Cara Jualan Burung Kicau Melalui Facebook

Jualan burung kicau kini tidak lagi melulu harus di kios burung. Terlebih lagi dengan perkembangan periode digital menyerupai kini ini. Seseorang yang ingin membeli sesuatu, hanya perlu membuka ponsel dan terkoneksi dengan internet, pribadi deh pantau-pantau dapet deh barang nya.

Begitu pula dengan transakasi jual beli burung kicau. Dari sekian banyak media online, salah satu media yang cukup ampuh untuk bisnis jual beli burung kicau yakni facebook.

Jaringan facebook yang luas serta menyentuh banyak sekali lapisan masyarakat menciptakan media ini benar-benar dapat diandalkan. 

 Jualan burung kicau kini tidak lagi melulu harus di kios burung Cara Jualan burung kicau melalui facebook

Sayang nya hal ini belum dapat dimaksimalkan oleh para penggiat burung kicau. Bisa jadi alasannya yakni keterbatasan pengetahuan, kurang nya gosip atau media ponsel yang belum mendukung. Padahal jikalau hal ini benar-benar dapat di fungsikan, para penggiat burung kicau niscaya dapat meraih laba yang sepadan.

Seorang sobat bahkan tanpa kios burung dapat meraup ratusan ribu sampai jutaan rupiah dalam se bulan hanya bermodalkan ponsel dan media facebook. Padahal jikalau media ini benar-benar maksimal, maka harga jual burung kicau dapat kompetitif dan kejayaan burung kicau dapat terus meningkat.

Nah, bagi teman-teman yang ingin mencoba jualan burung kicau melalui facebook dapat mengikuti cara yang tertera di bawah ini.

1. Membuat akun facebook

Daftarkan diri sobat dengan mengisi seluruh form pendaftaran facebook yang tersedia. Cara nya yakni dengan masuk ke situs resmi facebook.com. Jika sobat sudah mempunyai akun facebook sobat dapat melewati step ini.

2. Bergabung dengan group jual beli lokal

Jika sobat sudah mempunyai akun facebook langkah selanjutnya yakni bergabung dengan group jual beli lokal. Misalnya anda tinggal di tempat kalimantan, sobat cari aja group-group jual beli burung kicau khusus untuk tempat kalimantan.

Cobalah untuk bergabung dengan group jual beli sebanyak mungkin. Semakin banyak semakin bagus, lakukan interaksi sebaik mungkin, entah itu sekedar like atau berkomentar. Dalam dunia facebook ada istilah edge of facebook , istilah ini maksudnya semakin banyak anda berinteraksi maka semakin besar postingan sobat ditampilkan dalam facebook.

Kalo anda jarang berinteraksi ya facebook juga males menampilkan postingan jual sobat. hal ini dikarenakan facebook memprioritaskan yang aktif ketimbang yang pasif. Jangan lupa untuk melaksanakan pertemanan dengan sesama member group. 

3. Ikuti hukum group

Masing-masing group punya hukum main tersendiri. Cobalah untuk mempelajarinya dengan baik dan mematuhi hukum tersebut. Beberapa group mungkin memperbolehkan metode lelang, tapi group lainnya mungkin tidak.

Ada group yang harus menyertakan spec burung yang dijual secara lengkap, ada juga yang bebas. So....pastikan sobat mengikuti hukum main yang ada. 

4. Bersikap bijak dan hati-hati

Seperti yang kita tahu bahwa facebook merupakan media sosial, setiap individu berinteraksi tanpa bertatap muka. Itupun dengan orang yang beraneka ragam dari banyak sekali latar belakang yang berbeda pula.

Sehingga Kemungkinan terjadinya salah paham juga besar. Bahkan tak jarang alasannya yakni salah omongan sedikit malah jadi bertengkar. Nah....disinilah perlunya bersikap bijak.

Sedangkan perilaku hati-hati perlu juga kita tanamkan. Soalnya ini media online sob......jangan alasannya yakni foto dan video nya cantik harganya juga murah, sobat pribadi buru-buru bayar. Pantau dulu barangnya, ajak sobat atau saudara.

Seandainya sreg gres deh dibayar. Hal ini berlaku juga untuk para penjual, sebisa mungkin tanamkan kepercayaan bahwa anda penjual yang baik, bila perlu kasih bonus dikit. entah itu cepuk makanan, tangkringan atau yang lainnya.

Dengan begitu kedepannya anda dapat terus laku manis. Gimana mau laku kalo jualannya pelit bener, tangkringan bekas aja pelitnya minta ampun. ha...ha...ha...ha.....ha...ha...ha. bahkan ada nieh sob, yang paling sering kita jumpai. ada penjual yang redaksi jual nya begini "dijual burung kacer gacor, gak usah banyak tanya, yang gak serius jauh-jauh, harga 1juta." 

ini kan lucu.....orang jualan kok gak boleh ditanya. Bahkan kesannya marah-marah jualannya.

Alhasil 

ya gak laku sob, boro-boro laku, di komen atau like aja kosong molompong. wkekekkekeke. padahal kadang-kadang justru berawal dari tanya-tanya itulah terjadinya transaksi jual beli. Kadang-kadang juga kita posting burung kacer, alasannya yakni tanya-tanya malah jadi ngobrol murai batu, hasilnya malah jadi beli kacer sama murai batu.

Nah ini nieh sob keuntungannya jadi penjual yang ramah. 

5. Membangun branding

Bicara branding ini bekerjsama cakupannya luas banget. cuma yang terperinci kunci nya yakni menjadi penjual sebaik mungkin, dan tanamkan kepercayaan pada pembeli anda.

Jangan lupa untuk terus memperluas jaringan anda, caranya dapat dengan menambah pertemanan, sekadar memperlihatkan komentar positif atau hanya sekedar membuatkan ilmu. 

6. Gaya SPG

Pernah lihat gaya SPG ponsel di mall-mall? disaat transaksi ponsel sudah deal biasanya si SPG nawarin memori, nawarin sarung ponsel lah, nawarin aksesoris, powerbank atau apadeh pokoknya si SPG nawarin aneka barang lainnya dengan impian transaksi untuk jenis item barang lainnya dapat terjadi.

Nah trik ini ternyata ampuh banget sob, ketika deal transaksi jual burung kicau, kita juga dapat tuh nawarin barang lainnya menyerupai kandang, cepuk makanan, ataupun voer untuk si pembeli. 

Akhir kata biar apa yang kita lakukan dapat menjadi berkah tersendiri, salam sukses selalu. biar bermanfaat ya.....

Jaya selalu pecinta kicau
loading...

Archive