Macam-Macam Jenis Perkutut Bertuah dan Langka

Macam-macam jenis perkutut, SuaraBurungKicau.Com - pada artikel sebelumnya kami telah menyediakan pembahasan tentang burung perkutut, yakni Mitos 5 jenis perkutut bertuah jawa.

Artikel jenis perkutut bertuah kali ini bisa dibilang sebagai kelanjutannya. Jadi, kami akan membahas macam-macam jenis perkutut bertuah dan langka yang meliputi : Jenis perkutut bertuah, jenis perkutut langka, jenis perkutut terbaik, perkutut beryoni.
Macam-Macam Jenis Perkutut Bertuah dan Langka
Macam-Macam Jenis Perkutut Bertuah dan Langka

Jenis-Jenis Perkutut Bertuah


Mengenai jenis perkutut bertuah berdasaran kata orang jawa dulu “siapa yang telah menemukan dan merawat burung perkutut yang memiliki ciri loreng pada lehernya, maka akan bersama pangeran raja majapahit dan pemiliknya akan hidup tanpa nestapa”.

Namun, mitos seperti ini juga tidak perlu dan tidak patut untuk di yakini. Karena yang bisa memastikan kebahagian dan keberuntungan serta kesuksesan adalah ketakwaan kepada alloh

Jenis Perkutut Bertuah Songgo Ratu 


Jenis perkutut perkutut songgo ratu termasuk jenis perkutut bertuah menurut kepercayaan sebagian orang. Jenis perkutut ini juga habitatnya terasa aneh, sebab mereka suka berada di tempat-tempat yang sunyi bahkan angker seperti di goa, pekuburan, rumah angker dan semisalnya.
Jenis perkutut bertuah
Jenis perkutut bertuah

Jenis Perkutut Bertuah Lurah


Jenis perkutut bertuah selanjutnya adalah perkutut lurah yang di nyakini sebagian orang bisa mendatangkan rejeki dan juga kewibawaan.

Ciri fisik jenis perkutut bertuah ini yaitu memiliki dada yang warnanya keputih – putihan serta bagian atasnya nampak loreng – loreng mirip kulit ular.

Perkutut Bertuah Daringan 


Perkutut bertuah daringan juga merupakan jenis perkutut bertuah yang dipercaya bisa mendatangkan rezeki pada istri maupun suami, dalam kepercayaan jawa jenis perkutut bertuah daringan juga mempunyai makna tersendiri pada ciri bentuk fisiknya yakni pada leher burung yang berwarna garis garis tanpa terputus.

Garis tanpa putus pada leher perkutut bertuah ini konon bermakna mendatangkan rejeki yang tidak akan terputus sampai 7 keturunan dari istri maupun juga suaminya.

Jenis Perkutut Bertuah : Putih


Jenis perkutut bertuah selanjutnya yaitu perkutut putih, perkutut ini di percaya sebagian orang dalunya mempunyai cerita ter sendiri pada masa kerajaan majapahit.
mitos burung perkutut putih mata merah
mitos burung perkutut putih mata merah
Konon, jenis perkutut bertuah ini menjadi buruh pilihan raja,patih maupun juga pimpinan bawahan raja.

Jenis Perkutut Langka


Burung perkutut sudah pupuler di masyarakat sebagai burung mengandung unsur mistik ataupenuh dengan hal-hal gaib.
jenis perkutut langka
jenis perkutut langka

Orang yang mempunyai burung perkutut biasanya bukan orang sembarangan. Bahkan, ada jenis burung burung perkutut bertuah yang pilih sendiri pemiliknya. Perkutut jenis ini biasanya akan datang sendiri ke rumah dan meminta sendiri untuk dipelihara orang yang di tuju.

Sehingga, ada jenis perkutut yang tidak mau dipelihara oleh seseorang yang menangkapnyaa.

Salah satu jenis perkutut langka yang biasanya berlaku seperti ini yaitu jenis perkutut langka yang bernama songgo ratu.

Jenis perkutut langka ini biasanya akan menolak dipelihara oleh orang yang mencoba memilikinya lewat mimpi dalam tidur.

jika sobat mempunyai burung perkutut bertuah katuranggan yang langka dan unik ini, namun sobat sering mendapatkan mimpi untuk melepaskan burung ini, maka sebaiknya lepaskan saja.

Karena .......

Jenis Perkutut Terbaik

jenis perkutut terbaik
jenis perkutut terbaik

Ciri - ciri burung perkutut terbaik di lihat dari segi fisiknya memiliki ciri-ciri berikut ini ringkasnya

Dalam hal ini ciri kepala burung perkutut jenis terbaik memiliki bentuk mirip dengan buah pinang, burung perkutut yang mempunyai bentuk kepala seperti ini ber kualitas dari segi suara kicauannya , bahkan termasuk dengan kicau suara terbaik dan juga akan sangat maksimal serta tahan lama juga berumur sampai tua.

Selain itu burung ini memiliki bentuk kepala yang nampak seperti biji buah nangka. Untuk jenis burung perkutut yang bentuk kepalanya seperti ini memiliki suara yang tentunya juga akan dapat bertahan sampai tua. Namun keindahan suaranya tentu juga semakin berkurang bersama dengan usianya yang berkurang juga.

Jenis Perkutut Beryoni


Diantara jenis-jenis perkutut beryoni yakni jenis-jenis berkutut yang di anggap bertuah yaitu : perkutut songgo ratu, perkutut putih, perkutut hitam atau kol buntet sebagaimana yang telah di sebutkan sebelumnya.

