Pelajari Aneka Modus Tipu Jual Beli Burung Kicau

Dinamika jual beli burung kicau kembali ramai dipasaran. Jenis burung kicau ibarat kenari dan lovebird kembali merangkak naik. Bahkan di beberapa kawasan jenis kenari dan lovebird mendominasi pasar jual beli burung kicau. Sedangkan untuk burung ciblek, jumlah stock dan jumlah seruan pasar sangatlah tidak imbang. Berbeda dengan burung pleci yang sempat tidak di lirik beberapa tahun lalu, kini harga burung pleci meroket tajam. Terlebih untuk pleci yang siap naik gantangan, harganya tidak main-main bahkan ada yang melebihi harga murai batu. 

 Dinamika jual beli burung kicau kembali ramai dipasaran Pelajari Aneka modus tipu jual beli burung kicau

Dinamika berdiri nya pasar jual beli burung kicau tentu mengundang banyak oknum yang berusaha meraup untung sebesar-besarnya bahkan rela menghalal kan banyak sekali cara untuk meraih untung. Untuk pemain usang mungkin hal ini tak kuat apa-apa. Tetapi bagi pemula, tentu banyak sekali modus penipuan kicau sangatlah merugikan.

Sengaja penulis rangkum aneka modus penipuan jual beli burung kicau, semoga kita para pecinta kicau tidak gampang tertipu. 
1. Modus mabung
Hati-hati dikala ada redaksi jual ibarat ini "dijual burung orisinil gacor tapi sedang mabung, jadi lebih banyak diam". Modus penipuan ibarat ini kerap kali terjadi. Bahkan tidak sedikit loh yang tertipu. si penjual sengaja beralasan mabung padahal burung nya memang tidak gacor. Sebenarnya meskipun sedang mabung, kalau burung memang sudah gacor, burung tersebut tidak diam. Si burung tetap berbunyi gacor hanya saja biasanya dalam kondisi ngeriwik. 

2. Modus pikok bulu
Modus ini biasanya digunakan untuk burung kacer betina yang disulap jadi pria dengan cara dipikok bulu dada nya. Memang agak sulit membedakannya, cuma kalau kita perhatikan secara teliti biasanya badan kacer betina agak montok. Kalo sudah biasanya pelihara burung kacer biasanya tahu bedanya meskipun di sulap. Tapi untuk pemula, nah ini yang kasian. Apalagi dikala periode kacer sedang naek daun ibarat kini ini. Wah semakin banyak aja yang jadi penipu. Bayangkan aja sob, kacer betina yang tidak punya harga tiba-tiba disulap seharga kacer jantan. 

3. Modus Sepasang
Bagi pemula yang gres berguru ternak biasanya sering tertipu dengan modus yang satu ini. Terutama untuk jenis lovebird pasangan. Ngaku nya sih sepasang jantan dan betina padahal mah satu jenis kelamin. Meskipun si lovebird terlihat kawin, sobat harus hati-hati juga. Karena lovebird kawin tidak jaminan jantan dan betina. Terlebih lagi untuk jenis lovebird yang memang populer sulit pembeda kelamin nya. Perhatikan juga klep nya dikala membeli, meskipun orisinil sepasang tetapi pasangan tersebut yaitu klep dan non klep, percuma saja sob. Soal nya klep dan non klep itu infertil (alias sulit terjadi pembuahan). Ada tips jitu dikala sobat ingin membedakan jenis kelamin dari lovebird secara kasat mata. Caranya yaitu lihat garis putih pada lingkar paruh atas. Jika lingkar putih nya berbentuk lancip, dapat di pastikan itu jantan. Tetapi kalau lingkar putihnya itu setengah bulat ibarat parabola itu biasanya betina.

4. Modus bekas burung juara tetapi macet.
Modus ini sering digunakan untuk burung-burung gacor tetapi gak punya mental dikala di lapangan. Alasannya si burung bekas juara tetapi macet gak mau bunyi. Ketika kita pantau, ternyata tuh burung gacor banget. Kalo orang yang nafsu nya besar biasanya pribadi di beli tuh burung. Ketika dibawa ke lapangan ya adem ayem gak ngelawan. 

5. Modus burung materi pilih sendiri
Modus ini paling banyak terjadi untuk burung kenari bahan. Kaprikornus si burung kenari di ombyok di kandang besar ibarat ombyokan pleci. Kita disuruh milih sendiri antara jantan dan betina acak. Aslinya tuh burung kenari betina semua.  Jadi meskipun kita pilih-pilih ya tetap saja dapet nya betina. Alhasil sudah dipelihara usang ya tetap saja wik wik wik doang, gak dapat ngerol. 

6. Modus ketemuan di jalan
Untuk sobat-sobat jual beli burung kicau online, entah itu facebook atau sekelas olx. Biasanya transaksinya hanya sebatas lokal saja. Hati-hati kalau si penjual ber alasan jarak yang jauh, biasanya si penjual badung akan ngajak ketemuan di suatu tempat. Ketika terjadi transaksi biasanya burung yang di posting dengan burung yang dibawa jauh berbeda kualitasnya. Logika aja sob...biasanya jual beli online itu pribadi pantau ke lokasi. alasannya memang untuk transaksi jenis ini terbatas pada area yang kecil. dikala si penjual beralasan jauh, disitu kita patut curiga. Transaksi lokal kok ngaku nya jauh. 

Sebaiknya kita hati-hati dikala melaksanakan transaksi jual beli burung kicau. Kadang-kadang penjual burung banyak modus nya. Meskipun tidak semua penjual burung bersikap demikian, kita tetap harus hati-hati. Bawalah teman yang benar-benar paham ihwal burung, dikala membeli burung. Untuk burung-burung sekelas kontes, sebaiknya sobat beli dikala sedang dalam gantangan. Dalam artian kita sudah lihat sendiri performa burungnya. Sedangkan untuk membeli burung rumahan (klangenan) utamakan yang gacor dan pilih yang dalam satu menit rajin berbunyi. 

Semoga bermanfaat ya. salam kicau


loading...

Archive