Cara Membikin Sangkar Ternak Burung Kenari



Dalam ternak kenari memang perlu diperhatikan dalam menentukan sangkar menyesuaikan bentuk postur badan kenari yang kecil dan juga kotorannya yang sifatnya lembek-lembek keras, atau keras-keras lembek, dan bersifat melekat.

Bentuk sangkar yang biasa digunakan untuk ternak kenari yakni sangkar atau sangkar model susun. Sangkar susun ini juga sanggup digunakan untuk ternak burung finch, parkit, dan lovebird, meski ada juga yang menggunakannya untuk beternak jenis burung kicauan lainnya.

Berikut ini langkah-langkah Cara Membuat Sangkar
  • Bahan dasar yakni papan tripleks atau melamine plywood.
  • Bahan dasar untuk jeruji sanggup memakai jari-jari sepeda atau materi logam lainnya.
  • Lempeng alumunium untuk penampung kotoran.
  • Pipa alumunium berbentuk kotak.
  • Bahan-bahan material lainnya ibarat paku, mur dan baut, lem kayu, dan sebagainya
Cara Merakit Sangkar Kenari Model Susun :

Saya asumsikan di sini anda sanggup menciptakan sangkar sendiri, kalau tidak sanggup anda sanggup memakai jasa tukang kayu untuk mengerjakannya dengan gambar sangkar yang anda tunjukkan. Oke kembali ke topik, Langkah awal untuk menciptakan sangkar budidaya ternak kenari ini kita harus mendesain gambar sangkarnya terlebih dahulu berikut ukuran-ukurannya secara lengkap.

Ini perlu dilakukan biar dalam pembuatrannya nanti kita tidak galau dan tinggal mengerkajakan sesuai dengan gambar, dan juga biar hasil sangkar kenarinya nanti sanggup besar lengan berkuasa , kokoh , sesuai ukuran dan rapi.
Berikut ini langkah-langkah Cara Membuat Sangkar Budidaya Burung Kenari :
  1. Desain sangkar kenari sesuai dengan selera kita contohnya ibarat gambar dibawah ini.
  2. Persiapkan bahan-bahan ibarat yang saya sebutkan diatas kemudian potong materi papan tripleks atau plywood sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  3. Setelah papan tripleks atau plywood telah terpotong sesuai ukuran selanjutnya sambung dengan memakai paku atau mur-baut sesuai dengan rancangan desainnya.
  4. Bagain belakang sangkar kenari sanggup kita tutup dengan triplek.
  5. Untuk menciptakan batas  antar sangkar, kita sanggup memakai papan yang dipotong seseperti ini :
  6. Siapkan pipa persegi aluminium yang panjang, kemudian dipotong sesuai dengan panjang kandang. Pipa ini nantinya akan dilubangi sesuai dengan jarak dari jeruji yang sudah dibentuk tadi.
  7. Selanjutnya siapkan juga jari jeruji bekas sepeda yang sudah dirangkai terlebih dulu untuk dijadikan jeruji sangkar kenari.
Untuk merangkai jari jeruji sepeda kita sanggup memakai jasa las karbit untuk menyatukan meragkainya.
Dari jeruji ini, terdapat dua buah pintu yang salah satunya akan dicopot kalau dipasangi kotak sarang. Sedangkan satu pintu lagi sebagai pintu sangkar untuk memberi makan dan minum burung di dalamnya. Gambar di bawah ini yakni pola jari jeruji yang sudah dirangkai.
  1. Lubangi pipa alumunium yang tadi dipasang sesuai dengan jarak jeruji bab yang menonjol luar dengan memakai bor mesin. Pada bab atas cukup dilubangi pada papannya saja, sesuai dengan jarak dari jeruji bab atas yang menonjol keluar.
  2. Sampai tahap ini sangkar yang telah kita buat sudah hampir tepat , Selanjutnya sempurnakan dengan memotong seng atau tripleks yang akan dibentuk sebagai laci untuk wadah penampungan kotoran, dan dimasukan ke dalam celah yang terdapat di bab bawah kandang.
Pada tahap ini, sangkar sudah sanggup dipasangkan dengan kotak sarang, yang dipasang di luar sangkar dan ditempatkan di lokasi yang sudah disediakan.
  1. Jika kita ingin memberi sekat pemisah pada kandang, sanggup memakai papan tipis dengan ukuran yang disesuaikan, kemudian diselipkan di tengah sangkar yang sudah disediakan.
  2. Kandang model susun sudah final dibuat. Bahkan anda sanggup saja memubat satu lagi sangkar burung ini yang nantinya ditumpuk dengan sangkar yang sudah ada, sehingga menjadi sangkar model susun yang siap digunakan dalam perjuangan penangkaran kita.
loading...

Archive