Cara Mengatasi Kacer Takut Mobil

Mengatasi burung kacer yang takut dengan kendaraan beroda empat cara nya sama ibarat proses penjinakan. Ada dua cara yang dapat kita lakukan. Yaitu terapi lapar dan mandi berair kuyup. Dua cara tersebut bagi saya langsung terasa lebih efektif. Bahkan untuk burung-burung kicau lainnya, saya pun menerapkan cara yang sama. 

 Mengatasi burung kacer yang takut dengan kendaraan beroda empat cara nya sama ibarat proses penjinakan Cara mengatasi kacer takut mobil

Oke lah...yuk kita bahas satu-persatu cara tersebut.


1. Terapi lapar
Kondisikan pakan burung porsi nya kita kurangi sedikit. Pada ketika sore hari, biasanya burung akan merasa gelisah alasannya yaitu lapar. Kita masukan cepuk masakan nya kemudian kita letakan burung di pinggir jalan yang ramai kemudian lalang mobil. Dalam kondisi lapar, burung kacer akan berusaha melawan ketakutannya dan berusaha menggapai makanan. Hal ini akan melatih burung kacer beradaptasi. Lakukan secara rutin hingga burung kacer kesayangan teman tidak takut lagi terhadap mobil. Ketika di letakkan di pinggir jalan sebaiknya jangan ditinggal sob....soalnya adakala kucing menghampiri sangkar hendak memakan burung, so... .memang harus di tungguin sob.


2. Mandi berair kuyup
Mandikan burung kacer dengan sprayer hingga berair kuyup. Bila perlu hingga burung kacer menggigil kedinginan. Kemudian letakkan burung kacer di pinggir jalan kemudian lalang mobil. Dalam kondisi berair kuyup kedinginan biasanya burung kacer tidak peduli dengan keadaan sekitar. Dingin soalnya......sob....yang doi lakukan biasanya yaitu menyisir bulu- bulu nya semoga segera mengering. Hal ini kita lakukan semoga si burung paham bahwa kendaraan beroda empat sebetulnya bukanlah sesuatu yang perlu di takuti dan tidak akan mengganggu nya. Lakukan secara rutin pagi dan sore hari hingga burung kacer terlihat tidak takut lagi dengan mobil.

3. Beri jangkrik sebagai reward
biasanya burung kacer yang di mandikan dengan cara disemprot akan gelabrakan, jikalau burung sebelumnya jinak usang kelamaan akan berkurang jinak nya. untuk mengatasi hal tersebut, ketika burung sudah berair kuyup jangan lupa untuk memberi masakan kesukaan nya ibarat jangkrik atau ulat. hal ini kita lakukan semoga dalam masa proses terapi si burung tetap dalam kondisi jinak. so....hasilnya pasca terapi si burung tetap pada kondisi sebelumnya, yang berubah hanyalah ketakutannya saja terhadap mobil.  


Burung kacer ibarat ini biasanya burung kacer yang dipelihara semenjak anakan tetapi terbiasa digantang jauh dari jalan raya. Tipe burung kacer ibarat ini memang sangat jinak terhadap insan tetapi takut pada benda-benda tertentu yang tak pernah dilihatnya. Terlebih lagi bila benda-benda tersebut pernah menjadikan trauma tertentu dalam rentang waktu yang cukup panjang, jikalau hal ini dibiarkan dapat menjadi sebuah kebiasaan yang akan terus menerus di ingat oleh si burung.

Saya sendiri pernah mempunyai kacer dengan tipe ibarat itu. Burung kacer tersebut memang jinak dan super gacor tetapi ketika digantung di depan rumah dan ada kendaraan beroda empat lewat si do'i gelabrakan ketakutan. Memang hal ini tidak kuat pada kegacoran nya tetapi bulu-bulu sekitar paruh menjadi rusak dan kurang lezat untuk dilihat. Setelah saya lakukan terapi ibarat diatas hanya dalam beberapa ahad saja sudah terlihat hasilnya. 

semoga bermanfaat ya.






loading...

Archive