Merawat Burung Pleci Di Ekspresi Dominan Hujan

Dalam menyalurkan hobby anda dalam memelihara burung pleci  banyak tips yang sanggup anda peroleh dari search google ataupun dari buku-buku peternakan dan majalah-majalah burung.

secara khusus di blog ini yaitu tipspleci  kami sudah banyak memposting  artikel-artikel  tentang burung pleci menyerupai :

hari ini untuk melengkapi artikel2 diatas kami akan share wacana :




Musim hujan biasanya akan menghalangi para pecinta burung untuk merawat dan melatih burung kesayangannya. Jika hambatan ini tidak segera diatasi maka akan mensugesti penampilan burung.

Cara Memandikan Burung Saat Musim Hujan
Burung tidak perlu dipaksakan untuk mandi alasannya yakni intinya burung punya insting untuk kebutuhan mandinya. Jika cuaca mendung atau hujan biasanya burung akan jarang mandi.Kalau di lihat di pagi hari kelihatan mendung tidak ada sinar matahari, lebih baik burung jangan di mandikan.

Penjemuran
Penjemuran sangat penting untuk menunjukkan stamina yang lebih pada burung. Saat ekspresi dominan hujan, sebaiknya waktu penjemuran diperpanjang alasannya yakni suhu udara di ekspresi dominan hujan relatif lebih rendah.

Tempat penjemurannya juga perlu diperhatikan. Sebab jikalau burung kurang menerima sinar matahari maka akan besar lengan berkuasa pada kesehatan burung. Walaupun waktunya singkat, harus dimanfaatkan untuk menjemur burung.

Yang penting tetap “mencuri-curi” jemur di pagi hari, atau sore hari setelah hujan. Malam hari jangan lupa dikerodong. Atau, kalau burung dijadikan satu dalam satu ruangan, beri penerangan embel-embel biar kondisi hangat. Kalau burung tampak loyo, segera periksa, siapa tahu sakit dan perlu pengobatan segera.

Penempatan Sangkar
Penempatan sangkar ketika ekspresi dominan hujan harus diperhatikan dengan baik. Sangkar harus diletakkkan pada kawasan yang kering dan lebih hangat daripada biasanya. Sangkar juga harus terhindar dari percikan hujan. Jika suhu udara sangat hambar usahan untuk memberi kerodong pada sangkar untuk menjaga biar burung tetap merasa hangat.

Ekstra Fooding
Hal yang tak kalah penting dalam menjaga ocehan burung biar tetap prima yakni dengan menunjukkan pakan yang berkualitas. Untuk meningkat performa burung sanggup diberikan pakan embel-embel dengan jumlah sedikit lebih banyak dari biasanya, tergantung jenis burungnya. Pakan embel-embel yang sanggup diberkan antara lain jangkrik dan ulat hongkong. Tetapi derma pakan embel-embel tersebut dilarang terlalu hiperbola alasannya yakni akan berdampak kurang baik pada burung.

Kebersihan Sangkar
Kebersihan sangkar sangat penting untuk menjaga kesehatan burung. Usahakan untuk selalu membersihakan kawasan pakan dan kawasan minum burung setiap hari. Jaga pula sangkat biar tetap kering. Karena dalam cuaca yg lembab tsb, jamur maupun kuman penyakit akan tumbuh subur, kalo perlu sangkar di basuh dengan desinfektan.

PEMBERIAN VITAMIN PADA BURUNG
Apabila di rasa cuaca tidak mendukung, beberapa hari hujan terus, dan burung tidak cukup memperoleh panas sinar matahari, boleh di berikan vitamin 2x seminggu dengan derma hari secara berurutan, misal hari kamis dan jumat.

Mengatasi Suara Serak
Saat ekspresi dominan hujan kadangkala burung menjadi serak suaranya, bahkan ada yang tidak berbunyi sama sekali. Untuk mengatasinya, sanggup memakai air putih yang dicampur dengan sedikit garam. Larutan tersebut kemudian diberikan pada burung. Larutan ini sama halnya untuk mengurangi sakit tenggorokan pada manusia. Atau kalo mau gampang boleh pakai larutan penyegar buat manusia.


PERAWATAN UNTUK BURUNG PLECI DI MUSIM HUJAN.
Sebenarnya perawatan nya sama aja dengan perawatan burung lain di ekspresi dominan hujan, alasannya yakni di ekspresi dominan hujan matahari muncul nya jarang, maka ketika ada sinar matahari boleh eksklusif di jemur. Kalau ketika pagi di lihat mendung, sebaiknya jangan di mandikan, alasannya yakni pleci sangat suka mandi, kasih aja cepuk agak besar, kalau niat mandi niscaya nyeburin diri.

Untuk menyiasati sinar matahari boleh di ketika malam hari di beri penerangan yg terang, ada yang pake lampu yg besar besar, dalam segi masakan boleh di beri extra masakan yang LEBIH dari biasa nya, boleh di tambah UH lebih sedikt, maupun jangkrik dan kroto yang agak banyak, kalo perlu di air minum nya boleh pake air jahe + madu biar pleci merasa hangat ( sedikit aja ) , , derma vitamin bila diperlukan, untuk menambah kekebalan badan pleci, berikan 2x seminggu dengan derma pada hari yg ber urutan, misal kamis dan jumat., dan jangan lupa jaga kebersihan sangkar dan kerodong pleci di malam hari.
loading...

Archive