Organ Pencernaan Pada Burung

Organ Pencernaan Pada Burung, suaraburungkicau.com Sistem pencernaan burung (aves) terdiri dari organ pencernaan dan kelenjar pencernaan. Makanan burung terdiri dari beberapa jenis seperti serangga, buah-buahan dan biji-bijian. 

Saluran pencernaan pada burung termasuk
rongga mulut, esofagus, cache, lambung, empedu, usus kecil, usus besar, rektum, kloaka.

Sistem pencernaan burung dibagi menjadi:

a. Sistem Pencernaan Mekanis
Sistem pencernaan mekanis burung terjadi di dalam rongga mulut dengan bantuan lidah yang mendorong makanan menuju kerongkongan. Dari esofagus ke cache yang kemudian masuk ke kantung empedu. Dalam makanan empedu, partikel direduksi sehingga lebih mudah diserap.
b. Sistem pencernaan enzimatik
Sistem pencernaan enzimatik pada burung terjadi di mulut dengan bantuan enzim ptialin, di lambung dengan bantuan asam klorida (HCL), di usus dengan bantuan enzim yang diproduksi oleh pankreas.

. The Biological Digestive System

Sistem pencernaan biologis burung dilakukan dengan bantuan bakteri sampai dikenal sebagai pencernaan mikrobiologi. Proses microbiolyging terjadi di usus besar.
Urutan saluran pencernaan burung:

a. Rongga mulut
Di mulut mulut makanan akan dicampur dengan air liur atau air liur. Air liur pada burung berguna sebagai pelumas air.

b. Cache
Cache adalah saluran yang menghubungkan lambung ke rongga mulut. Cache terletak di ujung tenggorokan. Dalam cache makanan, hanya melewati dan tidak mengalami pencernaan. Cache juga tempat menyimpan dan menyimpan makanan. Di sini, makanan akan disimpan sementara dan menjalani proses peredaman bahkan jika cairan disegel oleh dinding cache.

c. Perut
Di perut, makanan mengalami pencernaan enzimatik dengan bantuan getah lambung. Perut menghasilkan enzim pepsin, renin dan asam hidroklorat (HCL)

d. Ampela (Gizzart)
Di Gizzart ada proses menelan makanan dengan grift. Grift membantu melumasi makanan menjadi partikel yang lebih kecil dengan permukaan yang besar untuk dengan mudah menembus enzim.

e. Usus kecil
Usus kecil pada burung terdiri dari duodenum, jejunum dan ileum. Di duodenum ada proses penyerapan makanan. Makanan pencernaan di usus kecil dibantu oleh empedu, enzim pankreas dan enzim usus. Empedu berfungsi untuk menghilangkan lemak, mengaktifkan lemak lipase dan hidrolisis.

f. Colon
Di usus masih ada proses pencernaan makanan yang belum dicerna oleh usus kecil. Di usus besar ada selulosa pencernaan dan hemiselulosa yang tidak dihidrolisis oleh enzim.
Di usus besar ada pencernaan mikrobiologi dengan bantuan bakteri untuk mencerna protein.

g. Cloaca
Tidak adanya makanan intravena diserap oleh tubuh ditekan oleh usus besar ke rektum dan kemudian diekspresikan melalui kloaka.
Jadi, sekilas tulisan sistem pencernaan pada burung ini mungkin berguna.

Organ Pencernaan Pada Burung

Kesimpulan dari Sistem Pencernaan Burung  dan Fungsi Kegunanya - Burung (Aves) adalah hewan vertebrata yang memiliki sistem pencernaan, seperti ayam, bebek, dan burung lainnya yang terdiri dari saluran pencernaan dan kelenjar. Sistem pencernaan burung sangat mudah mendapatkan energi dan dengan cepat menyesuaikan organ-organ tertentu dalam mengurangi massa tubuh.
Saluran pencernaan burung, termasuk rongga mulut, kerongkongan, cache, lambung, rempela, usus kecil, usus besar dan klaoka.
Organ Pencernaan Pada Burung
Organ Pencernaan Pada Burung 

A. Sistem pencernaan burung dibagi menjadi 3, yaitu:

1. Sistem Pencernaan Mekanis
Sistem pencernaan mekanis burung terjadi di rongga mulut dengan bantuan lidah, yang akan mendorong makanan ke esofagus. Kemudian dari esofagus ke cache dan ke kantung empedu.

2. Sistem pencernaan enzimatik
Sistem pencernaan enzimatik berlangsung di mulut dengan bantuan enzim ptialin, di lambung dengan asam klorida, di usus kecil dengan bantuan enzim yang diproduksi oleh pankreas.

3. Sistem Pencernaan Biologis
Sistem pencernaan biologis dibantu dengan bakteri, atau disebut mikrobiologi, biasanya terjadi di usus besar.

B. Sistem Pencernaan Pencernaan Burung

1. Rongga Mulut
Dalam rongga mulut, makanan dicampur dengan enzim air liur dan air liur. Air liur berfungsi sebagai pelumas sekaligus enzim dalam proses pencernaan enzimatik.


2. Tanaman 
Tank-tank di bagian dalam tenggorokan, tenggorokan adalah saluran penghubung antara rongga mulut dan perut. Di bagian ini, umpan tidak mengalami proses pencernaan apa pun, hanya melalui saluran ini. Cache juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman.

3. Perut (Proventriculus)
Dalam lambung akan menjalani proses pencernaan enzimatik dengan bantuan getah lambung. Lambing akan menghasilkan enzim pepsin, renin dan asam hidroklorat (HCL). Fungsi utama perut adalah menyimpan
makanan saat mencerna makanan.

4. Ampela (Gizzard)
Di dalamnya ada proses pemberian makan yang dibantu dengan pasir. Grit umumnya berupa batu kerikil / kecil, pecahan kaca, kerang yang dihancurkan, dll. Ini kering membantu rempela untuk menghancurkan makanan menjadi partikel kecil sehingga permukaan pakan lebih mudah dicerna dan penetrasi enzim
pencernaan yang lebih luas.

5. Usus kecil
Usus kecil pada burung terdiri dari doudenum, jejenum dan ileum. Dalam doudenum, proses penyerapan makanan mulai berlaku. Proses pencernaan usus kecil dibantu oleh enzim pankreas, empedu dan enzim usus. Fungsi empedu untuk menghilangkan lemak dan mengaktifkan lipase dan lemak hidrolisis. Fungsi utama usus adalah melindungi dinding duodenum dari efek asam perut.

6. Colon
Di usus masih ada makanan yang belum dicerna dan diserap oleh usus kecil, seperti selulosa dan hemiselulosa. Sebagian besar air akan diserap di usus besar, kemudian akan kosong ke dalam rektum dan akan dikeluarkan melalui kloaka.

7. Cloaca
Burung dan hewan vertebrata lainnya tidak memiliki anus, tetapi memiliki saluran drainase yang disebut cloaca. Kloaka adalah sistem pencernaan terakhir, yaitu saluran kemih, pembiakan dan tempat pencernaan.
Ini adalah informasi tentang sistem pencernaan burung (Aves) dan fungsinya. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan bermanfaat. Organ Pencernaan Pada Burung - Referensi : - areabaca.com & - fredikurniawan.com  Tags: pencernaan pada burung,organ pencernaan pada,  sistem pencernaan burung
loading...

Archive