Fakta Tentang Cucak Keling Biar Tidak Tertipu Saat Membeli

Burung cucak keling atau lazim disebut cemperling atau perling kumbang yang bernama latin (aplonis panayensis) memang burung menawan.4 tahun yang lalu, mungkin burung ini belum seberapa terkenal. Bahkan dikala itu banyak kios yang menolak untuk mendapatkan burung ini. Kalaupun ada mungkin hanya kios-kios yang tergolong baru berdiri sebagai pemanis. Itupun harga nya ditawar sangat tak logis. 

Mata burung cucak keling yang merah menyerupai darah, dengan bulu yang mayoritas hitam kelam menambah eksotis penampilan burun gCucak Keling ini. Bagi para pecinta kicau tentu hal ini nilai tersendiri.

Beberapa waktu di kemudian hari ada beberapa penjual cucak keling yang berdasarkan analisis terlalu over dalam mempromosikan Cucak Keling  ini.

Ada beberapa poin yang  Kami rasa terlalu di lebih-lebihkan. Bahkan ada yang sengaja hendak menipu pembeli.

Terkait dengan hal tersebut, pada postingan kali ini kami akan coba uraikan sedikit fakta perihal burung cucak keling.
 atau lazim disebut cemperling atau perling kumbang memang burung menawan Fakta perihal cucak keling semoga tidak tertipu

Mungkin postingan ini akan membantu kita sebagai pecinta kicau buat tambahan pengetahuan, jikalau hendak memelihara burung cucak keling.

1. Tak ada istilah voer total

Berbeda dengan burung kicau lainnya. Untuk burung cucak keling tak ada istilah voer total.

Artinya apa? Meskipun sahabat gres sanggup burung cucak keling dari alam liar. Tuh burung dikala disodorkan voer, niscaya akan eksklusif dimakan. 

Saya sendiri agak kurang paham mengapa ini bisa terjadi. Entah itu alasannya kemampuan pembiasaan nya yang tinggi atau alasannya tertarik dengan warna-warni voer, Saya sendiri pun masih bingung. Cuma yang jelas, voer apapun yang disodorkan niscaya eksklusif dimakan, meskipun gres sanggup dari hutan. "Jadi jangan percaya kalau ada penjual yang bilang bahwa burung ini harga nya lumayan. Apalagi yg voer total."


2. Sangat gampang di master

Jika burung lain lebih suka dimaster dengan burung sungguhan, atau ada waktu-waktu khusus untuk memaster. Hal ini tidak berlaku untuk cucak keling. Burung cucak keling sangat gampang di master.

Memori nya sangat cepat mengingat suara-suara burung. Apalagi untuk yang masih muda. Daya ingat nya luar biasa, bahkan burung sekelas serindit dengan lengkingan tajam nya pun. Cuma butuh waktu sebentar untuk menguasai nya bagi cucak keling.


3. Tipe burung koloni

Burung cucak keling yaitu burung koloni. Mereka tinggal di pohon-pohon besar dalam jumlah ratusan, bahkan koloni besar nya bisa mencapai ribuan jumlah nya.


4. Praktis ngeriwik tapi sulit ngeplong.

Sama persis menyerupai abjad burung pleci. (baca perihal burung pleci) Burung cucak keling jantan, sangat gampang ngeriwik. Apalagi jikalau banyak burung di rumah kita. Langsung ngeriwik biasanya, meskipun gres sanggup dari hutan. Justru yang sulit yaitu menciptakan nya ngeplong. Butuh bertahun-tahun untuk menciptakan nya ngeplong. Itupun perawatannya harus telaten.


5. Perbedaan jantan dan betina

Untuk membedakan burung cucak keling antara jantan dan betina sangatlah mudah. Untuk burung yang sudah dewasa, sobat lihat bab punggung nya.

Jika punggung nya terlihat hijau kehitaman mengkilat, menyerupai warna kolibri. Burung tersebut berarti jantan, tetapi bila hanya hitam saja itu berarti betina.

