Tips Menentukan Jalak Bakalan Di Sangkar Ombyokan

Di pasaran banyak dijual burung jenis jalak dalam sangkar ombyokan, dan bila kita kepincut ingin membelinya tentu harus faham terlebih dahulu kriteria burung bakalan yang dianggap bagus. Tips menentukan jalak bakalan di sangkar ombyokan berikut ini mungkin dapat sedikit membantu dalam pemilihan jalak yang anggun untuk kicauan. 

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan dikala anda hendak membeli burung bakalan jenis jalak, baik itu jalak suren, nias atau jalak kerbau. 

Beberapa hal tersebut antara lain: 

Ciri-ciri fisik.

 
Saat berada di pasar burung atau dikala hendak menentukan burung jalak dalam sangkar ombyokan maupun terpisah, pilihlah burung yang mempunyai bentuk badan bundar memanjang. 

Karena ciri-ciri tersebut umumnya dimiliki oleh jalak yang berjenis kelamin jantan, bentuk badan betina rata-rata bundar dan pendek. Begitu pula ketika badan jalak tersebut kita pegang, maka akan terasa berat dan berisi. 
 
Selain itu pilih jalak yang mempunyai bentuk kepala agak lebar, ceper dan tidak lebar. serta berparuh panjang.  Perhatikan pula kebersihan dan kesehatan bulu-bulunya, jangan menentukan burung yang berbulu kusam atau gampang kusut, alasannya burung tersebut biasanya berada dalam kondisi yang kurang baik.  Untuk memudahkan perawatan, sebaiknya pilih burung yang masih berusia sangat muda.
 
Suara kicauan. 
  
Pilih burung yang mempunyai bunyi tebal dan sering mengeluarkan bunyi terutama pada waktu akan dan sedang di pegang.


Perilaku dan cara berdiri.


Pilih burung yang aktif, bangun tegap dengan kepala yang menengadah serta cengkeraman kaki yang berpengaruh dan tidak goyah ketika bertengger.  


Itulah beberapa tips menentukan jalak bakalan di sangkar ombyokan


Semoga manfaat
loading...

Archive