Jenis Burung Nuri Tanimbar

Jenis Burung Nuri Tanimbar - Burung Nuri merupakan salah satu burung yang kicauannya banyak digemari para pecinta binatang unggas.

Tidak hanya merdu, Nuri bahkan bisa menirukan bunyi yang pernah ia dengar dan berbicara selayaknya insan jikalau dilatih secara khusus.

Keunikan burung bagus ini terletak pada warna bulunya yang terang, bermacam-macam dan kontras.

Di Indonesia, Nuri banyak ditemukan di bab timur mirip tempat Maluku, Sulawesi, Papua, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Habitat Nuri yaitu hutan-hutan tropis dengan pepohonan tinggi. Nuri bahagia bertengger di dahan pepohonan serta memakan buah Matoa, biji palem, pohon sagu, dan tanah.

Burung Nuri juga dikenal sebagai burung yang cerdas dengan daya ingat tinggi. Daya ingat tinggi inilah yang menciptakan Nuri bisa menirukan bunyi yang pernah ia dengar.

Karena daya ingat ini pula, Nuri dianggap sebagai burung paling akil mirip Burung Beo yang bisa menirukan ucapan dan berbicara selayaknya manusia.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, keunikan Nuri terletak pada warna tubuhnya yang berwarna-warni.

Pada dasarnya warna mayoritas bulu Nuri yaitu merah, sedangkan warna perhiasan pada bab bulu kepala ada yang berwarna biru, hijau, dan kuning.

Burung Nuri mempunyai postur tubuh sedang dengan panjang tubuh sekitar 30 cm. Kepala Nuri cenderung besar dengan paruh bengkok ke bawah. Sedangkan kakinya berpengaruh dan melengkung sebagaimana kaki burung-burung yang habitatnya di dahan pohon tinggi.

Musim kawin burung Nuri biasanya terjadi ketika animo hujan. Saat itu Nuri jantan akan menciptakan sarang di atas pohon sebagai tempat bertelur Nuri betina. Saat bertelur, Nuri betina bisa mengeluarkan hingga 5 butir telur.

Jika biasanya binatang betina yang mengerami telur, pada Nuri si jantanlah yang mengerami telur hasil perkembangbiakan pada animo kawin. Nuri jantan akan mengerami telur hingga telur tersebut menetas.

Jenis Burung Nuri Tanimbar


Burung Nuri Tanimbar mempunyai nama latin Eos reticulata. Salah satu burung endemik Indonesia ini di dunia internasional dikenal dengan nama Blue-streaked Lory.

Nuri Tanimbar merupakan spesies burung berbadan medium dengan panjang tubuh sekitar 31 cm dengan bulu mayoritas berwarna merah cerah. Memiliki garis-garis berwarna biru cerah yang melintang dari bab mata hingga bab pundak.

Burung ini yaitu spesies burung yang cerdas. Mereka yaitu binatang piaraan yang menyenangkan. Mereka bahagia bermain dengan lonceng dan bola, serta sering terlihat melompat dan menepuk-nepukkan bulunya seolah sedang menari.

Habitat Burung Nuri Tanimbar yaitu di tempat hutan pamah primer dan sekunder, hutan terbuka, serta hutan mangrove. Mereka diketahui bahagia mengunjungi tempat perkebunan kelapa dan sagu. Makanan utama burung nuri tanimbar yaitu Nektar dan Buah.

Daerah penyebaran burung nuri tanimbar terbatas di wilayah Babar dan Kepulauan Tanimbar (termasuk Yamadena dan Larat), dan Nusa Tenggara Timur. Kemungkinan besar, burung nuri tanimbar sudah tidak sanggup ditemukan lagi di Kepulauan Kai.

Menurut data Red List IUCn, populasi burung nuri tanimbar di alam liar berada pada status "Hampir Terancam (NT)". Sementara status perdagangan internasionalnya yaitu "Appendix II", sehingga masih sanggup diperdagangkan asalkan mengikuti peraturan tertentu.

loading...