Sedangkan untuk burung muda, sahabat lihat ngeriwik atau tidak. Jika burung itu ngeriwik tandanya jantan, tetapi sebaliknya jikalau tidak ngeriwik atau hanya berbunyi cling cling saja itu berarti betina.


6. Perbedaan burung materi atau peliharaan lama.

Untuk membedakan burung cucak keling itu burung materi atau sudah dipelihara usang sangat lah mudah. Sobat perhatikan bab dadanya, jikalau dadanya loreng hitam putih itu tandanya burung materi gres sanggup dari hutan.

Jika dadanya hitam kelam, itu tandanya burung tersebut sudah dipelihara dalam waktu yang lama. Di alam liar burung cucak keling jarang terlihat yang dada nya hitam kelam, semuanya bulu dada nya loreng hitam putih.

Saya sendiri kadang bingung, kok bisa menyerupai itu. 

Saya sempat memperhatikan bahwa dalam koloni besar cucak keling. Ada pemimpinnya, itupun sangat sulit menemukannya. Nah dikala saya perhatikan secara seksama, ternyata yang bulu dadanya hitam hanya pemimpin koloni nya saja. Biasanya dikala koloni besar hendak pulang ke tempat nya, si leader akan menyidik terlebih dahulu keadaan sekitar, sesudah itu si leader akan memanggil seluruh koloni nya. Seketika itu seluruh koloni barulah tiba dalam rombongan-rombongan besar.


7. Nafsu makan besar dan doyan mandi

Burung cucak keling ini kebiasaanya menyerupai sekali menyerupai jalak kebo. Nafsu makannya besar, jikalau sahabat memberi voer dalam cepuk masakan dalam posisi penuh. Maka dalam sehari voer tersebut akan habis tidak tersisa. Burung ini juga sangat doyan mandi.

Semakin usang dijemur, maka akan semakin sering mandi. Jika sahabat ingin melihat burung ini jinak secara cepat. Sobat sediakan saja cepuk mandi khusus didalam sangkarnya. Maka akan semakin bahagia si do'i dan akan semakin jinak.

8. Membuat burung cucak keling cepat ngeplong.

Untuk menciptakan burung ini ngeplong, sahabat harus genjot EF nya. Terutama jangkrik dan UH. Pada awal nya biasanya burung cucak keling materi takut untuk makan UH. Tetapi cobalah untuk mengajari nya. Perlahan-lahan secara konsisten burung cucak keling akan lebih cepat ngeplong jikalau terbiasa di kasih EF jangkrik dan UH.


9. Gaya teler cucak keling

Telernya cucak keling itu berbeda dengan teler nya anis merah. Burung cucak keling dikala ngeriwik biasa nya tengok kanan kiri menyerupai terlihat teler. Padahal ya memang gaya nya gitu.

Mirip sekali dengan teler nya pleci. Para penjual adakala suka hiperbola menyamakan teler nya anis merah dengan cucak keling supaya dibayar lebih mahal burung nya.

Padahal ini tidaklah benar. Burung anis merah, teler dalam keadaan ngeplong sedangkan cucak keling tidak. Yang paling menyerupai dengan burung ini yaitu pleci. Burung pleci hanya teler dikala sedang fase ngeriwik, sedangkan fase ngeplong burung pleci sama sekali tidak teler.

10. Harga cicak keling/cucak keling/cemperling

Harga burung cucak keling materi berkisar antara 50 ribu - 70 ribu rupiah. sedangkan untuk cucak keling yang sudah gacor berkisar antara 200 ribu - 350 ribu rupiah. Untuk kawasan tertentu harga bisa saja berubah bergantung lokasi masing-masing. 


Yang namanya hobi tentu kegiatan yang bisa menciptakan diri kita senang. Bisa jadi dalam bentuk memelihara ataupun jual beli. Tapi tidak untuk saling menipu.

baca juga : Jenis-jenis modus tipuan jual beli burung kicau

Melakukan sesuatu yang merugikan orang lain, meskipun itu menguntungkan bagi kita. Saya rasa , itu yaitu cara-cara yang tidak bermartabat.
loading...

Archive