah-buahan seperti: Pepaya, Pisang Kepok Putih, Apel, Pir, Tomat dan beberapa buah lainnya. Sebaiknya perbanyak sumbangan buah Pepaya, sebab buah Pepaya mengandung vitamin C yang tinggi sehingga sanggup membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anis merah (AM). Disamping itu, buah Pepaya juga sangat gampang dicerna dan sangat cocok dengan sistem metabolisme rata-rata burung pemakan buah.

- Extra fooding (EF)

Pakan pelengkap yang sangat baik untuk Anis merah (AM) antara lain: Jangkrik, Orong-orong, Kroto, Cacing, Ulat Hongkong, Ulat Bambu, Kelabang, Belalang dan lainnya.

Pemberian Ekstra fooding (EF) harus diadaptasi dengan aksara dari masing-masing burung dan juga harus mengetahui dengan niscaya dampak dari pemberiannya Ekstra fooding (EF) tersebut terhadap burung yang kita rawat.

• Pengembunan

Embunkan Anis merah (AM) setiap hari mulai jam 05.00 pagi untuk menghirup udara segar dan menikmati suasana pagi supaya terpancing untuk ngeplong.

• Mandi

Setelah jam 07.00 pagi, mandikan Anis merah (AM).

• Jemur

Setelah akibat mandi, angin-anginkan dulu hingga bulu-bulunya kering gres kemudian dijemur selama 1-2 jam rutin setiap hari.

Perawatan untuk Anis merah (AM) tidak berbeda jauh dengan perawatan burung kicau jenis lainnya, kunci keberhasilannya ialah rutin dan konsisten.

Porsi sumbangan pakan dan ekstra fooding (EF) harian untuk Anis merah (AM):

• Berikan jangkrik 5/5 pagi/sore.
• Kroto segar diberikan 1 sendok teh 2x seminggu, sebaiknya diberikan pada pagi hari sesudah dijemur.
• Cacing diberikan 2 ekor 1x seminggu.
• Buah Segar diberikan rutin setiap hari dan variasikan menunya.
• Berikan Multivitamin yang dicampur pada air minumnya seminggu sekali.

Demikian sedikit isu ihwal perawatan Anis Merah (AM). Untuk isu lain seputar Anis Merah (AM), sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Anis Merah (AM)
loading...

Archive