5 Bisnis Di Bidang Burung Kicau

Berawal dari sebuah hobi lantas menjadi sebuah prestasi dan sukses menjadi ladang bisnis. Mungkin istilah tersebut dapat mewakili orang-orang sukses dalam dunia burung kicau. Tidak sedikit loh sob...para pecinta kicau yang pada awalnya hanya sekedar menyalurkan hobi lantas berlanjut menjadi pebisnis sukses. Meskipun tidak semua pecinta kicau melirik burung kicau sebagai bisnis, tetapi memang tak dapat dipungkiri bahwa burung kicau memang prospektif sebagai sebuah bisnis. entah itu hanya sebatas bisnis kecil-kecilan ataupun sebagai bisnis besar.

 Berawal dari sebuah hobi lantas menjadi sebuah prestasi dan sukses menjadi ladang bisnis 5 bisnis di bidang burung kicau

Sebut saja Om duto sang pemilik website Om kicau.com ataupun Om Iwan lippo yang sukses dengan penangkarannya. Bisnis mereka semakin hari semakin bersinar. Bahkan kini merambah ke bidang kicau yang semakin luas. Dari sini terang bahwa yang namanya hobi burung kicau, tidak dapat diartikan hanya sebatas memelihara dan mendengar kan kicau saja, tetapi lebih dari itu. Walaupun faktanya demikian kesenjangan dalam dunia burung kicau masih tetap sama. Tidak semua penghobi dapat mencicipi nikmat nya hobi kicau. Bahkan saya cukup prihatin kalau masih banyak penghobi yang punya banyak burung tetapi dalam hal ekonomi termasuk kekurangan. Buktinya saja para tukang pikat atau penjaring burung. Meskipun mereka ujung tombak dunia kicau, tetapi penghargaan terhadap kerja keras mereka sangatlah minim. Padahal tanpa mereka tak kan mungkin kita dapat memelihara burung. 

Faktor nya ialah pengetahuan yang rendah serta susukan isu yang minim. Para tukang pikat atau penjaring burung tak pernah tahu naik turun nya harga burung. Mereka juga tak pernah tahu burung yang sedang trend. Sedangkan rantai yang lebih tinggi, mereka hanya santai-santai dan mendapat banyak uang. Yang lebih memprihatinkan lagi ialah ketika kerusakan ekosistem alasannya perburuan burung secara brutal, niscaya yang disalahkan hanyalah tukang pikat dan para penjaring burung. Bukan kah regulasi kontes burung juga menentukan. Bukan kah aturan-aturan lomba juga menentukan, bukan kah para penjual juga ikut bertanggung jawab.

Terkait dengan hal tersebut, goresan pena ini di dedikasikan untuk para pelaku ujung tombak burung kicau. Berfungsi sebagai wahana membuatkan wacana bisnis kicau, dan membuka wawasan, bahwa intinya bisnis kicau itu luas dan tidak terbatas hanya berburu burung saja. 
1. Menjual Pakan burung racikan
Bisnis ini dapat dibilang termasuk kategori bisnis besar dan penghasil pundi-pundi uang paling terbesar dalam dunia burung. Jika sobat-sobat punya racikan pakan burung sendiri untuk menciptakan burung gacor, ini ketika nya sobat harus mencoba. Mungkin awal nya promosi dapat dimulai dari sekedar teman-teman bersahabat saja, sehabis cukup populer dan punya modal besar. mungkin sobat dapat berdiri pabrik pakan racikan untuk seluruh indonesia. Tidak ada yang mustahil selama kita mau berusaha. 

2. Bisnis Website atau blog burung kicau
Mengikuti jejak om kicau, ronggolawe, agrobur dan kicau mania yang sudah lebih dulu sukses. Mungkin kita juga dapat mencoba bisnis jenis ini. Terlebih lagi kalau sobat punya sedikit keterampilan terkait dengan dunia komputer dan internet. wah jadi tambah mendukung tuh.......om duto sendiri pernah memberi bocoran bahwa penghasilan salah satu website nya perbulan dapat mencapai 20-30 juta. wow fantastis bukan......sedangkan om duto punya banyak tuh.....ya sobat hitung sendiri lah kalo punya 10 website ibarat itu.

3. Membuka kios burung
Saya rasa ini sudah tidak absurd lagi sob....tapi ini layak dicoba loh. Kesalahan yang paling banyak terjadi ialah rasa takut yang hiperbola ketika ingin memulai. Terutama kalau stok burung cuma sedikit, takutnya gak laris atau aib sama pembeli. Padahal bahwasanya dalam bisnis ini justru bukan burung kunci sukses. Seorang sahabat bahkan ada yang jatuh gulung tikar alasannya terlalu banyak stok burung. Burung mati modal hilang, burung semakin bau tanah modal berkurang, burung terlalu banyak makan justru nanah biaya perawatan. Kunci dari bisnis kios burung ialah ketersediaan pakan burung. Karena transaksi jual beli yang paling sering terjadi ialah jual beli pakan. Meskipun namanya kios burung tetapi tetap saja sob.....fungsi burung disini hanyalah pemanis. So. tak perlu takut untuk memulai bisnis ini jikalau hambatan nya hanya burung saja. 

4. Bisnis jual beli online dan penangkaran
Nah ini ia nieh sob bisnis yang sedang trend. Seiring dengan perkembangan android serta dunia internet yang makin maju. Para pecinta kicau jadi makin mudah dalam jual beli burung. Bahkan kini sudah jarang pecinta kicau yang beli burung ke kios. Lebih lezat lewat online, Liat foto nya, lihat video nya, spesifikasi burung, tawar menawar deal jadi dehhhhhh  dapet duit. selain faktor mudah tentu faktor irit juga sob....harga burung jadi lebih kompetitif disini. tak salah kalau para pembeli lebih suka jalur online. Paling banyak bisnis ini digeluti oleh para penangkar burung.

5. Jasa perawatan dan penitipan burung kicau
Di kota-kota besar bisnis ini sangat menjanjikan sob. Para pemiliki burung menitipkan burung untuk dirawat dengan kesepakan yang telah dijanjikan sesuai dengan nilai jasa nya. Sebenarnya bisnis ini bukan bisnis baru, dahulu ketika belum ada bisnis ini. para pecinta kicau sering titip burung hanya untuk dimaster. Terutama kalau harus bepergian jauh tentu kita mengandalkan sahabat sesama hobi untuk merawatnya. Mungkin inilah cikal bakal lahir nya bisnis ini.

Semoga bermanfaat ya dan jangan takut sob....tak ada yang mustahil di dunia ini selama kita mau berusaha. wassalam.







loading...

Archive