Tips Perawatan Anis Kembang Yang Macet

Tips perawatan untuk anis kembang ini bisa juga diaplikasikan ke burung anis merah anda yang macet bunyi, dengan pertimbangan bahwa kedua burung ini mempunyai huruf dan sifat yang sama dan tidak jauh berbeda.


Tetapi sebelum anda kecewa bila hasilnya ternyata tidak sesuai dengan impian oleh lantaran itu, sebaiknya yakinkan dahulu bahwa burung Anis Kembang ataupun Anis Merah anda yakni berjenis kelamin jantan dan setidaknya pernah bunyi, dalam kata lain burung memang sedang dalam kondisi macer bunyi dan bukan burng bahan.  karena tips yang saya berikan dibawah ini yakni untuk mengembalikan top form dari burung yang macet lantaran kurang kondisi atau Sebab lainnya.

Burung Anis Kembang ataupun Anis Merah yang macet bunyi ini bisa diberikan beberapa terapi menyerupai berikut

  • Burung Anis Kembang yang macet ini sebisa mungkin dijauhkan dari burung anis kembang betina dan juga burung lain apalagi yang gacor, dalam artian burung kita karantina dan simpan ditempat yang sejuk dan tenang. 
  • Berikan Makanan Tambahan menyerupai Jangkrik dengan porsi 3/4 saja Pagi dan Sore tergantung kemampuan burung. 
  • Pada pagi harinya sewaktu burung diembunkan , berikan cacing tanah satu ekor, dan pada pagi harinya berikan kroto segar satu sendok teh saja. 
  • Setelah pengembunan bisa diberikan mandi pagi kemudian diangin-anginkan sebentar kemudian dijemur dengan waktu tidak lebih dari setengah jam saja dan sehabis itu kembali digantung ditempat yang damai tadi, pada sore harinya burung anis kembang tersebut bisa dimandikan kembali bila cuaca mendukung, contohnya tidak hujan pada sore harinya. 
  • Buah segar diberikan setiap hari dengan, dan akan lebih manis bila buah-buahan tersebut dicampurkan dan disatukan dalam satu wadah makannya, contohnya dengan menampurkan irisan apel, pisang, jeruk, buah naga, pepaya, dan lain lain kedalam satu wadah sehingga protein tambahan dari buah-buahan tersebut bisa lebih bervariasi dibanding dengan memperlihatkan satu potong buah saja yang digantung.
  • Sering digoda untuk memancing birahi burung, contohnya dengan menjiplak bunyi burung betina atau memutar bunyi burung anis kembang betina. 
  • Salah satu tips yang sering kali berhasil yakni mengembunkan burung dengan cara menggantung kandang di dahan pohon rindang, bisa dihalaman rumah atau bisa juga dikebun tetangga ( hehehe) 
  • Berikan Mandi malam kemudian diangin-anginkan dan dikala diangin-anginkan tersebut burung bisa diberikan Cacing tanah satu ekor yang sudah dipotong tiga bagian. sehabis bulu kering burung bisa dikerodong kembali dan dibiarkan istirahat sampai pagi hari untuk kembali diembunkan.

Terapi dengan obat dan suplemen.

Terapi untuk anis kembang yang macet bunyi juga bisa dilakukan dengan memakai perhiasan tambahan atau vitamin khusus. berikut ini yakni beberapa perhiasan yang bisa dipakai untuk terapi burung anis kembang yang macet bunyi :
  • BirdTwitter : jika macet bunyi disebabkan gangguan pernafasan menyerupai serak. Kaprikornus sebelum macet bunyi, sudah terdengar bunyi serak dikala burung berkicau.
  • BirdShout : jika burung mengalami macet bunyi akhir kalah mental sehabis mengikuti lomba / latber, atau ditrek dengan anis kembang lainnya. Suplemen ini juga bisa mengatasi macet bunyi yang disertai dengan tanda-tanda suka turun tangkringan.
  • BirdMolt-Post : untuk burung yang macet bunyi sehabis mabung, biasanya disertai pula dengan tanda-tanda suka mengantuk, takut menghadapi burung lain.

Dengan perawatan yang teratur dan konsisten, burung anis kembang yang macet tersebut diyakini bisa kembali menuju Top Formnya dan balasannya bisa kembali bersuara lantang mengerollkan segala kemampuan dan isiannya untuk menyenangkan hati pemiliknya.

Demikian tips singkat ini semoga bisa bermanfaat untuk kicau mania yang mempunyai burung anis kembang yang kebetulan sedang macet atau hanya ngeriwik saja. 
loading...

Archive