Cara Melatih Burung Cepat Bisa Makan Voer

CARA MELATIH BURUNG PEMAKAN SERNGGA DAN BUAH  CEPAT DAPAT MAKAN VOER



Bagaimana Cara melatih burung cepat makan voer. Mengajari burung cepat sanggup makan voer yaitu salah satu tahapan penting dalam merawat burung. Berikut alasan mengapa burung harus cepat sanggup makan Voer. 



1. Burung yang sudah terbiasa makan voer biasanya  dibanderol lebih mahal daripada yang belum sanggup makan voer. Silahkan tanya ke penjual burung


2. Dengan mau mengkonsumsi voer, artinya burung anda bisa menyesuaikan diri dari masakan orisinil di habitatnya. Dan ini bukan tidak ada harganya. .


3. Pada kenyataannya sebab alasan harga dan lain hal, kita hanya sanggup membeli burung Bakalan [tangkapan hutan]. burung tangkapan hutan ini [terlebih yang masih dalam kondisi ombyokan] rata-rata belum mau ngevoer. Untuk itu mau tidak  mau kita harus mengajarinya.

4. Khususnya burung rumahan, voer yaitu makan yang vital. Sehingga kalau burung kita mau ngevoer, kita tidak akan kuatir kalau sewaktu-waktu burung kita harus ditinggal pergi barang sehari dua hari.

5. Banyak pelomba yang anti voer terutama Murai batu, Kacer, Cucak ijo sebab alasan performance, sehingga makanannya yaitu full EF. Tapi tidak sedikit juga pelomba yang lebih suka kalau burung mau ngevoer. Karena dengan masakan embel-embel voer [bukan full EF] mereka meyakini akan lebih simpel mengontrol tingkat birahi.

6. Alasan ekonomi dan ketersediaan EF. Anda masih ingat waktu-waktu bulan pahala dan Idulfitri kemarin? Harga kroto, jangkrik, UH, UK maupun EF yang lain melonjak gila-gilaan. Sudah mahalnya minta ampun, barangnya juga tidak tersedia di kios-kios burung. Untuk yang burungnya tidak mau ngevoer, hal ini tentu menjadi duduk kasus yang tidak kecil.



Berikut tahapan cara supaya burung bakalan cepat ngevoer :

-Burung Pemakan Serangga (MB, Kacer, Ciblek, Sulingan, dll)

1. Pada dikala anda memilih burung bakalan, anda harus yakin dgn melihat sendiri, bahwaburung bakalan yang akan anda beli mau memakan EF menyerupai jangkrik atau Ulat Hongkong pada dikala diberikan. Ini paling penting, sebab dari hal tsb, kita bisa yakin bahwa burung bakalan tsb mau makan dan tidak bermasalah dgn lisan dan pencernaannya.

Triknya, coba lempar UH atau jangkrik kecil pada burung bakalan, kalau eksklusif mau dimakan berarti resiko awal sudah terlewati.

2. Persiapkan sangkar untuk burung bakalan yang gres kita dapat.
Sebaiknya sangkar berupa sangkar berbentuk persegi dan diletakkan agak sedikit rendah.
Saya menentukan Kandang persegi, sebab simpel untuk digantung menempel ke dinding, dibandingkan sangkar bulat. Pada tahap awal usahakan sangkar tetap stabil, artinya jangan sering diganggu dan dipindah-pindah, sampai burung bakalan tsb makan voer.
Letak yang sedikit rendah, maksudnya untuk memudahkan pemantauan terhadap masakan dan kotoran burung bakalan tsb.

3. Sebelum kita masukan burung bakalan yang gres ini ke dalam kandang, sebaiknyaburung dibasuh sedikit dengan air. Hal ini berkhasiat untuk menurunkan stress dari burungselama perjalanan maupun pada dikala kita masukkan ke dalam sangkar baru. letakkan mangkok mandi dalam sangkar untuk kebutuhan mandi burung tsb. Karena biasanya sehabis dibasuh, burung akan eksklusif mandi dalam mangkok mandi.

