Perawatan Burung Cucak Keling Termudah

Cara merawat cucak keling sesungguhnya gampang sob, kunci nya yakni mempelajari kesukaan burung yang akan kita rawat. Nah, pada prinsipnya semua burung jenis cucak, sangat-sangat menyukai mandi, begitu juga dengan burung cucak keling sob. Dia dapat mandi begitu menikmati proses mandi sampai berkali-kali.

 Cara merawat cucak keling sesungguhnya gampang sob Perawatan burung cucak keling termudah


Selain menyukai mandi, burung cucak keling juga mempunyai tingkat pembiasaan yang baik dengan porsi makan yang super besar. 

Burung ini dapat makan voer dengan porsi yang lebih besar dari burung jenis lainnya. Misal nya burung kacer makan satu cepuk untuk dua hari, jikalau cucak keling satu cepuk dapat satu hari eksklusif habis.

Okelah eksklusif saja sob, yuk kita bahas perawatan terbaik untuk burung cucak keling. Pada dasarnya untuk semua jenis burung rujukan rawatan nya mencakup 4 prinsip yaitu Makanan, mandi dan jemur, kesehatan burung, dan kebersihan kandang. 

Kita bahas satu-persatu ya....

1. Makanan burung cucak keling
Untuk makanan, burung cucak keling ini termasuk burung yang tidak sulit. Sobat dapat menyediakan voer dengan jenis crumble. Sebenarnya sih untuk burung cucak keling apapun yang sahabat sediakan, niscaya di di lahap abis. Seperti pepaya, pisang, voer halus, voer garang dan jenis voer lainnya.

Bahkan meskipun gres di tangkap dari alam liar burung ini ketika disodori voer akan eksklusif lahap dimakan. Kaprikornus sahabat tidak perlu khawatir.

2. Pola mandi dan jemur
Mengingat burung ini suka mandi, sebisa mungkin sahabat menyediakan keramba mandi yang agak besar. Supaya cucak keling, dapat mandi dengan puas. Di alam liar burung ini mandi ketika sore hari, sekitar jam 4. 

sahabat dapat memandikan burung ini sekitar jam-jam tersebut. Setelah mandi dengan puas, berikan beberapa ekor jangkir lalu di gantung di kawasan yang nyaman. Setelah itu sahabat dapat mengistirahatkan burung.

3. Kesehatan burung
Untuk kesehatan burung, sahabat dapat menunjukkan vitamin pelengkap secara terencana seminggu sekali. Untuk burung cucak keling duduk kasus yang paling banyak ditemui yakni permasalahan kutu burung. 

Nah sahabat dapat menunjukkan beberapa helai daun sirih di air mandi nya, untuk mengusir kutu-kutu yang ada di badan burung.

4. Kebersihan kandang
Untuk kebersihan, sebisa mungkin sahabat membersihkan sangkar 2 kali sehari, pagi dan dan sore. Mengingat bahwa burung ini tingkat metabolismenya sangat tinggi. 

Jika dalam satu hari saja sahabat tidak membersihkan kandangnya, wah......bisa menumpuk kotorannya sob.


Semoga bermanfaat ya.
loading...

Archive