Jenis Cucak Ijo Mini Jantan Betina yang Bagus

Jenis Cucak Ijo Mini, suaraburungkicau.com - Burung cucak ijo mini nama latinnya yaitu Chloropsis Cyanopogon, burung cucak ijo jenis ini merupakan burung cucak ijo yang tergolong kecil dari jenis cucak ijo jenis lainnya.

Jenis burung cucak ini tersebar habitatnya di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Burung kicau Cucak ijo ini mempunyai warna tubuh hijau polos tanpa mempunyai warna biru pada wajahnya.

Sebagian besar ciri fisik pada tubuh cucak ijo mini ini sama halnya dengan cucak ijo Kalimantan. Meskipun mempunyai tubuh yang kecil namun cucak ijo mini ini tak kalah mempunyai kicauan yang variasi, kebanyakan orang mengggap kelebihan pada burung cucak mini ini yaitu pada bunyi kicauannya dibandingkan dengan jenis cucak ijo yang lainnya.
jenis cucak ijo mini, jenis cucak ijo mini yang bagus, jenis cucak ijo mini jantan, jenis cucak hijau mini, jenis burung cucak ijo mini, macam jenis cucak ijo mini, jenis makanan cucak ijo mini, jenis burung cucak ijo mini jantan, jenis voer untuk cucak ijo mini, macam macam jenis burung cucak ijo mini, membedakan jenis kelamin cucak ijo mini, cara membedakan jenis kelamin burung cucak ijo mini, cara membedakan jenis kelamin cucak ijo mini, jenis jenis cucak ijo mini, jenis jenis burung cucak ijo mini, jenis kelamin cucak ijo mini
Jenis Cucak Ijo Mini

Jenis Cucak Ijo Mini Jantan Betina yang Bagus 


Ciri fisik dari burung cucak ijo mini ini, antara lain :

Memiliki bunyi yang nyaring dan cenderung lebih merdu dari yang lainnya.
Bertubuh kecil dari burung cucak ijo jenis lainnya.
Tidak mempunyai warna biru pada wajahnya.
Warna tubuhnya lebih terlihat gelap atau hijau matang.
Memiliki bunyi yang berubah dan tidak konsisten terkadang keras terkadang pelan.

Jenis cucak ijo mini yang Bagus

Meskipun ukuran tubuhnya terbilang lebih kecil dibandingkan dengan kerabatnya yang ada di pulau Jawa dan Kalimantan namun dalam segi kicauan maupun mental, burung Cucak Ijo Mini sangat mantap dan di sukai para hobi burung.

Jika dilihat sekilas, burung Cucak Ijo mini memang mempunyai kemiripan dengan Cucak Ijo Ranting. Bahkan dulu cukup banyak penghobi yang menggapnya sebagai salah satu sub-spesies Cucak Ijo Ranting (Chloropsis cochinchinensis). Namun dalam beberapa bagian, burung mungil yang satu ini terlihat lebih menyerupai dengan Cucak Ijo Polos. Beberapa hebat burung biasa menyebutnya dengan burung Cica daun Besar (greater green leafbird). Hanya saja ukuran tubuh untuk Cucak Ijo Mini lebih kecil, yakni hanya hingga berkisar Satu7-Satu8 cm. Berbeda dengan Cica dau Besar yang mampu hingga Satu7 hingga Dua0 cm. Perbedaan juga terlihat pada warna bulu. Warna CI mini didominasi warna hijau dan CI Polos warna hijau bulunya lebih kekuningan.

Pada dasarnya burung Cucak Ijo mini sendiri terdapat dalam Dua sub-spesies (ras) yang berada di habitat berbeda. Ras pertama berjulukan latin Chloropsis cyanopogon septentrionalis yang habitat aslinya berada di Ujung Selatan Myanmar, kepingan barat daya Thailand dan wilayah utara Semenanjung Malaysia. Sementara itu, untuk ras kedua berjulukan latin Chloropsis cyanopogon cyanopogon serta habitat aslinya paling banyak terdapat di Indonesia mencakup Semenanjung Malaysia, Sumatera dan Kalimantan. Meskipun keduanya mempunyai perbedaan fisik yang cukup otentik, namun jikalau sudah bicara soal kicauan terbilang sama. Bahkan keduanya juga mempunyai tingkah laris Ngentrok, layaknya jenis burung Cucak Ijo lainnya.

Ciri Cucak Ijo Mini

Ciri-ciri Burung Cucak Ijo mini secara keseluruan sangat gampang dikenali, alasannya yaitu hampir seluruh badannya didominasi warna hijau. Letak fasilitas juga terdapat untuk mengenali ciri jantan dan betina Cucak Ijo Mini. Betina tidak mempunyai warna hitam di wajah menyerupai si jantan. Untuk jantan dan betina usia muda tidak mempunyai warna kuning di kepingan dagu serta leher, namun cenderung bewarna hijau dengan garis biru pucat. Perbedaan jantan betina juga mampu dirasakan dari segi suara. Menurut sebagain penghobi, bunyi gacor CI Mini jantan lebih bervariasi dan berkarakter. Selain itu, mentalnya juga dianggap lebih berani dan bahkan lebih sering Ngentrok daripada si betina.