4. Setelah itu, coba berikan voer favorit anda yang sudah terlebih dahulu dihaluskan (sehalus tepung).

Lalu campurkan UH sebanyak 25 ekor dan lumatkan dalam voer halus. lumatkan sehingga voer menempel pada penggalan UH yang lumat (bisa dengan memencet satu-satu UH supaya minyak ditubuh UH keluar). sisipkan juga UH yang masih hidup sebanyak 10 ekor dalam daerah makanannya. Adanya UH yang masih hidup dan bergerak-gerak, untuk merangsang burung mau makan ke daerah makanannya. Dapat juga memakai kroto, sebab kroto jauh lebih manis dari UH & voer sanggup lebih simpel menempel.

5. Tempat masakan diletakkan didasar sangkar dan cari yang besar. Ini untuk memudahkan burung melihat lokasi masakan dan merangsang burung untuk mau cepat makan.

Dialamnya, burung-burung serangga yaitu jenis burung yang suka turun ke tanah dalam mencari makan. Kaprikornus pada tahap awal sebaiknya letak daerah masakan tidak harus sejajar dgn tangkringan.

6. Lakukan proses ini 3 kali sehari, pagi, siang dan sore.

7. Jika voer terlihat kotor, sebaiknya eksklusif diganti dgn voer yang baru.

8. Jika warna kotoran burung bakalan telah sama dgn warna voer, dan kotorannya juga terlihat sedikit padat, coba campurkan sedikit voer yang kasar.

9. Jika prosesnya berhasil dalam arti kata burung tsb sudah mau makan voer bernafsu dan tidak perlu lagi santunan UH yang dilumatkan, berarti Kita sudah berhasil membuatburung bakalan mau memakan voer.

Burung Pemakan Buah (Cucak ijo, Cucak Jenggot, dll)





Pada burung-burung pemakan buah bisa juga memakai cara menyerupai di atas,  atau bisa dengan cara menambahkan voer lembut/kasar pada pisang, cukup ditaburkan pada pisang & biarkan menempel, nantinya dikala burung memakan pisang maka otomatis voer akan ikut termakan,

Berikut ini beberapa Tips Cara Burung Cepat sanggup makan voer
Untuk burung Kacer, berikut cara burung kacer supaya cepat makan voer yaitu sebagai berikut :
·           Langkah awal yaitu dengan mengkarantina burung kacer bakalan dengan cara burung dikerobong separo saja, dengan cara ini burung akan bersembunyi bila merasa takut dengan manu
·           Berikan jangkrik setiap harinya.
·           Kemudian sehabis satu ahad burung kacer bakalan dilatih makan voer dengan cara campurkan antara kroto dan voer yang dibasahi.
·           Kurangi perbandingan antara kroto dan voer, pada awalnya jumlah kroto lebih banyak tetapi setiap hari kurangi jumlah kroto dan tambahkan jumlah voernya.
·           Untuk menjamin burung kacer bakalan tetap hidup maka setiap hari berikan jangkrik 2 ekor dipagi dan sore hari.
·           Selama masa karantina kira-kira 1 ahad burung kacer bakalan jangan dimandikan dahulu, kalau sudah melewati masa karantina si burung bisa dimandikan sebelum diberikan makan.
·           Kondisikan lingkungan sangkar dari binatang­-binatang pemangsa menyerupai tikus, kucing dan anjing, supaya burung kacer bakalan merasa kondusif dan nyaman.
·           Amati kotoran burung kacer bakalan anda, bila warna kotoran menyerupai voer itu tandanya burung kacer bakalan anda sudah bisa makan voer.
·           Untuk memastikannya anda bisa berikan voer tanpa kroto, bila tidak mau memakannya anda bisa berikan voer oplosan sama kroto.
·           Biasanya maksimal 3 hari burung kacer bakalan sudah bisa makan voer dengan baik.


Cara melatih burung prenjak cepat makan voer

·         Karena masakan utama prenjak dikala dihabitat aslinya yaitu serangga, Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mencampur serangga menyerupai jangkrik, ulat hongkong, atau kroto dengan voer halus, Misalnya; dua sendok makan voer halus dicampur dengan tiga sendok kroto, Kemudian diremas-remas supaya kedua tercampur rata.
·         Berikan kroto yang di campur voer tadi, Supaya dikala prenjak makan kroto, Voer


Cara cepat  melati brung kacer cepat makan voer

·           Pertama-tama yang harus Anda lakukan yaitu menyiapkan voer halus dan ulat (bisa ulat hongkong yang telah dipotong atau ulat kandang) atau kroto. Takaran antara voer dan EF ini harus lebih banyak EF. Misalnya, EF 75% dan voer 25%.
·           Campur kedua materi tersebut kemudian aduk hingga rata. Taburkan susuk bubuk di atas secukupnya kemudian aduk kembali hingga rata. Ingat, jangan hingga terlalu banyak menunjukkan susu sebab bisa menjadikan burung diare.
·           Berikan pada burung dan biarkan dimakan hingga habis.

