Burung Prenjak Jali




lebih dikenal dengan sebutan prenjak jali di kawasan jawa timur Burung Prenjak Jali
     
        Prenjak jali atau biasa disebut burung ciblek lebih dikenal dengan sebutan prenjak jali di kawasan jawa timur. Suara burung prenjak jali khas dengan tembakan yang sangat kencang, hal ini menciptakan para pecinta burung mejadikan burung ini untuk burung masteran. Selain suaranya tembakan yang khas, burung ini juga dapat dimasteri untuk mendapat variasi yang anggun dalam tembakan atau brem rapat, alasannya yakni burung ini selain digunakan untuk burung masteran juga sudah ada kelas lombanya sendiri. Untuk prenjak jali  masuk dalam kelas ciblek, dapat dicampur dengan ciblek gunung tapi ada juga yang memang khusus kelas prenjak jali itu sendiri. Tapi kondisi habitat dialam bebas burung prenjak jali  sudah dapat dibilang langka, atau susah ditemui di sekitar pemukiman. 

     Habitat burung ini sangat menyukai tempat yang sejuk dengan banyak rumput atau alang-alang lebat dan erat dengan ajaran sungai. Hidup dengan cara soliter atau sendiri, alasannya yakni burung ini sangat fighter, jangankan jikalau bertemu lawan yang sejenis, dengan bunyi bergairah yang mengagetkan saja dapat menciptakan burung ini bunyi lantaran merasa terganggu. Burung prenjak jali biasa bersarang menggantung pada daun, biasa burung ini merajut sarang pada daun jati, nangka, mangga, walaupun tidak menutup kenungkinan bersarang pada daun lainya. Bahan sarang nya dibentuk dari rumput kecil halus, yang dibalut dengan bekas sarang laba-laba dan menimbulkan kapas lembut dari pohon randu sebagai bab dalamnya. Biasa bertelur satu hingga empat butir, biasa sering dijumpai 3butir atau 2butir dalam sekali produksi. Lama waktu mengerami  antara 12 hingga dengan 16 hari telur akan menetas.

     Untuk perawatan burung ini juga sama dengan burung prenjakkepala merah, selain perawatan harian sajian pakan juga sama, alasannya yakni sama-sama pemakan serangga. Untuk membedakan antara burung prenjak jali jantandan betina dapat baca dengan klik dihalaman berikut. Untuk burung lomba biasa dimasteri lagu brem yang rapat dan panjang. Usaha burung dimasteri tentunya biar dikala dilombakan burung hero dapat mengeluarkan lagu brem yang rapat dengan bunyi keras yang panjang. Walaupun dalam kelas lomba tidak seramai burung kicau jenis lainya, tapi burung prenjak jali atau ciblek ini tetap selalu ada yang menggantang. Bahkan wadah komunitas burung ini juga sudah besar atau banyak peminatnya pada media umum yang sering di gunakan bersilaturahmi,  berbagi perawatan settingan serta membuatkan pengalaman antara satu dengan yang lainya.
loading...

Archive