Burung Macau Biru Emas




Deskripsi :
Burung macau ini mempunyai panjang badan sekitar 81,28-91,44 cm, berat tubuhnya sekitar 900- 1814 g, dan rentang sayapnya mencapai 104,14-114,3 cm. Bagian dorsal tubuhnya berwarna hijau, sedangkan bab ventral tubuhnya mempunyai warna kuning sampai oranye. Keningnya mempunyai warna hijau zaitun, leher, kaki dan paruhnya berwarna hitam, bulu bab wajah di belakang paruh dan sekitar mata berwarna putih dengan corak garis-garis berwarna hitam.

Perilaku : Hewan ini merupakan burung yang hidup berkelompok dan berpasangan. Pada umumnya mereka akan membentuk kawanan besar selama tinggal, dan membentuk kelompok kecil dikala mencari makan. Burung ini sangat sensitive dengan adanya tanda ancaman yang sanggup berupa gerakan, maupun suara. 

Reproduksi : Kematangan seksual burung macau jantan dan betina terjadi sesudah berumur 3 atau 4 tahun. Musim kawin terjadi terjadi dua tahun sekali. Burung betina bisa menghasilkan 2-3 butir telur dan di tempatkan di sarangnya ialah di pohon yang tinggi dan di lubang kayu yang telah dibentuk oleh binatang lain. Masa inkubasi telur-telurnya sekitar 28 hari, sesudah 3 bulan dari menetas maka anak (burung muda) akan mulai terbang dan hidup mandiri. 

Pakan : Hewan ini merupakan jenis satwa pemakan biji-bijian (frugivorus). Burung ini memakan aneka macam macam biji-bijian, menyerupai rumput, padi-padian, maupun buah-buahan.

Habitat : Macau biru emas hidup terutama di hutan hujan dan berawa, mereka menciptakan sarang di pohon yang sangat tinggi untuk menghindari predatornya. Burung ini tersebar di Amerika Selatan tempat Trinidad dan Venezuela, Peru, Brasil, Bolivia, dan Paraguay.
loading...

Archive