Di samping jenis perkutut- perkutut beryoni di atas ada juga beberapa jenis perkutut katuranggan lainnya, yaitu :
perkutut beryoni
perkutut beryoni 

-Burung Perkutut yang ekor 15 lembar ( pendawa mijil ),

-Burung Perkutut berwarna tepung tumpeng atau disebut juga perkutut daring kebak/tembus,

-Burung Perkutut udan emas,

-Burung Perkutut bermata merah dan kuning ( mercu jiwa ),

-Burung Perkutut rondo semoyo, dsb.

Semua dri jenis perkutut diatas beryoni sendiri-sendiri antara lain buat nolak santet dan untuk ketenteraman keluarga ( tepung tumpeng ), buat kewibawaan ( pendawa mijil dan mercu jiwa kewibawaan ), kelancaran berdagang ( rondo semoyo ).

Jadi jika kamu bisa punya seekor perkutut yang berwarna tepung tumpeng, matanya merah menyala atau kuning dan ekornya berjumlah hanya 15, maka perkutut ini merupakan perkutut terbaik dan langka dan juga mahal sekali.

Baca : Burung Perkutut Lokal Ber Yoni Ghaib Untuk Kemakmuran

Macam-Macam Jenis Perkutut


Burung perkutut nama latinnya Geopelia striata, burung perkutut biasanya ditemui di hutan-hutan yang notabennya dataran rendah.

Kemudian persebarannya di Indonesia meliputi wilayah pulau Jawa, Sumatra, Bali serta Nusa Tenggara dengan macam jenis yang berbeda-beda pada masing masing daerah.

Berikut beberapa macam jenis burung perkutut di Indonesia.

1. Jenis Burung Perkutut Jawa

Burung Perkutut Jawa merupakan salah satu burung kicauan dari Suku Columbidae dari Genus Geopelia yang nama latinnya Geopelia Striata.

Termasuk pula jenis burung pemakan serangga atau pemakan biji-bijian. burung perkutut Jawa ini kelebihannya selain mempunyai khualitas suara yang sangat merdu juga unik. 

Jenis burung kicau Jawa sendiri dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan atau juga rezeki untuk mereka yang memelihara burung ini.

Jadi tidak heran jika masih banyak Orang Tua ataupun banyak masyarakat penggemar Burung di Jawa yang memelihara burung perlutut Jawa ini.

Ciri Khas Perkutut Jawa


Ciri Khas burung Perkutut Jawa sendiri miliki ukuran panjang tubuh yang terbilang kecil. Sebab memiliki panjang tubuh cuma sekitar 21 Cm sahaja dan bentuk tubuhnya yang agak ramping.

Serta miliki ekor yang panjang dengan warna kepala abu abu, kemudian untuk bagian Leher dan pada bagian sisinya memiliki garis halus.

Dan pada bagian punggung warnanya coklat dan tepian yang warnanya hitam.

Kemudian untuk ciri Burung Perkutut Jawa yang jantan miliki warna Kehitaman dengan ujung putih pada bagian bulu sisi yang paling luar dari Ekor-nya.

Selain itu, pada bagian iris dan paruh berwarna abu abu biru dan pada bagian Kaki miliki warna merah jambu tua. 

Oleh karena itu jika diamati secara seksama burung Perkutut Jawa ini memiliki bentuk dan warna yang terlihat unik.

Jadi, burung perkutut jenis ini sangat pantas untuk dipelihara dan dirawat oleh semua kicau mania khususnya yang berada di wilayah Pulau Jawa. 

Alasannya, selain bentuk tubuh yang unik, suara kicauan burung perkutut jawa ini juga sangat merdu.

2. Jenis Perkutut Bangkok

Jenis burung perkutut Bangkok memiliki suara besar dan juga ngebass.

Sedangkan untuk burung perkutut yang biasa ditangkap dari hutan di sebut sebagai burung perkutut lokal yang bersuara kecil.

Namun,pemahaman ini tidak benar secara mutlak, karena burung perkutut Bangkok juga ber asal dari tanah Jawa. lalu di budidaya dan di kembangkan para pecinta burung. Di pilihlah oleh mereka yang memiliki suara besar.

Keluarga dekat dari perkutut dua jenis yaitu jenis bangsa Geopelia Humeralis atau disebut perkutut raksasa. Burung perkutut ini badannya memang begitu besar hampir dua kali lipat dari ukuran badan perkutut biasa.

Burung perkutut ini berasal dari Australia bagian Utara.  Dan di juluki juga sebagai Barred Ground Dove dalam taraf internasional.

Jenis Perkutut selanjutnya yang di budidaya dan di kembang biakkan di Indonesia antara lain yaitu Geopelia Cuneata atau yang dinamakan juga dengan Diamond Dove.

Tubuh perkutut ini sama seperti perkutut pada umumnya. Di Indonesia banyak digunakan sebagai indukan untuk menyuapi piyik perkutut dengan tujuan untuk mempercepat proses produksi piyik dari burung perkutut.

3. Burung Perkutut Jenis Maungeus

Jenis burung perkutut ini merupakan jenis burung perkutut belang yang berasal dari Sumba, Sumbawa dan Pulau Timor.

Burung perkutut yang disebut juga sebagai perkutut Sumba ini hampir mirip dengan burung Perkutut Jawa.

Namun, tubuh bagian bawahnya memunyai garis yang melintang dan juga kulit pada sekitar mata yang warnanya kuning. Benarkah Ada mitos memelihara perkutut harus ganjil ?? Mengapa harus Ganjil ?

loading...