Cara Menciptakan Ciblek Voer Total

Kicau burung ciblek memang tak perlu diragukan lagi. Burung ciblek yang populer dengan tembakan gaya AK 47 nya  ini kerap kali memukau para pecinta kicau. Saya pribadi termasuk penggemar berat burung kicau satu ini. Gaya tarung serta tembakan-tembakan nya benar-benar keren, pokoknya gak kalah deh dengan burung kicau jenis lainnya. 

Karena keunggulannya tersebut, berbagai pecinta kicau yang memelihara burung ciblek, bahkan rela hunting ke kios-kios burung untuk mendapat pendekar ciblek kesayangan. Tapi sayang nya burung ciblek ini tidaklah gampang untuk dipelihara. Banyak sekali keluhan dari pecinta kicau bahwa burung ciblek yang gres dibeli tak pernah bertahan lama. Apalagi kalau cibleknya hasil tangkapan hutan yang belum makan voer, kadang-kadang hanya dapat bertahan 1-2 hari saja.

 Kicau burung ciblek memang tak perlu diragukan lagi Cara menciptakan ciblek voer total

Nah, terkait dengan hal tersebut penulis kali ini akan share sedikit ihwal pengalaman penulis untuk menciptakan ciblek dapat makan voer total. 
1. Usahakan membeli ciblek di pagi hari
Ada perbedaan fundamental antara membeli ciblek materi di pagi hari dengan sore hari. Mungkin berdasarkan sobat-sobat hal ini agak gak masuk di akal. Jangan kuatir sob, nanti juga paham. pokoknya usahakan ketika kita ingin membeli ciblek bahan, sebisa mungkin posisi beli nya di pagi hari.

2. Siapkan kroto, jangkrik atau ulat hongkong sebelum membeli
Sebelum teman membeli ciblek, sebaiknya siapkan jangkrik atau ulat hongkong, yang paling utama yaitu kroto. Gak perlu banyak, yang penting krotonya di ukur untuk pakan selama 3-4 hari. Kesalahan yang paling sering terjadi yaitu beli ciblek dulu sedangkan beli krotonya belakangan, nah ini yang salah. Apalagi kalau harus nunggu hingga berhari-hari dulu, bisa-bisa si do'i tewas.

3. Caranya
Ketika teman sudah membeli materi ciblek lantas dimasukan ke kandang, pribadi mandikan ciblek dengan semprotan hingga benar-benar berair kuyup. Bila perlu hingga si ciblek menggigil. Setelah itu pribadi jemur si ciblek di bawah matahari pagi. Nah ini beliau nieh yang kita bahas di awal tadi sob, seandainya teman membeli ciblek di sore hari, sinar matahari biasanya terlalu singkat. Bahkan bisa-bisa si ciblek gak kebagian sinar matahari alasannya yaitu udah keburu terbenam. oke...kita lanjut ya. sesudah kita jemur dan si ciblek mulai ndidis (menyisir bulu). Masukan cepuk pakan nya ke kandang, sesendok voer dibagian dasar, sedangkan kroto nya dibagian atas nya. Biasanya ketika ciblek berair kuyup, rasa laparnya semakin besar. Letakkan posisi sangkar pada posisi yang agak tinggi, semoga ciblek tidak merasa takut dikala makan. Setelah beberapa jam, coba teman lihat wadah cepuk makannya, kalau krotonya berkurang atau habis berarti si ciblek sudah mau makan. Jika masih utuh, masukan beberapa ekor jangkrik ke wadah cepuknya dan gantung kembali ke posisi aman. Jika si ciblek sudah mau makan berarti anda selamat hari itu. 

4. lanjutan
ke esokan harinya lakukan cara yang sama menyerupai cara nomor 3 hanya saja untuk kali ini, antara kroto dan voer nya harus di aduk secara merata. Ketika ciblek makan kroto secara otomatis si do'i nyicip rasa voernya yang melekat pada kroto. Pastikan betul bahwa si ciblek memakannya. kalau si do'i gak mau makan mandikan sekali lagi. Cuma ini jarang terjadi, biasanya sih, si ciblek pribadi makan ketika habis mandi berair kuyup. Laper soal nya beliau sob........

