Prosedur Pengiriman Burung Dan Binatang Lain Antar Pulau

Hello sobat Kicau Mania... mohon maaf kalau saya jadi jarang update isu di blog Suara Burung Kicau ini, dikarenakan banyaknya acara dan pekerjaan diluar sehingga tidak setiap waktu sanggup update isu terbaru dan artikel lain perihal perawatan burung maupun harga burung. Kali ini saya ingin membagikan pengalaman teman-teman dalam hal pengiriman burung antar pulau, baik dengan pesawat cargo maupun dengan jalur kapal laut. Prosedur pengiriman ini yaitu mekanisme yang dilaksanakan secara resmi. 

di awali dari Balai Karantina Pertanian, sesuai dengan UU No. 16 Tahun 1992, maka setiap hewan, produk flora dan ikan yang akan dilalulintaskan dari satu pulau ke pulau yang lain, dari satu wilayah ke wilayah yang lain, dari satu negara ke neggara lain haruslah dilaporkan kepada petugas Karantina Pertanian. Hal ini bertujuan untuk mencegah menyebarnya hama dan penyakit secara meluas dari satu kawasan ke kawasan lain, dari satu wilayah ke wilayah lain atau sebaliknya. Petugas Karantina akan melaksanakan investigasi secara fisik dan investigasi laboratorium. 

Bila burung, binatang atau produk pertanian lainnya dinyatakan bebas Hama dan penyakit yang sanggup membahayakan kelestarian lingkungan hidup hayati dan hewani di kawasan tujuan maka Petugas Karantina akan mengeluarkan Sertifikat Kesehatan.

Contoh Packing Burung
Berdasarkan pengalaman Cah Angon, 1 Surat Kesehatan Karantina Hewan hanya untuk 2 ekor burung atau ayam saja, kalau anda membawa lebih dari 2 ekor maka diwajibkan untuk melapor ke Dinas Peternakan untuk mendapat SKKH, gres kemudian mengurut surat Karantina di Stasiun Karantina maupun Balai Karantina Pertanian.

Sosialisasi Badan Karantina Pertanian
Dengan memegang SKKH dan Sertifikat Kesehatan Hewan dari Karantina Hewan maka selanjutnya anda tinggal melapor ke bab Cargo Pesawat untuk membayar biaya Cargo binatang hidup, tentunya packing untuk binatang hidup pun harus mengikuti hukum mereka. dalam hal ini juga akan dikenakan biaya packing dan biaya cargo. Besarnya biaya cargo juga tergantung dari maskapai yang anda gunakan. 

Setelah anda atau barang kiriman anda telah datang di kawasan tujuan tunjukkan surat keterangan asal seruan dari karantina asal di tempat karantina tujuan untuk dilakukan tindakan pelepasan kalau telah memenuhi persyaratan karantina. artinya pelepasan, burung atau binatang yang anda bawa sudah boleh dibawa pulang untuk dipelihara.

Pemeriksaan terhadap media burung, hewan, komoditi pertanian tersebut akan dikenakan biaya yang dibebankan pada pemilik/pemohon. Tindakan karantina dan dikeluarkannya akta kesehatan pun dikenakan biaya yang disebut PNBP (pendapatan negara bukan pajak) yang harus disetorkan pada negara melalui bendahara yang telah ditunjuk.

Bila anda ingin mempelajari perihal tarif pengurusan dokumen karantina, anda sanggup mempelajari PP No. 48 Tahun 2012.

Info selanjutnya, saya masih ingin tau dengan Biaya Cargo 1 box/keranjang dari Surabaya ke Batam, Jakarta - Tanjung Pinang, Surabaya - Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Denpasar, Lampung, Medan, Kualanamu, Yogjakarta, Semarang, Solo, Merauke, Timika, Jambi dan daerah-daerah lainnya. 




loading...

Archive