Tips Melatih Mental Burung Cucak Ijo


Pelatihan mental burung cucak ijo memang sangat penting dilakukan, kenapa? Karena burung yang mentalnya tidak baik, hanya akan mengeluarkan kicauannya ketika sedang sendiri atau kondisi sekitar sepi. Kaprikornus disaat ada orang di dekatnya maka sang burung akan diam seribu bahasa. Kondisi menyerupai ini tentu tidak kita harapkan, apalagi bila tujuan memelihara burung cucak ijo sebab ingin di ikut sertakan dalam perlombaan.


Pelatihan mental burung cucak ijo memang sangat penting dilakukan Tips Melatih Mental Burung Cucak Ijo


Burung cucak ijo memang dikenal sebagai jenis burung yang sulit untuk dijinakkan, apalagi bila burung tersebut hasil dari tangkapan hutan. Akan tetapi ada nilai lebih dari burung yang berprilaku giras dan garang yaitu umumnya akan mengeluarkan bunyi yang keras dan lepas, berbeda dengan burung yang jinak sebab dirawat dari piyik. Akan tetapi bunyi keras pada burung akan lebih baik bila dibarengi dengan kondisi mental yang bagus. Hal inilah yang juga perlu diperhatikan para pemelihara.


Bagaimana Cara Melatih Mental Cucak Ijo


Burung berkicau yang mempunyai mental cantik tentu akan mempermudah kita untuk melatihnya. Kondisi mental yang baik juga tidak akan mempengaruhi sikap burung meskipun suasana sekitar dalam keadaan ramai dan bising. Lain halnya dengan burung yang bermental tidak baik, mereka akan gampang sekali terpengaruh dengan keadaan sekitarnya. Meskipun burung yang bermental tidak baik mempunyai bunyi yang keras dan irama yang bervariasi, kemungkinan besar akan diam ketika lingkungan sekitar ramai. Kondisi burung yang menyerupai ini tentu akan tidak baik untuk di ikutkan dalam perlombaan.

Untuk memperbaiki mental cucak ijo maka diharapkan pelatihan, antara lain yang dapat dilakukan untuk melatih kekuatan mentalnya adalah:

  • Sering lakukan penggantian kandang (bertujuan biar burung terbiasa dengan suasana baru)
  • Memindah-mindahkan daerah gantangan (untuk membiasakan perubahan kondisi lingkungan)
  • Gantang di daerah ramai (agar burung tidak takut keramaian)
  • Bawa ke daerah latihan (agar burung terbiasa bersama dengan burung lainnya)
  • Perdengarkan bunyi burung cucak ijo jantan lainnya (selain bermanfaat untuk memancing bunyi juga dapat menciptakan mental burung bertambah)
Itulah cara yang perlu dilakukan untuk melatih mental burung cucak ijo, jangan lupa untuk melaksanakan perawatan lainnya menyerupai mandi dan penjemuran setiap hari.
loading...

Archive