5. Voer total
di hari selanjutnya lakukan cara yang sama, tetapi porsinya sedikit saja. Nah pada sore harinya mandikan ciblek menyerupai biasa dan berikan voer total tanpa kroto sama sekali. Usahakan voernya agak banyak, porsinya diukur hingga pagi hari menjelang siang. Biasanya si ciblek sudah voer total alias tanpa kroto. 

Faktor pendukung
1. kondisi tempat menggantang kandang, sebisa mungkin agak tinggi semoga ciblek tenang. Ciblek sering mati biasa nya alasannya yaitu terus-menerus melompat alasannya yaitu kondisi tidak tenang. Apalagi bila mau makan terganggu, biasa nya si ciblek tambah takut. Wah....bisa tewaa doi alasannya yaitu gak makan.
2. Jangan kerodong ciblek, Banyak perkiraan bahwa mengkerodong burung yang gelabrakan menciptakan burung tenang. padahal justru burung ciblek materi akan bertambah stress kalau di kerodong. 
3. kebersihan tangan, mungkin terlihat sepele. Tetapi jangan di anggap remeh kebanyakan ketika kita mengganti air minumnya, kita tidak memperhatikan bahwa tangan kita bekas memegang sesuatu. Mungkin bekas lotion anti nyamuk, bekas sabun, bekas balsam atau yang lainnya. Secara otomatis air minumnya juga tercemar kotoran yang melekat di tangan kita. so....jaga kebersihan tangan ketika mengganti minum atau pakan burung.
4. Di alam liar, burung ciblek yaitu burung pemakan serangga. Sesekali berikan jangkrik atau kroto sebagai makanan tambahan. Kasian juga sob...mentang-mentang udah voer total laju tiap hari di kasih voer terus.

Pemilihan materi ciblek
Jujur saja, terbilang sangat sulit untuk melihat secara kasat mata burung ciblek berkualitas bagus. Apalagi untuk ciblek materi yang berasal dari kios,ombyokan pula...ah susah deh. Kecuali di kios sangkar satuan. Itupun harus nunggu si burung kicau dulu, gres kita tau suaranya. Jalan satu-satunya ya ........beli yang sudah gacor, tapi mahal banget sob......

Meskipun begitu jangan kuatir sob, saya ada tips sedikit nieh untuk beli ciblek ombyokan. Sobat pilih ciblek yang masih muda banget, ciri-cirinya di pangkal paruh sebelah kanan atau kiri masih ada bekas ekspresi piyik nya. Bentuk nya menyerupai bergelombang, nah itu ciri ciblek muda sob. Kalo ciblek muda biasanya di pelihara 3 hari pribadi gacor sob...... apalagi kalo di tempel sama burung kenari wah....tambah gacor dia. Khusus untuk ciblek muda, ketika gres dibeli jangan dimandikan. 

 Kicau burung ciblek memang tak perlu diragukan lagi Cara menciptakan ciblek voer total


sedangkan untuk sobat-sobat yang hobi lomba atau kontes, Sebaiknya teman beli burung pribadi dari tukang pikat ciblek. Bilang ke tukang pikat nya carikan burung ciblek yang bawa istri banyak, posisi tengger nya di pohon-pohon tinggi, ekspresi bab dalam nya hitam semua. Burung ciblek yang istri nya banyak serta tengger di pohon tinggi biasanya burung yang punya kawasan kekuasaan luas, ini berarti mental fighter serta volume nya bagus. Sedangkan ekspresi bab dalam hitam semua mengambarkan bahwa burung ciblek itu sudah remaja dan fasih tembakan AK 47. 

Kalo teman beli ciblek hasil rawatan orang, perhatikan warna hitam bab dadanya. Pilih ciblek yang hitamnya ngalung atau hitam nya nyambung. Burung menyerupai ini tanda bahwa burung ciblek tersebut yaitu rawatan usang lebih dari setahun. Perhatikan juga badan nya, lebih baik pilih burung gemuk daripada yang kurus kering, Burung kurus kering tanda itu burung gak di urus. Kalo dapat sih yang ramping (gak kurus gak gemuk). 

semoga bermanfaat ya.





loading...

Archive