Cara membedakan jenis kelamin burung cucak ijo mini

Pada bagian-bagian tertentu burung ini terdapat kemiripan dengan Cica Daun Besar (Chloropsis sonneratii) atau Greater Green Leafbird. Beda fundamental cuma terdapat dari ukuran dan panjang posturnya. Bila Cica Daun Besar mempunyai panjang tubuh kurang lebih DuaDua cm, maka Cucak Ijo Mini hanya Satu7 cm hingga Satu8 cm. Sebagaimana jenis Cica Daun Besar, perbedaan Cucak Ijo Mini jantan dan betina pun mampu dicermati dari warna hitam yang menghiasi area wajah yang disebut dengan topeng. Topeng tersebut hanya dimiliki oleh Cucak Ijo Mini jantan sedangkan yang betina tak ada.

Cucak Ijo Mini trotolan baik jantan ataupun betina serta betina remaja biasanya tak mempunyai warna kuning di area dagu hingga leher namun condong hijau bergaris biru agak muda dan juga lingkar mata berwarna kuning tipis. Dan cuma Cucak Ijo Mini jantan saja yang mempunyai warna kuning di area dagu hingga ke leher.

Ciri-ciri jenis cucak ijo mini kelamin jantan 

Pada kepingan kulit kakinya cucak ijo mini jenis kelamin jantan yang sudah mempunyai sisik terdapat trotol warna hitam.
Pada kepingan tulang supitnya cenderung lebih keras pada dikala di raba,dan mempunyai jarak yang lebih rapat antara kedua sisinya.
Untuk cucak ijo mini yang masih berumur Empat bulanan mempunyai warna leher kuning, yang mana dikala burung sudah mulai remaja akan menjadi warna hitam.
Pada kawasan mata, pupilnya akan terlihat berwarna hitam jernih.
Memiliki cekungan paruh yang lebih melancip dan berwarna coklat gelap, namun pada paruh bawahnya mempunyai warna hitam.
Untuk cucak ijo mini yang sudah remaja mempunyai lingkar mata yang berwarna kuning jelas.

Ciri-ciri jenis cucak ijo mini kelamin betina 

Untuk jenis kelamin cucak ijo mini pada kepingan kulit kaki yang sudah bersisik tidak mempunyai trotol hitam.

Pada tulang urangnya dikala dipegang akan terasa lembek serta mempunyai jarak yang cukup renggang.

Daerah leher cucak ijo mini yang masih berumur Empat bulan mempunyai warna kuning, akan tetapi pada dikala burung sudah remaja bermetamorfosis warna putih kehijauan.
Pada pupil matanya cucak ijo mini kelamin betina mempunyai warna coklat.
Paruh kepingan bawahnya berwarna putih bersih.

Cucak ijo mini betina yang sudah remaja mempunyai lingkar mata warna putih.

Cara merawat Cucak Ijo Mini Harian

Secara umum cara merawat cucak ijo ini maupun setelan harian Cucak Ijo Mini tidak berbeda dengan jenis burung cucak Ijo Lainnya, lantaran burung yang satu ini juga dikenal gampang mengikuti keadaan dengan lingkungan baru. Selain kuliner buah-buahan dan Extra Fooding, burung Cucak Ijo Mini juga sangat menyukai nektar bunga. Pakan buah menyerupai pisang mampu diberikan sebagai asupan vitamin dengan tujuan biar ia selalu sehat dan rajin bunyi. Agar tidak gampang lemas, tidak lupa beri juga ia pakan voer. Pakan EF juga terbilang sama dengan yang lain. Sebaiknya jangan terlalu hiperbola memberinya supaya tidak terjadi over birahi. Makanan EF contohnya jangkrik, standarnya diberikan 5 ekor dalam sehari, yakni Tiga ekor pada sore dan Dua ekor pada waktu sore hari.

Terlepas dari itu semua kebersihan sangkar dan tempat pakan voer serta minum juga sebaiknya dilakukan setiap hari. Alangkah lebih baik sumbangan minumnya dari sumber air yang higenis, contohnya air mineral isi ulang. Begitupun untuk kebersihan badannya. Sebelum memandikan sebaiknya angin-anginkan ia terlebih dulu setidaknya selama Tiga0 menit dan sehabis itu pemandian mampu dilakukan, entah itu metode semprot ataupun keramba (tergantung kebiasaan). Poin yang terpenting ialah bagimana memilih waktu selama penjemuran dan itu tergantung kondisi cuaca. Jika semisal cuaca sedang panas, penjemuran maksimal Satu-Dua jam. Dikala cuaca cuek atau ekspresi dominan penghujan minimal Dua hingga Tiga jam.

Tags : jenis cucak ijo mini, jenis cucak ijo mini yang bagus, jenis cucak ijo mini jantan, jenis cucak hijau mini, jenis burung cucak ijo mini, macam jenis cucak ijo mini
loading...

Archive