Burung Kemade Citbang Atau Biasa Disebut Talokan

                                                   Burung Kemade Citbang atau biasa disebut talokan




     Burung talokan mempunyai banyak nama sebutan antara tempat satu dengan yang lainya, ada yang menyebut talokan, citbang, kemade, madehan, cabean atau burung cabe. Hal itu karen burung tersebut mempunyai warna merah terperinci dikepala sampai punggung pada burung jantan dewasa. Ada yang menyebut kemadehan atau kemade karna burung ini sering hinggap pada flora kemadehan (kemadehan ialah sebutan bahasa jawa pada flora benalu). Burung ini biasa memakan biji parasit dan dapat membantu penyebaran flora parasit antara pohon satu dengan lainya. Selain memakan biji benalu, burung cabai juga memakan buah jambu biji, talok, serangga, dan kalau dirawat biasa diberi makan pisang. Tapi perawataan dari tangkapan hutan burung ini harus diajari makan pisang dengan memaksa meloloh dengan memberi pakan pisang paling tidak 1-3hari semoga terbiasa makan pisang.
      Beberapa waktu ini mulai banyak pecinta burung jenis ini, mungkin alasannya ialah harga belinya yang murah dan terjangkau bagi pemula yang ingin berguru merawat burung. Selain itu memelihara burung yang jarang digemari orang lain, sedangkan kita dapat merawat sampai gacor merupakan kepuasan tersendiri bagi yang merawat. Menu masakan pun juga gampang dan irit, cukup pisang kepok satu saja dipotong menjadi 2 bab tidak akan habis dalam sehari dan minum cukup air putih biasa.
     Habitat burung ini banyak ditemui di kota maupun di perkampungan, biasa menghampiri  pohon talok, ataupun parasit pada pohon besar lainya. Bersarang menggantung pada ranting pohon lebat berbentuk lonjong dan bundar pada bab bawah. Bahan sarang terbuat dari kapas randu dibagian dalam, dibalut serat halus dan bab luar dirajut dengan bekas sarang laba-laba dan bekas sarang ulat. Dalam masa produksi biasa nya menghasilkan 2 butir telur, dengan usang masa pengeraman kurang lebih 14hari untuk telur dapat menetas. Untuk jumlah populasi masih gampang dijumpai di sekitaran pemukiman. Biasa dipakai sebagai burung masteran alasannya ialah bunyi tembakan yang bernafsu dan melengking.
loading...

Archive