Untuk hari pertama, kemungkinan besar burung hanya akan memakan ulat atau kroto saja namun vor halus yang menempel pada EF tersebut secara tidak sengaja tetap ikut dimakan. Lama kelaman burung itu akan terbiasa makan voer.

Berikut ini cara melatih burung pleci supaya cepat mau memakan voer.
·           Menggunakan kroto. Siapkan voer halus dan kroto, voer halus bisa kita aduk memakai air hangat kemudian taburkan kroto segar di atas gabungan voer dan aduk hingga merata. Setelah diaduk merata kemudian taburkan kroto yang belum tercampur voer di atas gabungan tersebut, berikan pada burung sehabis gabungan dingin. Berikan gabungan voer dengan kroto tersebut selama 1 ahad dan perhatikan hingga kotoran pleci menjadi terlihat coklat menyerupai voer dan padat.

·           Mencampur voer dengan ulat.Selain memakai kroto, voer juga bisa kita berikan dicampurkan dengan ulat pakan. Ulat untuk pleci bisa diberikan ulat hongkong atau ulat kandang, ulat kita campurkan dengan voer dan campur diaduk merata sehingga burung harus mencari sendiri ulat-ulat pakan di dalam voer. Lakukan juga kira-kira 1 mingguan hingga kotoran burung padat dan berwarna coklat menyerupai voer juga.

·           Mencampurkan buah dengan voer. Cara ini saya perhatikan dari penjual-penjual burung bakalan, biasanya penjual burung pleci akan mengupas pisang kepok untuk pakan pleci kemudian mentaburkan bubuk voer ke buah pisang dan menekan-tekan voer pada pisang hingga voer menempel pada daging pisang. Cara tersebut terbukti ampuh untuk melatih burung pleci mau memakan voer.

Cara cepat  melati burung murai cepat makan voer

·           Campurkan voer dengan Kroto, Adukan Kroto Setiap jenis murai watu berbeda kebiasaannya dalam makan. untuk itu mesti dicoba mana yang paling ia suka. Salah satunya yaitu dengan mencampurkan voer 1/3 atau 1/4 dari cepuk masakan dan dicampurkan kroto dan diaduk secara kasar. Jangan terlalu tercampur supaya murai bisa mencicipi mana kroto dan mana voer yang ia belum kenal. Bisa juga voer dicampur dengan Jangkrik. Jika pasokan kroto terganggu maka jangan khawatir ada trik untuk mengakalinya. Hancurkan jangkrik dengan menumbuk bernafsu atau gunting penggalan badan jangkrik menjadi beberapa penggalan dan aduk dengan voer. Biasanya murai watu akan tetap lahap memakan adukan voer ini. Intinya Cara cepat  melati burung murai cepat makan voer yaitu dengan mencampur voer dengan makan burung murai yang biasa diberikan.

·           Setelah murai watu sudah menjalani pengenalan proses pembelajaran makan voer dan terpantau sudah rakus, maka sudah saatnya menyediakan voer orisinil atau besarbesar yang dijual dipasaran. Ada 2 cara melaksanakan ini: 1. Campurkan voer bernafsu ini kedalam adukan, biar murai watu mulai berguru mengenali ukuran dari voer. 2. Atau bisa tempatkan voer bernafsu di cepuk berbeda Nah untuk porsi pur adukan sudah bisa dikurangi dan EF penunjang adukan bisa dikurangi sedikit dengan dosis si murai watu kira-kira akan terlihat agak lapar dan nekat makan voer bernafsu tersebut. Tapi jangan kebangetan juga atau dipaksa terlalu berlebihan.


Demikian informasi supaya burung cepat sanggup makan voer. Semoga bermanfaat bagi mania burung.
loading...

Archive